Rabu, 23 November 2016

Penyebab Badan Pegal Pada Usia Lanjut

kunjer.com - Orang-orang usia lanjut adalah mereka yang berusia diatas 60 tahun,usia lanjut juga merupakan usia rawan dalam segi kesehatan sebab berbagai organ pada usia lanjut sudah mulai mengalami penurunan fungsi selain itu usia lanjut merupakan usia dimana orang-orang akan merasakan dampak dari apa yang mereka lakukan di usia muda baik itu dalam segi makanan maupun kesehatan. Jika seseorang semasa mudanya tidak menjaga pola makan maka saat ia memasuki usia lanjut penimbunan zat-zat berbahaya pada makanan yang ia konsumsi di usia muda akan terus menumpuk dan menjadi sumber berbagai penyakit. Masalah kesehatan yang sering dialami usia lanjut adalah mudah pegal, penyebab badan pegal pada usia lanjut ini bermacam-macam ada yang datang dari dalam diri usia lanjut itu sendiri ataupun datang dari lingkungan. Berikut ini adalah beberapa penyebab badan pegal yang sering dikeluhkan para usia lanjut:

Badan Pegal Pada Usia Lanjut
Ilustrasi
  1. Kebiasaan,kebiasaan usia lanjut pada saat masih muda senantiasa bekerja dan ketika memasuki usia lanjut secara otomatis tidak bisa mengerjakan beberapa pekerjaan yang biasa ia kerjakan maka hal ini akan membuatnya merasa pegal karena tidak terbiasa berdiam diri.
  2. Penurunan fungsi organ,beberapa organ yang mengalami penurunan fungsi juga menjadi penyebab bagi usia lanjut mudah merasa pegal-pegal.
  3. Makanan,memasuki usia lanjut tidak semua makanan dapat dicerna dengan baik sehingga beberapa usia lanjut kehilangan manfaat dari makanan tersebut dan beepotensi kehilangan energi sehingga mudah merasa pegal.
  4. Perubahan struktur organ dalam tubuh,seperti struktur tulang yang berubah sehingga usia lanjut memiliki peluang lebih besar mengalami osteoporosis dan pegal-pegal karena komposisi dalam tulang yang mulai berkurang.


Dari beberapa penyebab yang disebutkan di atas secara garis besar pegal-pegal yang terjadi pada usia lanjut memang wajar adanya karena terjadinya banyak perubahan-perubahan baik dari faktor luar (lingkungan) maupun dari dalam diri usia lanjut itu sendiri.

Perlunya kesadaran bagi para usia lanjut itu sendiri bahwa usia mereka yang terbilang sudah tidak muda lagi maka mereka perlu menjaga kesehatan meskipun Cuma pegal-pegal yang terbilang biasa saja namun berawal dari rasa pegal inilah berbagai sumber gangguan kesehatan lainnya muncul. Bukan hanya gangguan kesehatan biasa melainkan gangguan kesehatan yang parah bahkan pada beberapa kasus tertentu gejala awal rematik adalah rasa pegal-pegal dan linu pada persendian baik sendi kaki maupun sendi tangan,para usia lanjut pun perlu mengetahui penyebab badan pegal agar mereka dapat membatasi aktivitas yang menyebabkan mereka pegal-pegal. Perlunya sosialisasi dari pihak-pihak yang terkait seperti dinas kesehatan juga memegang peranan penting agar para usia lanjut dapat lebih memahami tentang keadaan kesehatan mereka.

Untuk pihak keluarga seperti anak dan cucu juga harus lebih memperhatikan anggota keluarga yang sudah usia lanjut,anggota keluarga yang lebih muda dan memiliki pengetahuan lebih dapat memberitahu anggota keluarga mereka yang berusia lanjut tentang penyebab badan pegal namun dalam proses pemberitahuan tersebut harus secara perlahan-lahan dan halus jangan sampai usia lanjut tersebut merasa tersinggung dan salah paham karena penyampaian yang salah,proses pemberitahuannya pun harus secara bertahap tidak bisa langsung sekaligus. Mungkin butuh kesabaran tinggi untuk menasehati orang lanjut usia namun inilah cara paling efektif dalam memeperingatkan mereka agar lebih memperhatikan kesehatan mereka,jika para lanjut usia merasa diperhatikan oleh anak cucunya maka mereka pun juga akan merasa senang.

Bagikan

Jangan lewatkan

Penyebab Badan Pegal Pada Usia Lanjut
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.