Jumat, 01 Mei 2015

10 Fakta Yang Harus Kamu Ketahui Tentang May Day

Kunjer.com - Anda tentu mengenal Hari Ibu, Hari Buruh, atau Hari Kartini yang baru saja kita rayakan. Namun tahukah Anda bahwa tiap 22 April orang-orang di belahan bumi mana pun merayakan Hari Bumi?

Sejumlah mahasiswa bergabung dengan anggota penjaga pantai Filipina mengumpulkan sampah di rawa yang menjadi tempat perlindungan burung, ikan dan hutan bakau di Freedom Island, 22 April 2015. Kegiatan ini diadakan sebagai kampanye dalam acara Hari Bumi Sedunia. AP/Bullit Marquez

Ya, hari ini kita merayakan Hari Bumi, hari raya bagi tempat kita hidup, dibesarkan, dan wafat suatu saat nanti. Jika Anda belum mengetahui sejarah dan beberapa hal penting terkait dengan peringatan hari ini, berikut ini sepuluh hal tentang Hari Bumi yang harus disimak dengan baik.

1. Perayaan Hari Bumi pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika.

2. Diperkirakan 20 juta orang mengambil bagian dalam demonstrasi di seluruh Amerika Serikat untuk merayakan Hari Bumi pertama.

3. Peringatan Hari Bumi ini dianggap sebagai awal dari gerakan lingkungan modern.

4. Acara ini dicetus mantan senator AS, Gaylord Nelson, setelah melihat tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California, pada 1969.

5. Hari Bumi memiliki situs sendiri yang bernama www.earthday.org.

6. Pada 2015, Jaringan Hari Bumi (EDN) meliputi 22 ribu organisasi yang tersebar di 192 negara, menurut situs tersebut.

7. Hari Bumi memiliki bendera sendiri yang, mungkin tidak mengejutkan, terdapat gambar bumi di atasnya.

8. Selain Hari Bumi, Anda dapat merayakan Minggu Bumi dan Bulan Bumi.

9. Bintang Hollywood Leonardo DiCaprio menjadi pembawa acara pada perayaan Hari Bumi 2000, dengan banyak musikus, aktor, dan aktris mengambil bagian dalam acara tersebut selama bertahun-tahun.

10. Hari Bumi memiliki lagu sendiri, diambil dari lagu Ode to Joy-nya Beethoven tapi dengan lirik tentang melindungi planet ini. (Tempo.co)
Baca selengkapnya

Kronologi Kasus Novel Baswedan

Kunjer.com - Novel ditangkap penyidik Badan Reserse Kriminal Polri di rumahnya, Jumat (1/5/2015) dini hari. Surat perintah penangkapan Novel dengan Nomor SP.Kap/19/IV/2015/Dittipidum memerintahkan untuk membawa Novel Baswedan ke kantor polisi.


Surat tersebut memerintahkan untuk segera dilakukan pemeriksaan karena diduga keras melakukan tindak pidana penganiayaan yang mengakibatkan luka berat dan atau seseorang pejabat yang dalam suatu perkara pidana menggunakan sarana paksaan, baik untuk memeras pengakuan maupun untuk mendapat keterangan sebagaimana dimaksud dalam pasal 351 ayat (2) KUHP dan atau pasal 422 KUHP Jo Pasal 52 KUHP yang terjadi di Pantai Panjang Ujung Kota Bengkulu tanggal 18 Februari 2004 atas nama pelapor Yogi Hariyanto.

Surat tertanggal 24 April 2015 itu ditandatangani Direktur Tindak Pidana Umum selaku penyidik Brigadir Jenderal Herry Prastowo. Sedangkan yang menyerahkan surat adalah AKBP Agus Prasetoyono dengan diketahui oleh ketua RT 003 Wisnu B dan ditandatangai pada Jumat, 1 Mei 2015.

Kasus tersebut pernah mencuat saat terjadi konflik KPK vs Polri pada 2012 saat Novel menjadi penyidik korupsi pengadaan alat simulasi roda dua dan roda empat di Korps Lalu Lintas (Korlantas) tahun anggaran 2011 dengan tersangka Inspektur Jenderal Pol Djoko Susilo.

Pada 2004, ada anak buah Novel yang melakukan tindakan di luar hukum yang menyebabkan korban jiwa. Novel yang mengambil alih tanggung jawab anak buahnya dan ia pun sudah mendapat teguran keras.(Metrotvnews.com)
Baca selengkapnya