Jumat, 08 September 2017

4 Tips Tepat untuk Kredit Rumah Tanpa DP

kunjer.com - Pada era modernisasi ini, ada beragam sistem kredit rumah yang dapat Anda pilih sebagai jalan untuk memperoleh rumah impian. Sistem angsuran setiap periode merupakan keringan dan kemudahan membeli rumah dengan cara kredit. Tahukah Anda bahwa ada kredit rumah tanpa DP? Sistem ini menawarkan pembiayaan rumah secara kredit, di mana nasabah pembiayaan tidak membayar uang muka.

Kredit Rumah
Ilustrasi
Pembayaran uang muka sering menjadi kendala bagi pihak pembeli. Developer menganggap fenomena tersebut sebagai peluangnya. Pihaknya akan membayarkan uang muka terlebih dahulu dan pada akhirnya nanti, pembeli diwajibkan untuk menggantinya dengan cara mengangsur. Strategi developer ini dapat meringankan pembeli di awal proses. Jika ingin kredit rumah tanpa membayar DP, inilah tipsnya untuk Anda.

1. Cermati Penawaran Developer

Pembelian rumah secara kredit tanpa uang muka merupakan salah satu solusi perolehan rumah dengan lebih mudah. ada berbagai hal yang harus diperhatikan dalam pembelian rumah secara kredit tanpa DP ini. Tips pertama adalah mencermati penawaran dari developer. Dalam hal ini, kredit tanpa DP menghendaki penundaan pembayaran DP oleh pemilik. Di awal, developer yang melunasi uang mukanya.

Sebagai calon pembeli, Anda harus mencermati penawaran dari pengembang. Saat terdapat penawaran dari kredit rumah bebas DP, Anda dapat meninjau lebih lanjut. Pastikan bahwa dalam penawaran tersebut, pihak developer benar-benar tersedia untuk membayar uang muka terlebih dahulu. Penawaran kredit bebas DP yang bekerja sama dengan bank terpercaya justru dapat menjadi pilihan tepat.

2. Gunakan Diskon

Diskon atau potongan harga juga berlaku dalam proses kredit rumah tanpa uang muka. Ada penawaran program kredit rumah tanpa uang muka yang menerapkan diskon. Anda dapat berdiskusi dengan pengembang terkait penawaran tersebut. Penerapan diskon dapat dilakukan untuk meringankan pembiayaan kredit rumah yang harus dipenuhi pembeli.

Misalnya harga jual aslinya adalah Rp200 juta. Bersama dengan developer, Anda menerapkan diskon sebesar 10%, sehingga harga jualnya menjadi Rp180 juta. Dalam proses pengajuan kredit rumah ke bank, Anda bisa mengatakan bahwa harga rumah Rp200 juta dan sudah melunasi uang muka sebesar Rp10 juta. Dengan ini, kreditnya hanya terhitung Rp180 juta yang sebenarnya merupakan kredit rumah tanpa DP.

3. Amati Persyaratan Pengajuan Kredit

Kredit rumah dapat disetujui dan diproses jika sudah memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan. Berlaku hal yang sama dalam sistem kredit rumah tanpa uang muka. Untuk itu, Anda harus memeriksa keseluruhan persyaratan yang diperlukan agar proses pembiayaan kredit rumah tanpa pembayaran uang muka dapat disetujui. Jika semua persyaratan terpenuhi, maka proses dapat berjalan lancar.

Kepemilikan rumah secara kredit tanpa DP merupakan keringanan yang dapat dijadikan pilihan. Jika ingin merealisasikannya, siapkan dokumen penting seperti fotokopi KTP, akta nikah, kartu keluarga, surat keterangan WNI. Setelah itu, isilah formulir pemesanan unit dari pengembang yang biaya pemesanannya sudah dilunasi secara keseluruhan.

Selain itu, terdapat dokumen tambahan lainnya yang berlaku sesuai profesi. Untuk karyawan, maka siapkan surat keterangan dari tempat bekerja, slip gaji, dan buku rekening tabungan untuk melihat kondisi keuangan selama 3 bulan terakhir. Bagi wiraswasta atau profesional, harus disertakan bukti transaksi keuangan usaha, catatan rekening bank, SIUP, dan NPWP.

4. Sesuaikan Kemampuan dengan Kewajiban Angsuran

Tujuan membeli rumah secara kredit adalah untuk memperoleh kesempatan lebih dalam melunasi harga jual rumah. Anda harus memperhatikan kemampuan finansial yang akan digunakan untuk membayar angsuran. Dalam sistem kredit rumah tanpa uang muka, Anda mempunyai kewajiban untuk membayar angsuran yang terdiri dari biaya pokok, bunga pinjaman, serta uang muka yang ditanggung oleh developer.

Kewajiban tersebut harus dilunasi selama periode tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya melalui kesepakatan Anda dan pihak bank. Dalam penentuan besar angsuran dan periode waktunya, Anda bisa melakukan negosiasi dengan prinsip saling terbuka. Transparansi akan memudahkan kedua belah pihak untuk memperoleh titik temu berupa kesepakatan, sehingga dapat melancarkan proses kredit.

Dalam proses negosiasi tersebut, usahakan untuk menyesuaikan antara kemampuan finansial dengan kewajiban angsuran yang harus dibayarkan. Selain itu, tetapkan jangka waktu angsuran yang mencukupi untuk melunasi angsuran. Penyesuaian kedua hal tersebut dapat memudahkan Anda dalam melunasi angsuran dengan tepat waktu, sehingga proses kepemilikan rumah dapat berjalan lancar.

Sistem kredit rumah tanpa DP adalah solusi untuk Anda yang ingin membeli rumah dengan proses awal yang lebih mudah. dengan sistem ini, Anda tidak perlu lagi memikirkan kemampuan finansial untuk membayar uang muka. Selain itu, proses kredit rumah tidak akan terhambat hanya karena kendala pembayaran uang muka. Beberapa tips tersebut dapat menjadi bekal Anda untuk merealisasikan kepemilikan rumah dengan lebih mudah.

Bagikan

Jangan lewatkan

4 Tips Tepat untuk Kredit Rumah Tanpa DP
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.