Jumat, 31 Maret 2017

Panduan Mempersiapkan Kondisi Finansial untuk Masa Pensiun

kunjer.com - Semua orang pasti akan memasuki masa pensiun ketika berusia senja. Ada orang yang cermat mengelola kondisi finansial sehingga bisa menikmati masa pensiun dengan leluasa. Namun ada pula orang yang cenderung boros dan tidak terampil mengelola keuangan. Padahal persiapan masa pensiun sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Agar kondisi finansial kita benar-benar stabil pada masa tersebut.

Finansial
Ilustrasi
Kita tak perlu khawatir soal persiapan kondisi finansial untuk masa pensiun. Ikuti saja beberapa panduan sederhana ini agar persiapan tersebut tidak terasa berat :

Jangan Lupa dengan Tabungan Pensiun
Tabungan pensiun adalah salah satu persiapan utama yang bisa kita lakukan dari sekarang. Nominal tabungan pensiun yang harus dibayar secara teratur tentu jumlahnya variatif. Kita bisa menyesuaikannya dengan kemampuan kita supaya kita tidak merasa terbebani. Biasanya tabungan pensiun dapat dicairkan secara bertahap ketika kita sudah memasuki masa pensiun.

Selesaikan Semua Urusan Utang
Urusan utang tentu akan terasa sangat membebani sewaktu kita sudah memasuki masa pensiun. Oleh sebab itu, kita mesti menyelesaikan utang sesuai kesanggupan kita. Semakin cepat diselesaikan, maka semakin ringan pula kondisi finansial kita. Bahkan ada pula jenis utang yang akan memberikan potongan total utang jika kita membayar lebih cepat daripada tanggal jatuh tempo.

Asuransi Kesehatan itu Penting
Meskipun hari ini kita masih muda dan sehat, kita tentu tidak dapat mengetahui kondisi kesehatan kita di masa mendatang. Seiring bertambahnya usia, fisik tidak lagi sekuat dulu dan risiko serangan penyakit jadi semakin besar. Daripada terbebani dengan kondisi kesehatan yang membutuhkan biaya besar, lebih baik kita mulai memiliki asuransi kesehatan mulai sekarang. Semakin muda usia kita ketika mulai memiliki asuransi kesehatan, maka semakin ringan pula nilai premi yang harus dibayar setiap bulan.

Memilih Produk Investasi yang Tepat
Produk investasi yang tepat akan memberikan kita keuntungan cukup besar dalam jangka waktu yang sudah kita perkirakan. Itulah sebabnya kita mesti mulai mempelajari aneka produk investasi mulai sekarang. Jika ingin memulai investasi online yang praktis dan aman, cobalah mengakses Mekar.id.
Sebagai investor, dana yang kita salurkan akan dipinjamkan kepada UKM Indonesia yang memenuhi kriteria. Nanti kita akan memperoleh keuntungan dengan margin dan jangka waktu yang sudah ditetapkan oleh Mekar.id. Risiko kerugian yang kecil membuat Mekar.id bisa menjadi salah satu andalan kita untuk urusan investasi.

Jika kita sudah memperhatikan keempat panduan tersebut, niscaya kita bisa menjalani masa pensiun dengan tenang. Karena kondisi finansial relatif stabil setelah kita melakukan persiapan yang matang.

Baca selengkapnya