Senin, 12 Januari 2015

Sengketa Laut Cina Selatan China vs Filipina dan AS

Berita Nusantara - Cina pada Senin (12/1) menyerang balik Filipina, atas kritikan Filipina pada proyek reklamasi Beijing di Laut Cina Selatan. Cina mengatakan, proyek tersebut dilakukan di dalam lingkup kedaulatan Cina.


Kantor berita Reuters melaporkan, Cina telah mengklaim hampir semua wilayah di Luat Cina Selatan yang disengketakan. Wilayah yang diyakini kaya mineral dan cadangan minyak bumi serta gas tersebut juga diklaim oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Taiwan.

Amerika Serikat telah meminta Cina menghentikan proyek reklamasi di wilayah tersebut. Beijing membalas pernyataan Cina dengan menyebutnya sebagai pernyataan yang tak bertanggung jawab. Hal itu menandakan Cina dengan tegas menolak usulan negara manapun, untuk menghentikan akivitas apapun yang dapat meningkatkan ketegangan.

Pekan lalu, Jenderal Filipina Gregorio Catapang mengatakan pada wartawan reklamasi di daerah tersebut telah 50 persen selesai. "Hal ini mengkhawatirkan dalam arti hal itu dapat digunakan untuk tujuam lain selain tujuan damai,"ungkapnya.

Cina menegaskan bahwa Beijing telah memiliki "kedaulatan tak terbantahkan" atas Kepulauan Spratly. Baik Cina maupun Filipina selama ini saling klaim kepemilikan kepulauan tersebut.

"Tindakan Cina di pulau-pulau dan terumbu merupakan tindakan relevan sebab semua hal dalam lingkup kedaulatan Cina," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Hong Lei.

Foto udara dari militer Filipina dan AS mempublikasikan aksi Cina yang tengah mengembangkan sebuah landasan udara di salah satu pulau. Pembangunan konstruksi telah memicu kekhawatiran bahwa Cina mungkin akan mengubah wilayah yang disengketakan menjadi pangkalan militer. (Republika)
Baca selengkapnya

Moeldoko Pamer Prestasi Atas Ditemukannya Black Box AirAsia QZ 8501

Berita Nusantara - Panglima TNI Jenderal Moeldoko memamerkan keberhasilan anak buahnya menemukan puing dan black box pesawat AirAsia QZ 8501. Moeldoko menyebut beberapa penemuan yang dilakukan oleh prajuritnya selama 16 hari pencarian sejak tragedi Ahad, 28 Desember 2014.


"Saya datang pertama, besoknya ketemu ekor. Saya datang kedua, tim bisa angkat ekor. Kedatangan hari ini bisa menemukan ini," kata Moeldoko sambil tersenyum, saat konferensi pers di posko Lapangan Udara Iskandar Pangkalan Bun, Senin, 12 Januari 2015. Ucapan Moeldoko langsung disambut tepuk tangan dari staf yang berbaris di belakangnya.

Moeldoko membanggakan prajuritnya mampu menemukan flight data recorder atau bagian black box pesawat dalam dua minggu. Prajurit, kata dia, tak menghadapi hambatan berarti kecuali cuaca buruk. Hujan deras, angin kencang, dan gelombang tinggi menyebabkan pencarian di kerap tertunda. "Penyelaman tidak kenal waktu, tidak kenal istilah dalam keadaan bahaya," kata dia.

Tim selam TNI Angkatan Laut berhasil mengangkat kotak FDR berwarna oranye pada pukul 07.10 WIB ke kapal Jadayat. Tim lalu memindahkan black box ke KRI Banda Aceh dengan pengamanan yang ketat. Di sana, Moeldoko dan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi Tatang Kurniadi menyaksikan langsung kondisi black box saat pertama kali diangkat.

Seusai pengangkatan, Moeldoko membawa black box berisi flight data recorder dari KRI Banda Aceh ke Lapangan Udara Iskandar Pangkalan Bun. Ia mengumumkan penemuannya sambil menunjukkan sebuah kotak kaca berisi flight data recorder yang terendam air.

Terdapat 81 penyelam TNI Angkatan Laut yang bersiaga menemukan korban, cockpit voice recorder (CVR), puing pesawat AirAsia di tengah Laut Karimata. Moeldoko optimistis prajuritnya akan menemukan CVR dan korban lain dalam waktu dekat. "Hanya menunggu waktu," kata Moeldoko. (Tempo)
Baca selengkapnya

Tanggal 1 Februari Harga BBM Turun, Ini Perkiraan Harganya

Berita Nusantara - PT Pertamina (Persero) memperkirakan harga premium pada 1 Februari 2015 bakal turun hingga di bawah Rp7.000 per liter.


Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang di Jakarta, Senin (12/1/2015), mengatakan harga minyak terus mengalami penurunan.

"Dengan kecenderungan harga yang ada, premium bisa turun lebih dari Rp600 per liter atau menjadi di bawah Rp7.000 per liter," katanya.

Dia mengatakan sejak 25 Desember 2014, harga minyak sekitar 50 dolar AS per barel dan produk bahan bakar minyak (BBM) di Singapura sesuai patokan Platts (MOPS) sekitar 60 dolar per barel.

"Setiap penurunan MOPS sebesar satu dolar per barel, harga BBM bisa turun Rp50. Tapi, tergantung pergerakan kursnya," katanya.

Sesuai Peraturan Menteri No.39/2014, pemerintah per 1 Januari 2015 menurunkan harga premium dari Rp8.500 menjadi Rp7.600 per liter.

Perhitungan harga tersebut mengacu MOPS sebesar US$73 per barel dan kurs Rp12.380 per dolar pada periode 25 November-24 Desember 2014.

Selanjutnya pemerintah akan mengevaluasi harga premium setiap bulan sekali.

Harga premium per 1 Februari 2015 akan memakai asumsi MOPS dan kurs periode 25 Desember 2014 hingga 24 Januari 2015. Ahmad memperkirakan harga minyak mulai naik Maret 2015.

"Namun, kami perkirakan kenaikan masih di bawah 70 dolar per barel," ujarnya.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Naryanto Wagimin mengatakan, harga BBM pada 1 Februari 2015 akan mengalami penurunan menyusul penurunan harga minyak.

Namun, lanjutnya, pemerintah masih menunggu perkembangan MOPS dan kurs hingga 24 Februari 2015 untuk menetapkan harga BBM. "Tunggu saja," katanya. (Bisnis Bandung)
Baca selengkapnya

Ini Kekayaan Ketua MK Baru Arief Hidayat

Berita Nusantara - Arief Hidayat terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi periode dalam rapat permusyawaratan hakim, Senin 12 Januari 2015. Dia menggantikan Hamdan Zoelva, yang telah habis masa jabatannya sebagai ketua pada 7 Januari 2015 lalu.


Arief diketahui terakhir melaporkan kekayaannya kepada KPK pada 23 Januari 2013. Berdasarkan catatan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara pada situs acch.kpk.go.id, dia tercatat mempunyai harta kekayaan sebanyak Rp2,026 miliar.

Kekayaan milik Arief diketahui terdiri dari harta tidak bergerak senilai Rp680,3 Juta. Harta yang berupa tanah dan bangunan itu berada di tiga lokasi di Kota Semarang.

Arief juga tercatat memiliki harta bergerak berupa mobil yakni Toyota Camry, Mazda dan Mitsubishi Pajero Sport, yang memiliki nilai Rp960 juta.  Selain itu, dia juga memiliki harta bergerak lainnya berupa logam mulia senilai Rp146,2 juta dan giro setara kas lain senilai Rp408 juta.

Arief juga diketahui memiliki utang yang terdiri dari pinjaman utang dan barang sebesar Rp168,4 juta.

Guru Besar

Arief Hidayat diketahui mulai menjabat sebagai Hakim Konstitusi 1 April 2013. Guru Besar Universitas Diponegoro itu merupakan Hakim Konstitusi yang berasal dari usulan DPR.

Arief merupakan lulusan Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Diponegoro tahun 2006. Dia pernah menjadi Dekan Fakultas Hukum UNDIP serta pernah menjadi Ketua Program Magister Ilmu Hukum FH UNDIP.

Dia terpilih menjadi Hakim Konstitusi pada tahun 2013 menggantikan Machfud MD. Arief terpilih usai mendapat suara terbanyak melalui sistem voting oleh Komisi III DPR.

Dia sempat menjabat menjadi Wakil Ketua MK periode 2013-2016 mendampingi Hamdan Zoelva. Arief kemudian terpilih secara aklamasi menggantikan Hamdan yang habis masa jabatannya. (Viva)
Baca selengkapnya

Tjahjo Kumolo: Budi Gunawan Trade Recornya Bagus

Berita Nusantara - Politisi senior PDI Perjuangan yang juga menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menilai wajar pilihan calon Kepala Kepolisian Republik Indoneisa yang diajukan Presiden Joko Widodo. Selama calon tersebut diketahui memiliki rekam jejak dan kualitas yang bagus, tak ada alasan untuk menolak pilihan presiden.


"Pengangkatan Kapolri, KSAU, KSAL adalah hak prerogatif presiden. Yang penting bukti-bukti yang presiden punya clean and clear, soal memilih pasti presiden akan memilih yang dia kenal, yang dia tahu," kata Tjaho di kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Senin (12/1).

Menurut Tjahjo, dilibatkan atau tidaknya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga merupakan hak prerogatif presiden. Sepanjang calon Kapolri dinilai berkualitas dan bersih, menurutnya tidak ada yang salah dari calon yang diajukan presiden.

"Pak Sutarman juga ajudan Gus Dur, ngambil dari ajudan sah-sah saja. Ngambil dari ajudan Ibu (Megawati Soekarnoputri) sah-sah aja," ungkap Tjahjo.

Komjen Budi Gunawan, dia melanjutkan, menurut Presiden Jokowi memiliki jejak rekam yang bagus. Bahkan hasil investigasi internal kepolisian juga menunjukkan yang bersangkutan tidak bermasalah.

"Soal Pak BG, dia trade recornya bagus, bisa dicek. Soal ada tuduhan mari kita buktikan, hasil telaah semua clear," ujar Tjahjo.

Presiden Joko Widodo membenarkan jika ia mengajukan Komjen Polisi Budi Gunawan sebagai calon kapolri. Jokowi mengatakan surat ajuannya sudah diserahkan kepada DPR untuk melakukan verifikasi dan uji kelayakan.

"Yang jelas itu kan usulan Kompolnas sudah masuk, nama-nama itu. Ya sudah," kata Jokowi di Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (10/1).

Budi Gunawan saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri. Presiden Jokowi menilai Budi cukup cakap, mampu, dan memenuhi syarat untuk diangkat menjadi kapolri.

Budi Gunawan adalah lulusan Akpol 83 dan merupakan lulusan terbaik peraih penghargaan Adhi Makayasa. Pada saat berpangkat Komisaris Besar (Kombes) Budi Gunawan pernah menjabat sebagai Ajudan Presiden RI di masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri pada 2001-2004. (Republika)
Baca selengkapnya

Tim Densus 88 Kembali Tangkap Seorang Terduga Teroris

Berita Nusantara - Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri kembali menangkap seorang terduga teroris yang terkait jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan DPO Santoso di Poso.


"Senin pagi pukul 07.00 WITA, Densus bekerja sama dengan Polda Sulawesi Tengah menangkap terduga teroris Imran alias Legenda," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divhumas Polri Kombes Pol Agus Rianto, Senin (12/1/2014).

Menurut dia, seperti dikutip Antara, Imran ditangkap tanpa perlawanan di rumahnya di Desa Tabalu, Kecamatan Mapane, Poso, Sulawesi Tengah.

Dalam jaringan MIT, Imran diduga pernah menyembunyikan Santoso dan menyediakan tempat tinggal bagi kelompok MIT.

"Dia juga sebagai kurirnya Santoso dan pernah memfasilitasi pertemuan Santoso dengan istrinya," katanya.

Saat ini penyidik Densus masih mendalami keterlibatan Imran dalam jaringan teroris tersebut.

Dalam tiga hari terakhir ada tujuh orang terduga teroris yang ditangkap petugas Densus 88 di Sulteng dan Sulsel.

Pada Minggu (11/1), Densus 88 membekuk terduga teroris Amirudin alias Aco Tabalu alias Aco Gula Merah alias Bunga Desa di depan Rumah Sakit Umum Poso.

Sementara sehari sebelumnya, Sabtu (10/1), Densus 88 bersama Polda Sulteng juga berhasil menangkap lima terduga teroris yang juga terkait kelompok MIT.

Mereka adalah Ilham Syafii (IS), Saiful Jambi alias Ipul, Rustam alias Ape, Hasan dan istri Hasan yang bernama Ros.

Sementara IS tewas setelah baku tembak dengan tim Densus saat hendak ditangkap. (Kabar24)
Baca selengkapnya

Penemuan Gelang kerang, Perhiasan Kuno Masyarakat Papua

Balai Arkeologi Jayapura, Papua menyatakan pihaknya menemukan perhiasan prasejarah berupa gelang berbahan kerang laut di Kampung Puay, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.


"Gelang kerang ini banyak ditemukan di lereng bukit yang tergerus air Danau Sentani," kata salah satu peneliti Balai Arkeologi Jayapura, Hari Suroto di Kota Jayapura, Senin.

Temuan gelang itu selain berupa gelang utuh, ada juga temuan maupun fragmen, dimana bahan gelangnya dari cangkang kerang laut famili Conidae.

"Jenis kerang ini banyak terdapat di pesisir Samudera Pasifik. Gelang kerang berwarna putih dengan pengerjaan yang halus dan rapi," katanya.

Lebih lanjut, Hari mengemukakan secara geografis Kampung Puay merupakan pertemuan antara muara Danau Sentani dan hulu Sungai Jaifuri.

Menurut informasi warga setempat, gelang kerang itu pada masa prasejarah berfungsi sebagai perhiasan dan mas kawin. "Sangat menarik, temuan gelang kerang laut di Danau Sentani yang berair tawar," katanya.

Keberadaan gelang kerang laut itu, lanjut alumni Universitas Udayana Bali itu membuktikan bahwa pada masa lalu, penduduk di sekitar pesisir Danau Sentani telah melakukan kontak dengan penduduk pesisir Samudera Pasifik yang terletak di wilayah timur, yaitu dengan menyusuri Sungai Jaifuri yang bermuara di Samudera Pasifik.

"Temuan gelang kerang laut ini juga membuktikan cerita rakyat suku Sentani yang menyatakan nenek moyang mereka bermigrasi dari wilayah timur yaitu Vanimo Papua Nugini menuju Danau Sentani pada 2.590 tahun yang lalu," katanya. (Bisnis)
Baca selengkapnya

Ruhut: Selama Masih Penyelidikan Kita Hormati

Berita Nusantara - Anggota Komisi III DPR Ruhut Sitompul yakin pencalonan Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan sebagai Kapolri berlangsung mulus di DPR.‎


Apalagi, Ruhut melihat anggota komisi III DPR yang cukup vokal memberikan dukungan kepada Kepala Lemdikpol Polri itu.

"KMP kita lihat Bambang Soesatyo, dia mendukung. Dari Gerindra Desmon. Para vokalis mendukung. Dari PKS Habib kita Aboebakar Al Habsy, itu kan vokalis Komisi III DPR semua," kata Ruhut di Gedung DPR, Jakarta, Senin (12/1/2015).

‎Ruhut mengatakan calon Kapolri merupakan hak prerogatif presiden. Bila calon‎ yang diajukan ditolak, kata Ruhut, Jokowi berhak mengajukan kembali nama yang sama.

Sedangkan untuk dugaan rekening gendut, Politisi Demokrat itu meminta jangan diarahkan kepada pembunuhan karakter kepada seseorang.

"Kita sama-sama mengetahui, tersangka KPK masih banyak diluar. Selama masih penyelidikan kita hormati, kecuali tersangka," ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada Jumat (9/1) telah mengirimkan surat bernomor R-01/Pres/01/2015 kepada Ketua DPR-RI perihal Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Dalam surat tersebut, Presiden Jokowi memandang Komjen (Pol) Budi Gunawan mampu dan cakap, serta memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. (Tribunnews)
Baca selengkapnya

Daftar Lengkap Nominasi Golden Globe Awards 2015

Berita Nusantara - Golden Globe, salah satu ajang penghargaan bergengsi bagi insan film dan televisi Hollywood, kembali digelar.


Memasuki tahun ke-72, ajang ini akan berlangsung di Beverly Hilton, Beverly Hills, California, AS, Minggu (11/1/2015) atau Senin pagi waktu Indonesia.

Sama seperti tahun sebelumnya, Golden Globe tahun ini masih dipandu oleh duo komedian Tina Fey dan Amy Poehler.

Sejumlah aktor papan atas Hollywood dipastikan akan naik ke panggung untuk mengumumkan nama pemenang. Jennifer Lopez, Kerry Washington, Lupita Nyong'o, Meryl Streep, Colin Firth, dan Jamie Dornan adalah beberapa di antaranya.

Sebelum nama pemenang diumumkan, simak dulu para nominatornya:

Kategori Film

BEST DRAMA (Film Drama Terbaik)

  1. "Boyhood"
  2. "Foxcatcher"
  3. "The Imitation Game"
  4. "Selma"
  5. "The Theory of Everything"


BEST COMEDY OR MUSICAL (Film Komedi atau Musikal Terbaik)

  1. "Birdman"
  2. "The Grand Budapest Hotel"
  3. "Into The Woods"
  4. "Pride"
  5. "St. Vincent"


BEST ACTOR, DRAMA (Aktor Terbaik dalam Film Drama)

  1. Steve Carell, "Foxcatcher"
  2. Benedict Cumberbatch, "The Imitation Game"
  3. Jake Gyllenhaal, "Nightcrawler"
  4. David Oyelowo, "Selma"
  5. Eddie Redmayne, "The Theory of Everything"


BEST ACTRESS, DRAMA (Aktris Terbaik dalam Film Drama)

  1. Jennifer Aniston, "Cake"
  2. Felicity Jones, "The Theory of Everything"
  3. Julianne Moore, "Still Alice"
  4. Rosamund Pike, "Gone Girl"
  5. Reese Witherspoon, "Wild"


BEST ACTOR, COMEDY OR MUSICAL (Aktor Terbaik dalam Film Komedi atau Musikal)

  1. Ralph Fiennes, "The Grand Budapest Hotel"
  2. Michael Keaton, "Birdman"
  3. Bill Murray, "St. Vincent"
  4. Joaquin Phoenix, "Inherent Vice"
  5. Christoph Waltz, "Big Eyes"


BEST ACTRESS, COMEDY OR MUSICAL (Aktris Terbaik dalam Film Komedi atau Musikal)

  1. Amy Adams, "Big Eyes"
  2. Emily Blunt, "Into The Woods"
  3. Helen Mirren, "The Hundred-Foot Journey"
  4. Julianne Moore, "Maps to the Stars"
  5. Quvenzhane Wallis, "Annie"


BEST SUPPORTING ACTOR (Aktor Pendukung Terbaik)

  1. Robert Duvall, "The Judge"
  2. Ethan Hawke, "Boyhood"
  3. Edward Norton, "Birdman"
  4. Mark Ruffalo, "Foxcatcher"
  5. J.K. Simmons, "Whiplash"


BEST SUPPORTING ACTRESS (Aktris Pendukung Terbaik)

  1. Patricia Arquette, "Boyhood"
  2. Jessica Chastain, "A Most Violent Year"
  3. Keira Knightley, "The Imitation Game"
  4. Emma Stone, "Birdman"
  5. Meryl Streep, "Into The Woods"


BEST DIRECTOR (Sutradara Terbaik)

  1. Wes Anderson, "The Grand Budapest Hotel"
  2. Ava Duvernay, "Selma"
  3. David Fincher, "Gone Girl"
  4. Alejandro Gonzalez Inarritu, "Birdman"
  5. Richard Linklater, "Boyhood"


BEST FOREIGN LANGUAGE FILM (Film Bahasa Asing Terbaik)

  1. "Force Majeure Turist," Sweden
  2. "Gett: The Trial of Viviane Amsalem Gett," Israel
  3. "Ida," Poland
  4. "Leviathan," Russia
  5. "Tangerines Mandariinid," Estonia


BEST ANIMATED FILM (Film Animasi Terbaik)

  1. "Big Hero 6"
  2. "The Book of Life"
  3. "The Boxtrolls"
  4. "How to Train Your Dragon 2"
  5. "The Lego Movie"


BEST SCREENPLAY (Skenario Terbaik)

  1. Wes Anderson, "The Grand Budapest Hotel"
  2. Gillian Flynn, "Gone Girl"
  3. Alejandro Gonzalez Inarritu, Nicolas Giacobone, Alexander Dinelaris, Armando Bo, "Birdman"
  4. Richard Linklater, "Boyhood"
  5. Graham Moore, "Imitation Game"


BEST ORIGINAL SCORE (Musik Orisinal Terbaik)

  1. Alexandre Desplat, "The Imitation Game"
  2. Johann Johannsson, "The Theory of Everything"
  3. Trent Reznor, Atticus Ross, "Gone Girl"
  4. Antonio Sanchez, "Birdman"
  5. Hans Zimmer, "Interstellar"


BEST ORIGINAL SONG (Lagu Orisinal Terbaik)

  1. "Big Eyes," for "Big Eyes" - Lana Del Rey
  2. "Glory," for "Selma" - John Legend, Common
  3. "Mercy Is," for "Noah" - Patty Smith, Lenny Kaye
  4. "Opportunity," for "Annie" - Greg Kurstin, Sia Furler, Will Gluck
  5. "Yellow Flicker Beat," for "The Hunger Games: Mockingjay - Part 1" - Lorde


Kategori Televisi

BEST DRAMA SERIES (Serial Drama Terbaik)

  1. "The Affair" - Showtime
  2. "Downton Abbey" - PBS
  3. "Game of Thrones" - HBO
  4. "The Good Wife" - CBS
  5. "House of Cards" - Netflix


BEST COMEDY OR MUSICAL SERIES (Serial Komedi atau Musikal Terbaik)

  1. "Girls" - HBO
  2. "Jane the Virgin" - The CW
  3. "Orange is the New Black" - Netflix
  4. "Silicon Valley" - HBO
  5. "Transparent" - Amazon Instant Video


BEST ACTOR, DRAMA (Aktor Terbaik dalam Serial Drama)

  1. Clive Owen, "The Knick"
  2. Liev Schreiber, "Ray Donovan"
  3. Kevin Spacey, "House of Cards"
  4. James Spader, "Blacklist"
  5. Dominic West, "The Affair"


BEST ACTRESS, DRAMA (Aktris Terbaik dalam Serial Drama)

  1. Claire Danes, "Homeland"
  2. Viola Davis, "How to Get Away With Murder"
  3. Julianna Margulies, "The Good Wife"
  4. Ruth Wilson, "The Affair"
  5. Robin Wright, "House of Cards"


BEST ACTOR, COMEDY (Aktor Terbaik dalam Serial Komedi)

  1. Louis C.K., "Louie"
  2. Don Cheadle, "House of Lies"
  3. Ricky Gervais, "Derek"
  4. William H. Macy, "Shameless"
  5. Jeffrey Tambor, "Transparent"


BEST ACTRESS, COMEDY (Aktris Terbaik dalam Serial Komedi)

  1. Lena Dunham, "Girls"
  2. Edie Falco, "Nurse Jackie"
  3. Julia Louis-Dreyfus, "Veep"
  4. Gina Rodriguez, "Jane the Virgin"
  5. Taylor Schilling, "Orange is the New Black"


BEST TV FILM OR MINISERIES (Film TV atau Miniseri Terbaik)

  1. "Fargo" - FX
  2. "The Missing" - Starz
  3. "The Normal Heart" - HBO
  4. "Olive Kitteridge" - HBO
  5. "True Detective" - HBO


BEST ACTOR, MINISERIES/TELEVISION MOVIE (Aktor Terbaik dalam Film TV/Miniseri)

  1. Martin Freeman, "Fargo"
  2. Woody Harrelson, "True Detective"
  3. Matthew McConaughey, "True Detective"
  4. Mark Ruffalo, "The Normal Heart"
  5. Billy Bob Thornton, "Fargo"


BEST ACTRESS, MINISERIES/TELEVISION MOVIE (Aktris Terbaik dalam Film TV/Miniseri)

  1. Maggie Gyllenhaal, "The Honorable Woman"
  2. Jessica Lange, "American Horror Story: Freak Show"
  3. Frances McDormand, "Olive Kitteridge"
  4. Frances O'Connor, "The Missing"
  5. Allison Tolman, "Fargo"


BEST SUPPORTING ACTOR, TV/MINISERIES/TELEVISION MOVIE (Aktor Pendukung Terbaik dalam Film TV/Miniseri)

  1. Matt Bomer, "The Normal Heart"
  2. Alan Cumming, "The Good Wife"
  3. Colin Hanks, "Fargo"
  4. Bill Murray, "Olive Kitteridge"
  5. Jon Voight, "Ray Donovan"


BEST SUPPORTING ACTRESS, TV/MINISERIES/TELEVISION MOVIE (Aktris Pendukung Terbaik dalam Film TV/Miniseri)

  1. Uzo Aduba, "Orange is the New Black"
  2. Kathy Bates, "American Horror Story: Freak Show"
  3. Joanne Froggatt, "Downton Abbey"
  4. Allison Janney, "Mom"
  5. Michelle Monaghan, "True Detective" (Kompas)
Baca selengkapnya

Ini Penyebab Susi Marah Besar Saat Rapat Koordinasi

Berita Nusantara - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti marah besar saat rapat koordinasi pemberantasan illegal fishing di Gedung BPPT, Jakarta.


Alasan Susi marah adalah, kapal yang terbukti melakukan illegal fishing lepas setelah dilelang oleh Pengadilan Tata Niaga (PTN) setempat.

"Ini yang membuat saya sangat marah," kata Susi dengan nada tinggi.

Susi menjelaskan, kemarahannya disebabkan pelelangan 4 kapal nelayan ikan asal Thailand berkapasitas di atas 200 Gross Ton, yang terbukti menangkap ikan secara ilegal di Utara Sumatera. Kapal tersebut dilelang oleh pengadilan setempat dan dimenangkan oleh seseorang dari Muara Baru, Jakarta.

"Dari awal saya berkeberatan. Jangan sampai ada kapal yang dilelang. Empat kapal di Meulaboh, Aceh keluar tanggal 20 Desember 2014 sudah pergi ke mana dengan harga lelang Rp 400 juta untuk 4 kapal," papar Susi.

Susi yang melakukan kunjungan ke Aceh 18 Desember 2014 sudah mengajukan PK atau Peninjauan Kembali. Sayangnya pengadilan tersebut menolak usulan Susi dan tetap memenangkan orang dari Muara Baru tersebut.

"Tanggal 18 saya ada di Simeuleu dan saya ingin adanya PK atas kapal tersebut. Kemudian kapal ternyata sudah hilang," kata Susi dengan nada kecewa. (Detik Finance)
Baca selengkapnya