Kamis, 08 Maret 2018

Sehat dan Kenyang Seharian Karena Quinoa

kunjer.com - Butuh sarapan sehat dan anti ngantuk sebelum berdiskusi seharian di kursi meeting? Mengapa tidak mencoba quinoa?

Quinoa
Ilustrasi: medicalnewstoday.com
Quinoa. Makanan yang tergolong superfood ini banyak dijumpai dalam menu restoran atau katering sehat. Apa yang membuat quinoa masuk dalam kategori superfood? Simak ulasan berikut

Quinoa adalah tanaman sejenis biji-bijian yang berasal dari daerah pegunungan Andes. Makanan nabati ini kaya akan protein dengan asam amino esensial, vitamin B1, B2, B3, B6, B9, serat, kolin, fosfor, mangan, zinc, kalium, zat besi, kalsium, dan natrium. Kandungannya yang bermanfaat ini menjadikan quinoa terkenal sebagai superfood dan juga bebas gluten.

Makanan ini bisa disajikan dengan sayur, protein nabati dan hewani, atau juga dicampur dalam salad. Anda dapat mengkreasikannya sendiri sesuai dengan selera. Nah dengan nutrisi yang tinggi tersebut, apa saja manfaat quinoa?

Quinoa mengandung magnesium
Magnesium berfungsi untuk merelaksasi pembuluh darah, sehingga dapat membantu menghindari migrain dan sakit kepala. Mineral ini juga mampu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dengan cara menurunkan kadar gula dalam darah.

Quinoa memiliki protein lengkap
Protein lengkap dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan, membentuk tulang, otot, darah, dan kulit, serta membuat antibody yang kokoh untuk sistem kekebalan tubuh.

Quinoa sebagai sumber zat besi
Zat besi adalah sejenis vitamin yang bertugas memproduksi sel darah merah (eritrosit) dan hemoglobin. Zat besi ini akan membawa oksigen dari satu sel ke sel yang lain, sehingga tubuh mendapat asupan oksigen yang cukup. Zat besi juga dapat mengatur suhu tubuh, menstimulasi aktivitas enzim, dan juga meningkatkan fungsi otak.

Quinoa mengandung lebih banyak serat
Serat dapat membantu sistem pencernaan agar lebih sehat, mencegah penyakit jantung dan diabetes, serta menjaga tekanan darah. Serat juga dapat mengatur kadar kolesterol dan glukosa, jadi bisa menghindari penyakit seperti obesitas dan ambeien. Dengan kandungan seratnya, quinoa dapat menjadi makanan diet yang mampu membantu pencernaan dan Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Siap menyantap quinoa yang menyehatkan sekaligus mengenyangkan ini? 

Baca selengkapnya