Selasa, 23 Agustus 2016

Candi Borobudur, Objek Wisata Mahakarya Arsitektur Abad ke 9

kunjer.com - Paket wisata Jogja - Salah satu tujuan wisata di Indonesian yang perlu dikunjungi adalah beberapa peninggalan sejarah dengan bentuk bongkahan batu yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk piramida, atau lebih dikenal dengan sebutan Candi. Yup, kali ini kami akan membahas mengenai objek wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur
Gambar: miner8.com
Candi Borobudur berada di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, atau berada sejauh 40 km barat laut Yogyakarta dan juga 7 km arah selatan Kota Magelang. Luas Candi Borobudur dengan luas dasar persegi sekitar 15.129 m2 membuatnya dikenal sebagai sebuah bangunan yang megah dan bersejarah. Sedangkan tinggi bangunannya yaitu setinggi 35 meter dan pada bagian chattra memiliki tinggi asli sekitar 43 meter. 

Berbeda dengan candi-candi lainnya yang ada di Indonesia, desain Candi Borobudur sangat berbeda dimana bangunannya berdiri kokoh di atas bukit, bukan pada permukaan datar seperti candi lainnya pada umumnya. Di dalamnya ditemukan ruangan khusus yang dipergunakan untuk melakukan ritual pemujaan deperti yang lainnya. Namun pada dinding candi yang bertingkat berbatasan dengan barisan lorong srmpit. Coba teliti dengan cermat, ada kemiripan Candi Borobudur debgan piramid. Bedanya, Candi Borobudur candinini berundak-undak. Masyarakat sekitar percaya bahwa candi ini memang ta pa ruangan karena digunakan sebagai tempat peribadatan pada jaman dulu. 

Tahukah Anda kuil penganutan agama Budha terbesar di dunia? Ya, jawabannya ada pada Candi Borobudur yang memang di dalamnya terdapat ajaran Budha yang sangat kental pada jaman dulu. Patung arca Buddha juga banyak ditemui dengan jumlahnya sekitar 504 dan semuanya posisinya berjajar pada sepanjang candi. Hiasan relief yang cantik juga terdapat pada dinding sehingga menjadikan kombinasi yang menarik dengan arsitektur Candi Borobudur dengan dilengkapi sebanyak 2.672 panel di dalamnya. Ya, sangat direkomendasikan untuk dijadikan paket wisata Jogja yang menarik. 

Sebuah stupa utama terbesar juga terdapat pada tengah-tengah bangunan Candi Borobudur yang menyerupai puncak bangunan Candi Borobudur. Stupa utama terbesar itu dikelilingi oleh 72 stupa lainnya dengan formasi tiga bagian barisan. Pada bagian samping bentuk stupa yang mengerucut, terdapat lubang-lubang dan di dalamnya juga terdapat patung Buddha yang duduk bersila dengan tangannys bersikap "mudra" dan memutar roda dharma "Dharmachakra mudra".

Sebanyak 6 teras berbentuk bujur sangkar menyusun monumen Candi Borobudur yabg dipadukan dengan 3 latar yang melingkar. Bagi para penganut agama Budha, mereka mempercayai ketiga tingkatan tersebut. Mereka mengartikan makna pertama sebagai Kamadhatu atau ranah hawa nafsu, makna kedua yaitu Rupadhatu yang memiliki arti ranah berwujud, yang ketiga Arupadhatu dengan artinya ranah tak berwujud. 

Agama Budha dimuliakan oleh bangunan Candi Borobudur sebagai wujud nyatanya. Masyarakat Budha sering melakukan ziarah dan menggelar ritual pada monumen Candi Borobudur. Ritual tersebut pada umumnya mereka mulai dari arah timur candi yang terus berjalan searah jarum jam pada ke tiga tingkatan latar yang terdapat di dalamnya. 

Sejuta sejarah purbakala tersimpan di dalam Candi Borobudur dengan pesonanya yang antik dan menarik. Bagi para pecinta sastra dan budaya dan sedang mencari paket wisata Jogja, Candi Borobudur menjadi rekomendasi kunjungan wisata yang wajib dikunjungi yang mampu memberikan Anda banyak pengetahuan dan pengalaman baru di dalamnya. 

Baca selengkapnya