Rabu, 15 November 2017

3 Kelebihan Media Online yang Tidak Anda Temui pada Media Offline

kunjer.com - Berbagai media online kini sudah menjamur di internet, contohnya berita Lampung hari ini. Meski demikian, media offline seperti koran masih tetap digemari masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa kedua media memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat diterima mereka. Nah, sekarang kita ulas 3 kelebihan media online yang tidak ada pada media offline.

Kelebihan Media Online
Ilustrasi
Lebih Interaktif
Sebagai pembaca, masyarakat bisa melakukan feedback langsung meski penayangannya baru beberapa detik. Hal ini dikarenakan adanya kolom komentar di bagian bawah artikel yang di-post-kan. Keberadan kolom ini bisa dimanfaatkan Anda untuk memberi tanggapan berupa persetujuan, sanggahan, atau testimoni.

Anda tidak perlu khawatir untuk menyampaikan sanggahan, karena Anda memiliki hak jawab dan koreksi sebagai salah satu bagian hak dalam dunia jurnalistik. Selama bahasa dan kalimat yang Anda gunakan itu sopan dan lugas, sanggahan Anda akan segera direspon dengan baik.

Memuat Audio
Berbeda dengan koran dan majalah yang hanya menampilkan berita berupa tulisan dan visual gambar tak bergerak, media online seperti yang terdapat dalam berita Lampung hari ini menayangkan tulisan yang disertai audio, baik itu video, gambar, foto, dan grafik bergerak di sela-sela beritanya.

Keberadaan audio ini menjadi daya tarik sendiri bagi beberapa orang yang kurang menyukai bacaan ‘berat’ seperti berita. Mereka bisa langsung menonton videonya jika tertarik pada judulnya tapi tidak suka membaca liputan tertulisnya.

Bahasa Lebih ‘Ringan’
Penggunaan bahasa di media online biasanya lebih ringan daripada offline, terkecuali beberapa media online yang berafiliasi dengan media TV dan koran. Hal ini dikarenakan kecenderungan untuk menyesuaikan isi beritanya dengan media TV maupun koran.

Selain ‘ringan’, jumlah tulisannya pun lebih pendek daripada media offline. Umumnya panjang artikel atau liputan berita tidak lebih dari 1.000 kata. Oleh karena itu, orang sibuk seperti Anda bisa dengan mudah dan cepat memperoleh informasi meski tidak menontonnya di TV atau membacanya di koran dan majalah.

Beberapa kelebihan lainnya dari media online yang tidak ada di media offline bisa Anda temui dengan membaca berita secara online di berita Lampung hari ini. Meski media online memiliki 3 kelebihan tersebut, keberadaan media offline tetap tidak bisa dikesampingkan keberadaan dan peranannya dalam mewujudkan Indonesia berliterasi.

Baca selengkapnya