Kamis, 06 April 2017

Panduan Mudah Menggunakan Kamera DSLR Untuk Pemula

kunjer.com - Perkembangan fotografi yang semakin canggih dengan proses yang cukup pesat memberikan banyak peluang bagi para fotografer pemula. Banyak diantara mereka menggunakan kamera DSLR canon sebagai salah satu alat untuk menyalurkan hobi mereka di bidang fotografi. Selain dapat dijadikan sebagai sarana untuk menyalurkan bakat serta hobi. Ternyata banyak pula fotografer pemula yang bergabung di dunia fotografi untuk mendapatkan uang dengan cara yang menyenangkan. Banyak orang kini membutuhkan jasa fotografer untuk mengabadikan sebuah acara, kegiatan atau momen – momen tertentu. Pada saat inilah para fotografer mendapatkan uang dengan cara yang cukup menyenangkan.

Cara Menggunakan Kamera DSLR
Ilustrasi
Didukung dengan banyaknya bermunculan tipe kamera DSLR untuk pemula yang sangat mudah untuk digunakan menjadikan dunia fotografi semakin ramai diminati banyak orang. Menangkap atau menbidik suatu objek menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi para fotografer. Bagi kamu fotografer yang masih sangat pemula atau bahkan masih tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan kamera DSLR untuk pemula. Coba perhatikan beberapa langkah – langkan beriktut ini :

Aktifkan kamera

Langkah yang satu ini merupakan langkah yang sangat mendasar. Banyak pemilih kamera DSLR untuk pemula yang tidak mengetahui bila kamera yang mereka pegang harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum membidik objek. Kamu hanya cukup dengan menekan tombol on di kamera. Setelag aktif cobalah untuk cek focus kamera dengan melihat sebuah objek melalui viewvinder, seorang fotografer pemula harus membiasakan diri menangkap objek dengan menggunakan vievfinder untuk menguasai objek yang akan kita bidik.

Atur menu

Biasangay pada layar LCD kamera DSLR canon memiliki menu setting untuk mengambil foto. Sebelum membidik objek kita harus melakukan pengaturan atau set kamera terlebih dahulu mulai dari ISO, white balance, format gambar, shutter speed, ukuran gambar hingga format gambar. Kemampuan untuk mengatur atau setting kamera sebelum menagkap objek tentunya tidak akan langsung memberikan hasil yang memuaskan dengan sekali melakukan setting. Diperlukan pembelajaran dan praktek secara terus menerus. Dengan begitu kamu akan dengan mudah menggunakan instingmu untuk melakukan pengaturan dan setting kamera DSLR untuk pemula dimasa yang akan datang.

Bidik gambar atau objek

Setelah melakukan setting dan pengaturan terhadap kamera DSLR canon, maka sekarang tiba saatnya untuk menguji sisi artistic kita. Pada saat inilah akan menentukan bagaimana dan seperti apa hasil foto dan bidikan yang kita ambil nantinya. Keahlian ketika menentukan angle dan sense of art yang kita miliki akan membuat sebuah objek yang biasa dipandang oleh mata menjadi sesuatu yang menakjubkan ketika tertangkap atau dibidik oleh kamera.

Gunakan auto focus

Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, dengan jelas dan tajam tanoa oerlu melakukan pengaturan focus, maka ada baiknya bila kita manggunakan pengaturan focus otomatis atau yang biasa disebut dengan auto focus yang sudah tersedia di kamera DSLR canon yang kamu miliki. Kamu dapat melihat apakah focus otomatis bekerja atau tidak dengan menekan setengah tombol shooting.

Ketika kamu mengeksekusi atau mebidik objek jangan lupa untuk selalu memperhatikan empat elemen penting pada fotografi yakni pencahayaan, komposisi, angle atau sudut pengambilan dan momen yang tepat untuk membidik objek. Fotografi bukan hanya sekedar teori yang harus dipelajari dan dipahami begitu saja namun mempraktekan ilmu dan teori yang diperoleh dengan terus melakukan latihan dengan membidik objek. Dengan begitu skill dan kemampuan serta keahlian kita untuk melakukan penangkapan gambar akan semakin terasa bertambah. Hal yang paling mendasar yang perlu kamu mengerti mengenai kamera DSLR untuk pemula ialah fungsi – fungsi dasar dari arpeture, shutter speed, dan ISO untuk mendapatkan bidikan gambar yang maksimal.

Baca selengkapnya