Rabu, 21 Maret 2018

Pengaruh PT RAPP pada Bidang Pendidikan

kunjer.com - PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT. RAPP) adalah sebuah produsen pulp dan kertas asli dari di Indonesia. Perusahaan yang dinaungi oleh Grup APRIL ini sudah diekspor lebih dari 70 Negara baik benua Asia, Eropa, dan Amerika. Selain itu juga, PT RAPP adalah salah satu anak perusahaan terbesar sebuah perusahaan yang berkembang menjadi kelompok usaha global yang mempekerjakan lebih dari 10.000 karyawan dan ditambah dengan jumlah aset lebih dari US$ 18 miliar dengan jangkauan penjualan di seluruh dunia.

PT RAPP
Gambar: bisnis.com
Berdasarkan kajian Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat atau biasa disingkat dengan LPEM Universitas Indonesia, PT. PT. RAPP berkontribusi dalam pembentukan output perekonomian Riau sebanyak Rp. 48 triliun dari total keseluruhan output nasional sebesar Rp. 557 triliun. Output tersebut setara dengan 7,4% dari total output Riau termasuk Migas atau 9% dari output Riau nonmigas. Selama periode tersebut PT. PT. RAPP telah berkontribusi meningkatkan APBN Rp. 2,45 triliun berupa penerimaan pajak Rp. 1, 92 triliun dan Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNPB Rp. 530 miliar. 5,2 % berkontribusi terhadap GDP Riau, menciptakan 5800 lapangan pekerjaan langsung, menciptakan 90.000 peluang kerja, mendukung 10 pengusaha,mengalokasikan 24. 954 ha untuk masyarakat dalam menanam dan menciptakan peluang kerja dengan mengembangkan kemitraan dengan petani di daerah tersebut.

Selain itu, perusahaan memiliki pengaruh positif pada beberapa bidang khususnya pada bidang pendidikan. Pendiri sendiri terkenal dengan kepeduliannya terhadap pendidikan. Maka dari itu, komitmen dan kepedulian PT. RAPP terhadap dunia pendidikan terus ditingkatkan. Dan sudah kita tahu bahwa pendidikan merupakan sebuah rantai kehidupan yang sangat penting dan salah satu di antara dua hal yang yang mendasar setelah kesehatan. Kunci utama dalam pembentukan Negara adalah pendidikan. Jadi mulai dari politik, ekonomi, sejarah, bahasa dan semua yang yang notabennya adalah pendidikan sangat berkaitan erat dengan Negara. Dapat disimpulkan tanpa pendidikan Negara tidak bisa berkembang. Di Indonesia, di setiap pulaupun pasti tidak pernah luput dari pendidikan. Namun masih ada pendidikan yang bisa dikatakan kurang untuk kalangan tingkat ke bawah. Masih saja ada anak-anak yang kurang mendapatkan pendidikan. Banyak faktor-faktor pemicu kurangnya pendidikan untuk generasi muda, salah satunya adalah dengan biaya pendidikan yang tinggi dan kurangnya biaya dalam menempuh pendidikan bagi menengah ke bawah.

Salah satunya melalui program pendidikan Community Development (CD) tahun 2011. Mereka menyerahkan bantuan beasiswa kepada 35 siswa dan siswi di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. Selain itu juga PT. PT. RAPP juga berperan dalam memajukan pendidikan anak anak di Indonesia sejak 2006, memberikan 17.613 beasiswa bagi siswa SD dan SMP, membantu pembangunan 96 sekolah umum dan 17 fasilitas olahraga serta melatih 1184 guru dalam mengajar. Dan begitulah pengaruh serta peran PT RAPP pada bidang pendidikan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengaruh PT RAPP pada Bidang Pendidikan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.