Sabtu, 16 September 2017

Resep Praktis Keju Makaroni Panggang buat Bekal Sekolah Anak TK

Kunjer.com - Sebagai ibu, pasti Anda ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Terutama perihal makanan. Soalnya dari makanan itulah ia akan tumbuh jadi anak cerdas dan makanan pula yang menentukan apakah ia akan sehat atau sebaliknya. Kalau Anda takut si kecil beli yang tidak-tidak, kenapa belum terpikir bikin bekal sekolah anak saja? Tenang, bekal anak ini tidak selalu merepotkan Anda. Salah satu yang praktis itu adalah keju makaroni panggang. Pasti yummi banget. Dijamin suka. Penasaran bagaimana resepnya? Ini dia.

Keju Makaroni Panggang
Ilustrasi: vemale.com

Siapkan Bahan-Bahannya

  • 200 gram makaroni
  • 1 blok keju (untuk diparut)
  • 3 sendok makan remah roti
  • 4 lembar daging sapi
  • 500 ml susu krim
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok makan minyak zaitun
  • 2 sendok blue band


Prosedur Pembuatannya

1. Perebusan dan Pengadukan

Setelah bahan lengkap, rebus makaroni sekitar 7 menit. Tiriskan, dan tambahkan minyak zaitun biar lebih khas rasanya. Kemudian lelehkan blue band. Tambahkan terigu dan aduk sampai rata. Susu dimasukkan perlahan dan aduk lagi. Biar lebih gurih tambahkan lada dan garam secukupnya. Jangan lupa, pada proses ini apinya kecil saja. Kemudian matikan.

2. Pencampuran Keju

Keju yang sudah diparut masukkan saja ke adonan susu tadi. Kemudian diaduk rata. Mungkin Anda bertanya-tanya. Kenapa harus keju? Manfaat keju ini banyak sekali, lho. Di antaranya tulang anak bisa lebih kuat, untuk tambahan energi, dan juga bisa meredakan stres ketika tengah belajar. Jadi inilah pentingnya bekal sekolah anak untuk yang masih TK.

3. Pencampuran Semua Bahan

Pada langkah ini, pisahkan separuh dari adonan susu. Fungsinya untuk topping nantinya. Setelah itu, masukkan makaroni dan juga irisan daging sapi. Khusus untuk daging sapi, sebaiknya dipotong kecil-kecil saja atau kotak-kotak biar lebih mudah matangnya. Setelahnya, aduk hingga rata dengan tetap mempertahankan api kecil.

4. Pemanggangan

Atur suhu oven sampai sekitar 180 decel. Siapkan juga cup kertas aluminium untuk tempat berbaring adonan nantinya. Setelah adonan dituangkan di atas mangkuk kertas aluminium, taburkan di atasnya dengan parutan keju dan juga remah-remah roti. Baru dipanggang. Tunggu kurang lebih 45 menit hingga keju-makaroni panggang berwarna keemasan.

Langkah terakhir tentu saja sajikan di atas meja. Tapi jangan buru-buru kasih tahu si kecil. Bungkus bekal itu agar tidak kelihatan sama sekali. Bilang saja, bekal sekolah anak yang istimewa itu baru boleh dibuka kalau lagi istirahat. Buat kejutan. Minta testimoni si kecil dan beri pertanyaan tentang makanan kesukaannya. Di keesokan harinya, Anda tinggal rajin-rajin berkreasi biar si kecil terus semangat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Resep Praktis Keju Makaroni Panggang buat Bekal Sekolah Anak TK
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.