Kamis, 16 Agustus 2018

MPASI Pertama Yang Sebaiknya Diberikan Pada Bayi 6 Bulan

kunjer.com - Menu Untuk MPASI Pertama – Menu Makanan Pendamping ASI (MPASI) pertama bagi bayi perlu diberikan dengan bertahap setelah ASI eksklusif 6 bulan pertama hidupnya. Ketika bayi berumur 6 bulan, bila hanya ASI sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, sehingga perlu memberi makanan selain ASI.

MPASI Pertama
Ilustrasi MPASI Pertama
Bila bayi sudah berumur 6 bulan serta telah menunjukkan tanda bahwa bayi siap menerima makanan pendmping ASI, maka cobalah memperkenalkannya. Dalam memberi makanan pertama bayi bayi, yang paling penting yaitu memberikan makanan yang memiliki tekstur lunak. Selain karena bayi belum memiliki gigi yang lengkap, pencernaan mereka juga belum siap menerima makanan padat.

Mulailah MPASI dengan yang teksturnya lunak dan porsi kecil. Perkenalkanlah satu demi satu jenis makanan agar bayi mengenal rasa tiap makanan. Beberapa Menu Untuk MPASI Pertama yaitu:
  • Sayur yang dihaluskan, seperti wortel, kentang, ubi, brokoli
  • Buah yang dihaluskan, seperti pir, apel, mangga, pepaya, alpukat serta pisang yang ditumbuk halus.
  • Bubur dari nasi, tepung beras merah, atau tepung beras, dan bisa ditambahkan ASI, kaldu ayam ataupun kaldu daging.
  • Sereal untuk bayi.


Hindarilah menambhakan MPASI pertama dengan gula, garam, maupun minyak, agar bayi mengenal rasa aslinya. Setelah mereka dapat menerima makanan, kita dapat memberikan makanan lain yang lebih bervariasi, contohnya daging, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, atau yang lainnya. Tapi berikan makanan-manakan tersebut dengan tekstur yang halus. Perhatikan pula makanan tersebut menimbulkan alergi atau tidak.

Ketika awal masa perkenalan dengan MPASI, bayi masih tetap membutuhkan ASI dan menjadi makanan utamanya. Ini karena ASI masih memberi vitamin, protein, serta zat besi yang dibutuhkan bayi dan tidak bisa digantikan makanan lain hingga usia satu tahun. Maka makanan tersebut adalah pendamping, bukan pengganti ASI.

Ingatlah untuk menyusui bayi sebelum menawarkan MPASI bayi. Hal ini menjadi cara lebih baik untuk menjaga masa transisi, sehingga bayi tetaplah ingin mendapatkan ASI. Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih menu MPASI. Pastikan bahwa bayi kita memperoleh menu MPASI sehat dan enak.
Baca selengkapnya