Sabtu, 25 Februari 2017

Tips Supaya Rumah Cepat Laku Terjual

kunjer.com - Rumah adalah sebuah aset berharga untuk kehidupan berumah tangga. Namun, ada kalanya orang ingin menjual rumahnya. Ada banyak alasan yang mendasari penjualan rumah tersebut. Salah satu alasannya adalah kebutuhan mendadak akan uang dalam jumlah yang besar.
Ketika sebuah keluarga membutuhkan uang dalam jumlah yang besar dan tidak ada yang bisa memberikan pinjaman, maka menjual rumah adalah satu solusi yang dirasa paling tepat. Namun, menjual sebuah rumah ternyata tidak mudah, lo. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya rumah yang diiklankan cepat laku:

Rumah Cepat Laku Terjual
Ilustrasi
Ciptakan Kesan Baik Melalui Foto
Foto yang bagus akan menghasilkan kesan baik di mata para calon pembeli. Ambillah foto dari beberapa sudut rumah yang Anda anggap paling menarik. Jika memungkinkan, mintalah anggota keluarga untuk menjadi model dalam foto tersebut, sehingga kesan rumah yang baik dan bersahabat akan tampak meskipun hanya lewat foto.

Berikan Judul pada Iklan dengan Kalimat yang Singkat, Jelas, dan Padat
Ketika memberikan judul pada sebuah iklan, sebagian besar orang akan menuliskan “rumah dijual” atau “jual rumah”. Pikirkanlah kalimat lain yang memiliki arti sama dan mengandung penjelasan singkat mengenai rumah Anda, misalnya “jual rumah pribadi, luas 500 m² area Kaliurang Yogyakarta”.

Dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas seperti contoh tersebut, calon pembeli akan langsung memiliki gambaran singkat tentang rumah Anda. Pastikan judul iklan yang dibuat tersebut enak dibaca dan sesuai dengan kondisi rumah yang akan dijual.

Berikan Data Lengkap pada Iklan
Bagi sebagian orang, menuliskan data lengkap di dalam iklan tidaklah penting. Namun, hal ini tidak layak untuk dilakukan. Semakin lengkap informasi yang tertulis dalam sebuah iklan, maka iklan tersebut akan mendapatkan respons lebih cepat dari para calon pembeli.

Silakan tulis alamat rumah dengan detail dan tambahkan informasi penting lainnya, misalnya luas bangunan dan tanah, jumlah kamar, tingkat keamanan, fasilitas di sekitarnya, dan lain sebagainya. Dalam memberikan informasi, gunakan kalimat yang singkat dan jelas.

Jangan Hanya Beriklan di Media Sosial, Beriklanlah Juga di Beberapa Situs Jual Beli di Internet
Tidak bisa dimungkiri bahwa sekarang kita sedang berada di zaman yang serba modern. Jika Anda hendak menjual rumah, Anda tidak perlu repot-repot membuat selebaran atau membuat kiriman di media sosial. Kini telah tersedia beragam situs jual rumah di internet yang bisa menjadi wadah jual beli barang dan jasa. 

Jika Anda masih ingin menggunakan cara lama, yaitu dengan menggunakan selebaran, pastikan Anda mencantumkan informasi yang lengkap dan menarik mengenai rumah. Akan lebih baik jika Anda mencetak selebaran tersebut pada kertas yang berkualitas bagus. Selain itu, cantumkan beberapa foto rumah yang akan dijual sebagai data pendukung.

Selain foto, peta lokasi rumah dan nomor telepon yang bisa dihubungi juga wajib Anda cantumkan. Agar lebih efektif, tempatkan selebaran ini di tempat-tempat umum, misalnya di halte bus.

Cantumkan Harga yang Sesuai dengan Kondisi Rumah
Untuk menentukan harga jual sebuah rumah, terlebih dahulu Anda harus melihat luas tanah, luas bangunan, dan kondisinya. Kemudian, sesuaikan dengan harga rumah pada saat ini. Jangan ambil keuntungan yang terlampau tinggi jika rumah yang Anda tawarkan kondisinya sudah tidak begitu mulus.

Sebagian besar orang akan mencari rumah dengan harga yang cenderung murah. Maka, buatlah harga jual yang wajar, kecuali Anda akan menjual rumah yang benar-benar berkualitas dan berfasilitas bagus.

Jika Memungkinkan, Lakukan Renovasi Kecil Sebelum Menjual Rumah
Penampilan sebuah rumah memengaruhi minat calon pembeli. Sebagai contoh, ada dua buah rumah. Rumah pertama memiliki tembok dengan cat yang terlihat masih baru. Rumah yang kedua adalah sebuah rumah dengan cat yang telah kusam dan terlihat mengelupas di beberapa bagian. Jika Anda diberi kesempatan untuk membeli rumah, rumah mana yang akan Anda beli? Yang pertama atau kedua?

Ya, rumah dengan cat yang terlihat masih baru akan lebih menarik jika dibandingkan dengan rumah yang catnya telah kusam dan mengelupas. Jika memungkinkan, lakukanlah renovasi kecil seperti ini. Pikirkanlah mengenai hal kecil yang bisa Anda ubah dan bisa menambah nilai rumah Anda, misalnya mengganti warna cat di ruang tamu.

Dengan perubahan kecil semacam ini, rumah Anda akan terlihat semakin menarik di mata calon pembeli. Namun, sebaiknya Anda tidak melakukan perubahan yang memerlukan biaya yang besar, ya.

Rapikan Barang-Barang di Rumah
Ketika sudah memutuskan untuk menjual sebuah rumah, sebaiknya Anda segera membereskan atau setidaknya merapikan barang-barang di rumah Anda. Rumah dengan barang-barang yang tertata rapi akan terlihat lebih menarik di mata calon pembeli. Selain itu, rumah yang bersih dan terawat akan memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada rumah yang berantakan dan kumuh.
Mulailah bereskan barang-barang di rumah Anda sejak iklan dipasang, sehingga Anda tidak akan kelabakan ketika tiba-tiba ada calon pembeli yang berminat untuk datang dan melihat keadaan rumah.

Letakkan Sebuah Papan Bertuliskan “DIJUAL” di Depan Rumah Anda
Setelah mempersiapkan rumah dengan sebaik mungkin, Anda bisa membuat sebuah tulisan “DIJUAL” pada sebuah papan. Tuliskan juga nomor telepon Anda supaya calon pembeli bisa menghubungi Anda sewaktu-waktu. Buatlah tulisan yang menarik, ya. Jangan hanya menempelkan sebuah papan dan menulisinya dengan cat saja. Keluarkan ide kreatif Anda dan buatlah tulisan tersebut agar tampak menarik.

Itulah 8 tips mudah supaya rumah cepat laku terjual. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang hendak menjual rumah.

Baca selengkapnya