Senin, 23 Oktober 2017

Cara Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan dengan Tepat, Cepat, dan Tanpa Obat

kunjer.com - Anda pernah mengalami faringitis atau radang tenggorokan? Jika pernah, rasanya pasti sangat tidak nyaman dan tidak ingin penyakit ini kembali menimpa Anda bukan? Anda perlu mengetahui cara ampuh mengobati radang tenggorokan agar jika ada anggota keluarga lain atau tetangga yang mengalami penyakit ini, Anda bisa bantu memberi referensi pengobatannya.

Radang Tenggorokan
Ilustrasi
Sebelum mengulas tentang obat ampuh untuk radang tenggorokan (baca http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1131517/radang-tenggorokan), Anda perlu mempelajari penyebabnya. Ada banyak virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan, di antaranya Parainfluenza virus, Coronavirus sp., dan Rhinovirus sp. (penyebab paling umum); virus influenza tipe A dan tipe B (penyebab flu/pilek); dan Adenovirus sp. (penyebab radang mata).

Ada juga virus herpes tipe 1 (penyebab lepuh di bibir); beberapa tipe bakteri streptokokal (penyebab infeksi streptokokal); Virus Epstein Bar/EBV (penyebab demam kelenjar); virus cacar air; dan virus difteri (penyebab gangguan pernapasan parah).

Selain bakteri, aktivitas harian juga bisa menjadi faktor pemicu radang tenggorokan, seperti terlalu banyak minum es, gorengan, makanan pedas, polusi udara (asap kendaraan/rokok), serta naiknya asam lambung ke tenggorokan. Lantas bagaimana cara ampuh mengobati radang tenggorokan yang efektif, alami dan tanpa obat itu? Berikut ulasan bahan-bahannya.

Pertama, air putih. Cara termudah ini efektif mengatasi radang tenggorokan karena biasanya radang tenggorokan membuat tenggorokan kita membengkak dan kering. Jadi dengan rutin memperbanyak minum air putih, radang akan menyusut dan sembuh.

Kedua, bawang putih. Bumbu dapur yang biasa Anda gunakan untuk memasak ini cukup efektif mengobati radang tenggorokan. Caranya pun cukup sederhana, yaitu dengan mengupas satu suing bawang putih lalu mengunyahnya. Zat alicin yang keluar membantu menumpas bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan.

Ketiga, larutan garam. Obat kumur alami yang populer di seluruh dunia ini efektif mengobati radang tenggorokan. Caranya mudah, siapkan segelas air putih hangat dan 1/4 sendok teh garam. Sakit tenggorokan mereda karena larutan ini dapat menghilangkan dan menetralkan asam, sensasi nyeri, terbakar, serta membantu penyembuhan saluran tenggorokan Anda.

Keempat, larutan madu. Banyak penelitian yang membuktikan kelebihan madu sebagai antibakteri, antivirus, dan antijamur sehingga mampu mengatasi infeksi kuman penyebab radang tenggorokan.
Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan madu dengan segelas air hangat (hindari penggunaan air panas karena akan merusak nutrisi madu). Jika suka, bisa dicampur dengan air teh atau perasan lemon. Konsumsi secara teratur 2-3 kali sehari sampai sembuh.

Kelima, wedang jahe. Sebagai salah satu rempah tradisional yang dapat menimbulkan sensasi hangat di tubuh, jahe juga juga mengandung senyawa zingiberin yang dapat melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan racun (detoksifikasi), dan tentunya mengatasi peradangan.

Cara membuat wedang jahe ini cukup mudah, yaitu siapkan rempah jahe segar secukupnya dan segelas air panas satu gelas. Tumbuk rempah jahe tersebut lalu seduh dengan air panas tadi. Tambahkan beberapa sendok makan madu, lalu minum wedang jahe tersebut sedikit demi sedikit agar sensasi hangatnya terasa di tenggorokan.

Keenam, jeruk lemon. Buah ini multimanfaat, seperti sebagai antioksidan, mengobati gangguan asam lambung, mencegah sesak nafas, dan tentu mengobati sakit tenggorokan. Kandungan astringen dalam buah lemon dapat meredakan dan mengobati radang tenggorokan.

Cara membuat larutan lemon ini juga mudah, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh air perasan jeruk lemon dengan segelas air matang. Perasan air lemon tersebut membantu meredakan inflamasi serta membasmi virus dan bakteri di tenggorokan.

Ketujuh, cengkeh atau daun sirih. Penggunaannya terpisah, cukup pilih salah satu saja yang termudah memperolenya. Kedua bahan ini mengandung zat anti bakteri dan kuman. Untuk cengkeh, caranya dengan mencampurkan 3 sendok teh cengkeh bubuk dengan segelas air matang lalu gunakan untuk berkumur.

Sedangkan untuk daun sirih, cukup rendam 3 lembar daunnya dalam air hangat. Diamkan 20 menit lalu peras agar semua sari-sarinya tercampur dengan air hangat. Minum hasil perahan daun sirih ini pada pagi dan menjelang tidur. Biasanya hanya dalam 2 hari, radang tenggorokan bisa sembuh total.

Mudah dan sederahan bukan cara pembuatannya? Tujuh bahan di atas memang dipilih dari bahan-bahan yang mudah diperoleh dan mudah pula untuk membuatnya. Dengan menerapkan salah satunya saja, insya Allah bisa menjadi cara ampuh mengobati radang tenggorokan yang cepat dan tanpa obat untuk orang-orang tercinta di sekitar Anda.

Baca selengkapnya