Kamis, 28 September 2017

Bagi Kamu Pencinta Kopi, Ketahui 4 Teknik dan Cara Membuat Kopi yang Enak Ini!

Kunjer.com - Kopi adalah salah satu minuman terpopuler yang ada di dunia. Rasanya yang enak dan cara pembuatannya yang terbilang tak begitu sulit membuat banyak orang menyukainya. Namun, ada sejumlah trik untuk meracik kopi enak yang tak banyak diketahui. Nah, jika kamu pencinta kopi, beberapa teknik dan cara membuat kopi yang enak ini wajib kamu ketahui!

Cara Membuat Kopi
Gambar: pixabay.com

1. Drip Method (Kopi Tetes)

Drip method sering juga dikenal dengan sebutan Filter Method. Metode peracikan kopi ini disebut-sebut merupakan cara membuat kopi yang paling populer karena mudah dan efisiens. Alat untuk pembuatannya pun mudah didapat.
Cara peracikan:
Tuang air ke kopi bubuk yang diletakkan di atas kertas saring ke arah bejana kopi. Untuk menyeduhnya, cukup panaskan bejana kopi tersebut dan kopi siap disajikan.

2. French Press

Bagi kamu yang sering berkunjung ke kedai-kedai kopi tentu sudah akrab dengan metode yang satu ini. French Press memiliki sebutan lain yaitu Plunger dan Cafetiere. Metode ini dipatenkan oleh dua orang berkebangsaan Prancis Mayer dan Delforge pada tahun 1852. Kelebihannya adalah harga alatnya terjangkau dan dapat ditemukan di mana-mana.
Cara peracikan:
Pastikan French Press Coffee Maker dalam keadaan higienis. Lalu tuang kopi secukupnya ke dalam French Press. Didihkan air lalu diamkan selama 1 menit. Masukkan air mendidih yang telah didiamkan tersebut ke dalam French Press Coffee Maker, Tuangkan air dari teko dengan posisi yang agak tinggi, ini akan menghasilkan gelembung air yang membuat aroma kopi menjadi lebih maksimal. 
Aduk kopi selama 30 detik – 1 menit. Tekan kopi yang telah diaduk menggunakan tutup FrenchPress secara perlahan. Tuangkan ke dalam cangkir secara perlahan dari posisi mendekati cangkir hingga dinaikkan sampai agak tinggi. Nikmati tanpa gula.

3. Vietnam Drip

Seperti bisa dilihat dari namanya, metode teknik dan cara membuat kopi yang enak berikutnya ini berasal dari Vietnam. Di negara asalnya kisaran harga untuk alat ini hanya sekitar 30 ribu rupiah. Namun, di Indonesia harganya bisa dua kali lipat. Tentunya, karena telah terkena tambahan biaya impor dan lain-lain.
Cara peracikan:
Pertama kamu hanya cukup menuangkan kopi bubuk ke dalam dasar Vietnam drip, lalu setelah itu ratakan bubuk kopi dan tekan-tekan menggunakan saringan bawaan Vietnam Drip. Selanjutnya, tuangkan air panas dan biarkan air kopi menetes ke dalam gelas di bawahnya, aduk dan nikmati.

4. Turkish Coffee

Turkish Coffee adalah salah satu metode penyeduhan kopi tertua yang pernah ada. Sebelum alat-alat seduh manual diciptakan, Turki telah lebih dahulu membuat kopi dengan cara khusus sejak abad ke-15, dengan memakai pot tertentu yang dikenal dengan cezve (diucapkan “jezz-va”).
Cara peracikan:
Giling kopi secara manual menggunakan lesung dan alu, atau menggunakan alat penggiling kopi yang disebut kahvede─čirmeni, lalu letakkan di sebuah bejana yang disebut ibrik bersama gula dan air. Kemudian campuran ini dididihkan tiga kali dan dituang ke dalam cangkir.

Itulah empat teknik dan cara membuat kopi yang enak. Kamu bisa pilih mana yang lebih sesuai seleramu dan lebih pas untuk sajian kopimu. Pastikan racikan kopimu menjadi lebih enak dan mantap dengan mencoba teknik-teknik di atas! Selamat menyeruput!

Baca selengkapnya