Rabu, 25 Oktober 2017

Lengkapi Weekend Bersama Keluarga dengan Es Teh Susu Bubble

kunjer.com - Siang hari di ahir pekan dan hanya menghabiskan waktu di rumah, enaknya minum es ya. Apalagi es teh kesukaan yang dicampur susu. Yummy. Kini ada versi baru es teh susu yang harus anda coba buat sebagai pelengkap weekend bersama keluarga di rumah. Apa itu? Es teh susu bubble. Dijamin weekend Anda makin seru meski hanya di rumah.

Bubble
Ilustrasi
Apa itu bubble? Buble atau yang memiliki sebutan lain pearl dan boba ini merupakan topping atau pendamping Taiwan milk tea, yaitu berupa bola-bola manis kenyal. Anda bisa menemukan bubble siap pakai di toko kue atau toko plastik, tapi jika mau, bisa juga dibuat sendiri sekalian dengan es teh susunya.

Minuman Taiwan yang terasa segar, manis, dan legit ini sangat tren saat Ramadan dan ternyata cukup mudah cara buatnya. Tidak sabar ingin segera mengeksekusinya di rumah? Segera saja intip resep berikut ini.

Bahan-bahan:


Bahan es susu:


  • 2 kantong teh celup/2 sdt teh seduh 
  • 4 sdt atau 20 ml SKM atau krimer
  • 150 ml air panas
  • 60 gram es batu
  • Gula cair sesuai selera


Bahan bubble:


  • 100 ml air
  • 100 gram tepung tapioka/tepung ketan
  • 1/4 sdt garam
  • 60 gram gula pasir
  • 50 gram cokelat masak pekat, lelehkan
  • 15 gram mentega putih


Cara membuat bubble:


  1. Langkah pertama siapkan wadah lalu campurkan dan tepung tapioka/ketan, tuang air. Aduk rata adonan tersebut kemudian saring. Tuang campuran air, tepung, dan garam itu ke dalam wadah tahan panas.
  2. Masukkan wadah berisi adonan ke dalam panci, lalu kukus selama 30 menit/matang.
  3. Setelah itu angkat wadah lalu masukkan cokelat leleh. Aduk menggunakan mixer spiral hingga rata. Sambal diaduk, masukkan gula pasir dan mentega putih ke dalamnya sedikit demi sedikit hingga kalis.
  4. Biarkan adonan bubble mendingin dan gulung memanjang. Kemudian potong gulungan tersebut sebesar 1 cm. 
  5. Jika Anda menyimpannya di kulkas untuk membuat es teh susu lagi besok sementara bola-bola tapioka ini sudah tidak kenyal, rebus lagi saja sebentar dalam air mendidih.

Cara membuat es teh susu bubble:


  1. Pertama, seduh teh hingga warna berubah pekat. Dinginkan.
  2. Masukkan ke dalam gelas shaker bersama SKM/krimer. Campur gula dan es batu sesuai selera. Jika tidak ada gelas shaker, gunakan gelas/cangkir berpenutup rapat.
  3. Kocok sampai teh, susu, dan esnya bercampur rata.
  4. Siapkan gelas saji lalu masukkan bubble yang sudah Anda buat lalu beri topping berupa potongan buah seperti jeruk nipis, apel, nanas, melon, dan lainnya juga.
  5. Tuang es teh susu ke dalam gelas saji tersebut.

Bahan-bahan di atas cukup untuk 5 porsi es teh susu bubble. Dengan hadirnya minuman ala kafe ini, tidak ada lagi alasan untuk menyebut weekend Anda dan keluarga di rumah itu hal membosankan bukan? Minuman ini cocok juga untuk menemani waktu berbuka puasa Senin-Kamis, jadi anak-anak akan semakin bersemangat untuk nyunnah. Selamat mencoba!

Bagikan

Jangan lewatkan

Lengkapi Weekend Bersama Keluarga dengan Es Teh Susu Bubble
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.