Kamis, 30 Maret 2017

Pentingnya Cemilan Sehat Untuk Anak

kunjer.com - Makanan ringan atau camilan merupakan istilah untuk makanan yang bukan untuk menu utama seperti makan pagi, makan siang atau makan malam. Sebuah makanan yang bisa dianggap sebagai makanan ringan adalah makanan makanan untuk menghilangkan rasa lapar untuk sementara waktu saja. Selain itu juga bias untuk makanan sebagai teman ketika sedang santai.

Cemilan Sehat
Ilustrasi
Cemilan di saat santai tidak semuanya buruk untuk kesehatan selama bisa memilih jenis cemilan sehat serta waktu yang tepat untuk menyantap cemilan. Justru sebaliknya, cemilan bias membantu tubuh seseorang agar tetap sehat.

Sebagian oreang memang ada yang menghindari yang namanya cemilan karena kebiasaan ngemil cenderung membuat berat badan bertambah dan tak sedikit yang mengarah kepada resiko obesitas terutama untuk anak-anak yang masih masa pertumbuhan. Padahal jika waktu ngemil anak tepat serta jenis camilannya juga yang sehat, justru banyak manfaat bagi kesehatan anak. Berikut ini manfaat ngemil bagi kesehatan untuk anak-anak:

1. Apabila jeda andata sarapan dan makan siang atau makan siang dan makan malam memiliki waktu atau jarak yang cukup lama makan perlu diselang dengan cemilan untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap terjaga sehingga kondisi tetap fit. Apalagi jika anak memiliki aktifitas yang padat dari pagi sekolah, kegiatan ekstra kulikuler, belajar private atau yang lainnya.

2. Cemilan yang sehat mampu menjaga tubuh anak agar tetap. Sehingga kadar gula dan tekanan darah akan tetap terjaga dalam kondisi normal. Dengan begitu kemungkinan resiko datangnya penyakit akan semakin kecil.

3. Anak-anak juga membutuhkan cemilan yang sehat untuk pertumbuhannya serta menjaga kekebalan tubuh mereka dari ancaman berbagai macam penyakit. Oleh karena itu anak perlu membiasakan mengkonsumsi sayuran, jus buah, buah segar, keju sebagai cemilan selingan makanan utama. Dengan begitu anak-anak tidak lagi bergantung dengan makanan ringan atau cemilan yang tinggi akan lemak, gula, dan garam yang banyak terdapat dalam cemilan seperti keripik, permen, gorengan, juga kue-kue manis dan lain-lain.

Pada saat masa pertumbuhan anak-anak membutuhkan banyak nutrisi yang baik serta tepat untuk membantu meningkatkan sistem kecerdasan serta kesehatan mereka. Anak-anak tidak semuanya menyukai sarapan ataupun makan siang dan makan malam karena nafsu makan anak yang sering terganggu. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus bisa mncari alternatif sebagai pengganti makanan berat dengan cemilan atau makanan ringan yang mampu menyehatkan dan baik untuk pertumbuhan anak. 

Untuk mengetahui berbagai macam resep cemilan sehat yang sangat direkomendasikan bagi anak sekolah 1 tahun baca disini. Demikian informasi tentang pentingnya cemilan sehat untuk anak, semoga semoga ulasan ini bermanfaat untuk kesehatan anak anda.

Baca selengkapnya