Selasa, 12 Maret 2019

Cara Klaim Asuransi Prudential yang Harus Diketahui Ahli Waris

Kunjer - Berbagai macam produk asuransi yang dapat digunakan untuk memproteksi Anda, salah satunya asuransi jiwa dari Prudential. Bagi sesorang yang mempunyai asuransi tersebut, nantinya pada saat meninggal, ahli waris dari orang tersebut akan dapat mengklaim asuransi yang dimilikinya. Berikut cara klaim asuransi Prudential tersebut oleh ahli waris.

Cara Klaim Asuransi Prudential
Ilustrasi
1. Memberikan Informasi yang Akurat pada Pihak Asuransi
Jika Anda merupakan yang bertindak selaku ahli waris dari pemegang asuransi jiawa, maka Anda harus segera atau secapatnya menginformasikan kepada pihak perusahaan asuransi bahwa tertanggung telah meninggal dunia. Proses pelaporan tersebut, Anda harus melengkapi salinan surat kematian yang telah diterbitkan oleh pihak rumah sakit.

Surat kematian tersebut membuat data tentang di mana, kapan, dan penyebab dari kematian tertanggung. Pada umumnya pihak perusahaan asuransi akan memberikan pertanyaan tentang hal-hal yang ada kaitannya dengan tertanggung seperti nomor polis asuransi, status polis asuransi atau hal lain yang berkaitan dengan kematian peserta asuransi.

Bila informasi yang harus didapapatkan oleh pihak asuransi telah dirasa cukup, maka hal berikutnya yang dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi adalah mengirimkan formulir pernyataan klaim yang harus diisi secara lengkap. Setelah selesai kemudian dilanjutkan dengan penyiapan berkas0berkas yang dibutuhkan.

2. Melengkapi Berkas-Berkas Terkait
Terdapat berkas-berkas yang harus disiapkan oleh ahli waris untuk klaim asuransi dari tertanggung yang telah meninggal dunia. Berkas tersebut antara lain polis endorsement, surat keterangan dari dokter yang berisikan penyebab kematian dari tertanggung, surat keterangan meninggal dunia, surat bukti pemakaman dan suarat keterangan pemeriksaan mayat.

3. Proses Analisa Klaim Asuransi
Cara klaim asuransi Prudential dari tertanggung yang telah meninggal dunia yang selanjutnya adalah proses untuk menganalisa klaim asuransi tersebut. Bila dokumen atau berkas-berkas yang telah diserahkan dalam kondisi lengkap, maka pihak perusahaan asuransi akan melakukan analisa klaim asuransi jiwa tersebut.

Proses yang dilakukan adalah dengan memverifikasi status polis, apakah masih berada dalam kondisi yang aktif ataukah tidak. Analisa yang dilakukan juga mencakup data diri yang dimiliki oleh tertanggung, informasi kematian tertanggung, dan verifikasi bermacam bukti yang membenarkan kematian dari tertanggung.

Jika pada proses analisa tersebut telah dinyatakan valid dan sah, maka langkah berikutnya yang dilakukan oleh perusahaan adalah perhitungan mengenai kewajiban yang harus dibayarkan kepada ahli waris tertanggung.Setelah seluruhnya beres dapat dilakukan pembayaran.

4. Prosedur Akhir
Tahap terkahir yang dilakukan untuk klaim asuransi jiwa adalah dengan melakukan pembayaran klaim asuransi pada ahli waris yang tertanggung. Pada tahapan ini, sebaiknya Anda sebagai ahli waris menyampaikan informasi terlebih dahulu mengenai nomor rekening bank pada pihak perusahaan asuransi.

Proses pencairan dana klaim asuransi terkadang memakan waktu yang cukup lama. Hal tersebut dikarenakan pihak asurasnsi harus sangat teliti dan berhati-hati sewaktu menganalisa klaim tersebut agar tidak terjadi kesalahan.

Pemenuhan klaim asuransi jiwa Prudential pada ahli waris yang mempunyai keluarga dalam hal ini sebagai tertanggung yang meninggal dunia sangat penting. Cara klaim asuransi Prudential tersebut harus dilaksanakan oleh Anda secara benar dan jujur, agar tak terjadi salah sasaran dalam pembayaran klaim.
Baca selengkapnya