Rabu, 28 Desember 2016

Kendalikan Alergi Susu Sapi Pada Anak dengan Cara Berikut Ini

kunjer.com - Mengingat susu begitu penting bagi tumbuh kembang anak, tentu akan sangat membingungkan apabila anak mengalami alergi susu sapi. Untuk itu bagi orang tua yang memiliki anak alergi susu sapi maka harus mencari cara lain kendalikan alergi sehingga nutrisi anak tetap tercukupi. Anda bisa melakukannya dengan memberikan makanan yang bergizi pada anak di setiap menu hariannya.

Alergi susu sapi
Ilustrasi
Namun perlu diketahui bahwa alergi susu sapi berbeda dengan intolerance laktosa. Dua hal ini seringkali dianggap sama oleh para orang tua sehingga penanganan pun menjadi tidak optimal. Alergi susu sapi merupakan kondisi dimana sistem imunitas pada tubuh anak memberikan respons tidak normal pada protein yang ada pada susu yang ditandai dengan muntah, diare, gangguan pencernaan atau susah bernafas. Sedangkan intolerance laktosa terjadi karena ketidakmampuan anak untuk mencerna laktosa atau gula yang ada pada susu.

Pastikan untuk segera mengkonsultasikan berbagai macam reaksi tersebut pada dokter agar dokter bisa melakukan beberapa tes agar penyebab alergi bisa diketahui dengan pasti. Namun tidak perlu panik jika buah hati positif alergi terhadap susu sapi. Sebagai orang tua, Anda bisa melakukan hal berikut ini untuk menjaga agar alergi tidak kembali muncul, diantaranya:

Hindarkan anak dari konsumsi susu sapi atau segala makanan yang memiliki kandungan susu sapi.
Apabila anak masih menyusui, maka sang Ibu juga harus menghindari susu sapi karena dikhawatirkan protein susu menyatu dengan ASI dan membahayakan anak Anda.
Berikan susu kedelai sebagai alternatif

Jadi anda harus mengenal alergi susu sapi pada anak dengan memberikan makanan yang bisa mengganti nutrisinya yaitu makanan yang kaya kalsium, vitamin D serta protein. Anda bisa memberikan brokoli, bayam, ikan salmon, telur dan tuna karena makanan tersebut memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Jangan lupa untuk menambahkan susu SGM Soya yang berbahan dasar kedelai sebagai tambahan nutrisi dalam menu harian anak. Susu SGM Soya terbukti berkualitas dan lulus uji BPOM sehingga sangat aman dikonsumsi buah hati sehari-hari.


Baca selengkapnya