Kamis, 19 Mei 2016

Tips Jual Rumah Tanah Ulayat

kunjer.com - Mungkin bagi sebagian oranga sing mendengar istilah tanah ulayat ini. Maka dari itu kita akan memulai dari definisi atau pengertian dari tanah ulayat itu sendiri. Tanah ulayat merupakan tanah yang dikuasai oleh adat istiadat di suatu daerah yang penentuan batas wilayahnya juga dilakukan berdasarkan aturan yang dibuat oleh adat setempat. 

Jual Rumah
Ilustrasi Jual Rumah
Pada umumnya, tanah ulayat ini tidak memiliki surat surat seperti sertifikat tanah akan tetapi diakui secara pemikiran oleh masyarakatnya. Lalu bagaimana dengan rumah yang dibangun di atas tanah ulayat bagaimana cara menjualnya. Tentu tidak berbeda jauh dengan rumah pada umumnya, rumah tanah ulayat juga bisa diperjual belikan dan telah banyak orang yang melakukannya. 

Untuk menjual sebuah rumah di tanah ulayat ini tidak bisa dilakukan dengan semabarangan karena biasanya ada aturan adat yang harus dipatuhi ketika hendak menjual rumah tanah ulayat tersebut. Tips jual rumah tanah ulayat berikut ini semoga bisa membuka wawasan kita mengenai rumah adat yang tersebar di seluruh wilayah indonesia. 

Tips pertama ketika hendak menjual rumah di tanah ulayat adalah meminta izin kepada kepala suku atau orang yang dituakan di daerah tersebut. 

Kedua izin dari orang tersebut sangat wajib menjadi salah satu syarat karena tanah ulayat pada mitosnya memiliki pantangan dan tolak balater sendiri ketika dijual dan bisa berdampak pada si pembelinya. 

Di zaman modern seperti ini pun ternyata masih banyak transaksi jual beli rumah tanah ulayat di berbagai daerah di indonesia. Hal ini merupakan sebuah warisan budaya yang diturunkan secara turun temurun oleh nenek moyang sebagai cirri khas identitias bangsa indonesia. 

Bagi kalian yang juga ingin menjua lsebuah rumah di tanah ulayat maka tips penting yang pertama kali harus dilakukan adalah meminta izin dari orang  yang dituakan di daerah sana. Selain itu tips lainnya ketika menjual rumah tanah ulayat adalah dilakukan dengan pengguna anakta jual beli saja sebagai tambahan dokumen bagi rumah yang nantinya supaya bisa diurus sertifikatnya juga.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Jual Rumah Tanah Ulayat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.