Kamis, 10 Maret 2016

Harmonisasi Apartement Uttara dan Warga Sekitar

kunjer.com - Balai dusun sejatinya memang bukan sekedar berupa bangunan di atas sebidang tanah. Balai dusun merupakan tempat dimana organisasi atau sekelompok orang yang mengurus dan mengatur dusunnya berkumpul dan bermusyawarah. Di balai dusunlah manajemen Apartemen uttara Yogyakarta bersama warga berkumpul dan menjalin keakraban memupuk kentalnya budaya lokal yang kian tergerus zaman.

Apartemen Uttara
Apartement Uttara
Tanpa adanya balai dusun, koordinasi antar-aparatur dusun dan warga berpotensi sulit dilakukan. Dengan demikian fungsi pembangunan, pemberdayaan, dan sosial dari dusun itu sendiri dapat berjalan. Untuk itulah pihak Manajemen Apartement Uttara The Icon menggagas pembangunan balai Dusun Karangwuni di Desa Caturtunggal dimana Apartemen Uttara berdiri.

Sebanyak 500 warga Karangwuni Caturtunggal Depok Sleman bersama manajemen Apartemen Uttara menggelar syawalan di Balai Dusun RW 01 Karangwuni. Syawalan ini sekaligus peresmian balai dusun bantuan dari Apartemen Uttara pada Agustus 2015 silam.

Syawalan warga Karangwuni bersama manajemen Apartemen Uttara sekaligus syukuran atas selasainya gedung balai RW 01 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh pihak Apartemen Uttara yang diberikan kepada Kepala Dusun Karangwuni. Selain itu sebagai tanda telah selesainya pembangunan balai dusun tersebut disampaikan acara hikmah syawalan yang diisi oleh Ustadz Gus Miftah dari Kalasan Sleman. 

Desa Caturtunggal sendiri merupakan desa yang penuh dengan keragaman potensi budaya dan lembaga kemasyarakatan. Perspektif budaya masyarakat masih sangat kental dengan budaya Jawa, hal ini dapat dimengerti karena hampir semua desa di Kabupaten Sleman Masih Kuat terpengaruh dengan adanya pusat kebudayaan Jawa yang tercermin dari keberadaan Kraton Kasultanan maupun Pakualaman. Pengaruh agama Islam juga sangat kental sebagai agama Mayoritas penduduk. Sedangkan potensi kelembagaan yang ada seperti LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa), KPD (Kader Pembangunan Desa), Karang Taruna dan PKK diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan sosial dengan program-programnya. Desa Caturtunggal terdiri atas 20 padukuhan, salah satunya adalah Padukuhan Karangwuni dimana Apartemen Uttara berdiri. Dukungan terhadap aktivitas warga semacam ini akan terus dilakukan oleh pihak apartemen yang mengusung konsep Leading The Art of Finest Living ini dimana kegiatan CSR Apartemen Uttara selalu menjadi bentuk kepedulian sosial dan sarana menjaga hubungan baik dengan warga sekitar. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Harmonisasi Apartement Uttara dan Warga Sekitar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.