Minggu, 11 Januari 2015

Ini Posisi Ditemukannya Black Box Air Asia QZ8501

Berita Nusantara - Black box akhirnya ditemukan oleh tim penyelam TNI AL yang berada dalam salah satu kapal yang menerima sinyal 'ping' di lokasi jatuhnya AirAsia, yaitu KN Jadayat milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyebut lokasi ditemukannya black box berada di 30-32 meter bawah laut.

Black Box Air Asia QZ8501

"Tim penyelam TNI AL yang berada di KN. Jadayat telah berhasil menemukan peralatan yang sangat penting yaitu Black Box Air Asia QZ8501 pada posisi 03.37.21 S atau 109.42.42 E dengan kedalaman sekitar 30-32 meter," kata Ignasius Jonan dalam keterangannya, Minggu (11/1/2015).

Jonan menuturkan, berdasarkan laporan yang diterimanya, black box berada pada himpitan serpihan badan pesawat AirAsia, keadaan ini sangat menyulitkan tim penyelam dalam proses upaya pengambilannya siang tadi.

"Dikarenakan keterbatasan waktu maka diputuskan bahwa proses pengambilan black box akan dilaksanakan esok pagi hari dengan mengeser berlahan-lahan serpihan badan pesawat tersebut. Namun apabila rencana pengeseran ini mengalami kegagalan maka tim akan melaksanakan dengan cara mengangkat serpihan badan pesawat tersebut dengan menggunakan teknik balon seperti yang dilakukan pada ekor pesawat," paparnya.

"Untuk memudahkan pekerjaan selanjutnya, maka tim penyelam TNI AL telah memasang marker buoy (pelampung penanda) kecil yang sebelumnya telah disiapkan di KN. Jadayat," imbuh mantan Dirut PT KAI itu. (Detik)
Baca selengkapnya

Persaingan Ketat Tiga Kandidat Peraih Ballon DOr

Berita Nusantara - Cristiano Ronaldo bersaing ketat dengan Manuel Neuer dan Lionel Messi untuk meraih penghargaan Ballon DOr, di mana upacara penyerahan penghargaan akan digelar di Zurich, Swiss, Senin.


Kekalahan tim nasional Portugal dalam babak penyisihan di grup Piala Dunia 2014 tidak mampu mencegah peluang Ronaldo untuk mengklaim penghargaan pesepak bola pria terbaik di dunia dari FIFA itu.

Bintang Real Madrid itu telah mencetak 61 gol sepanjang musim 2013--2014 dan mengerek klubnya merebut gelar juara dalam Liga Champion, Copa del Rey, Piala Super UEFA, serta Piala Klub Dunia sebelum 2014 berakhir.

Ronaldo juga tercatat mencetak 17 gol dalam Liga Champion musim sebelumnya dan 26 gol di 16 pertandingan La Liga pada musim 2014--2015.

Sementara, Messi sang bintang Barcelona, yang telah meraih piala Ballon DOr selama empat tahun berturut-turut untuk 2009--2012 diprediksi tertinggal dari Ronaldo dan Neuer.

Sebanyak 58 gol dalam 66 pertandingan untuk Barcelona dan tim nasional Argentina pada Piala Dunia 2014 pun dilaporkan AFP belum cukup untuk menantang kedua kandidat lain.

Dukungan mengejutkan datang dari Presiden UEFA Michel Platini untuk Neuer yang mengatakan penjaga gawang asal Jerman itulah yang layak mendapatkan Ballon DOr.

Platini kepada pers pada November menyebut, "Saya telah mengatakan itu empat tahun lalu. Pemain Spanyol harusnya menang Ballon DOr karena Spanyol telah memenangkan Piala Dunia (2010). Tahun ini adalah Jerman." Padahal peraih penghargaan bergengsi pesepak bola internasional pada 2010 diraih Messi yang berasal dari Argentina.

Madrid menyesalkan pernyataan pribadi Platini kepada publik tentang siapa pesepak bola yang pantas meraih Ballon DOr dan berkukuh Ronaldo, "lebih layak dari sebelumnya memenangkan Ballon DOr."

Meskipun demikian, Neuer sebagai satu dari enam pemain Jerman yang maju dalam kandidat peraih Ballon DOr menjadi contoh bagus karena posisinya sebagai penjaga gawang.

Penjaga gawang yang juga pernah meraih penghargaan pesepak bola terbaik dunia adalah Lev Yashin dari Uni Soviet pada 1963. Sedangkan peraih penghargaan pesepak bola terbaik dunia asal Jerman adalah Lothar Matthaeus pada 1990.

Diego Maradona dan peraih Ballon DOr 2004 Andriy Shevchenko telah memberikan dukungan untuk Neuer, sedangkan pelatih Jerman Joachim Loew mengatakan, "Pilihan lain selain Neuer akan mengecewakan saya."

Namun, Neuer justru merasa berhati-hati dengan sejumlah dukungan kepadanya menyusul kekalahan kolega sesama Bayern Munich Franck Ribery yang gagal meraih Ballon DOr 2013.

"Saya pasti bukan favorit," kata Neuer kepada surat kabar Jerman.

"Dua calon lain adalah merek internasional, mereka telah meraih keuntungan," kata Neuer. (Bisnis Indonesia)
Baca selengkapnya

Kondisi Fariz RM Dalam Masa Rehabilitasi

Berita Nusantara - Fariz Rustam Munaf alias Faris RM, tengah menjalani rehabilitasi ketergantungan narkoba di Natura Panti Rehab Ketergantungan Obat, Jalan Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.


Selama Empat hari menjalani proses rehabilitasi, kondisi pelantun lagu "Sakura" tersebut berangsur membaik.

"Ya, saat ini sedang menjalani rehabilitasi. Kondisinya baik, semakin segar dan sehat," ujar pengacara Fariz RM, Syafrie Noer saat dihubungi wartawan, Minggu (11/1/2014).

Dikatakan Syafrie, meski menjalani rehabilitasi, proses hukum kliennya terkait kepemilikan dan penyalahgunaan narkotika tetap berjalan. Rehabilitasi pun dipindahkan ke Lebak Bulus agar lebih dekat dengan penyidik untuk menjalani proses pemeriksaan.

"Proses hukumnya tetap berjalan. Mengapa dipindahkan ke panti di Lebak Bulus, ya supaya dekat dengan penyidik kalau ada pemeriksaan," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul mengatakan bahwa, musisi senior tersebut direhabilitasi karena ada beberapa tingkah laku dari yang bersangkutan patut diduga menderita sakit akibat narkotika alias sakau.

"Setelah dipanggil psikolog dan dokter, memang harus direhabilitasi. Namun, proses hukumnya tetap berjalan," katanya beberapa waktu lalu.

Sebelumnya diketahui, Polres Jaksel menangkap Fariz di kediamannya di Jalan Camar 11 Blok BE 4 Bintaro Jaya, Tangerang Selatan pukul 02.00 WIB dini hari, Selasa 6 Januari. Saat ditangkap, Fariz sedang bermain gitar sambil menghisap ganja.

Musisi yang berjaya di era 80-an ini pun saat menjalani tes narkoba diketahui positif menggunakan tiga jenis narkoba, yaitu heroin, ganja dan shabu. Karenanya, Fariz dikenakan tiga pasal dalam UU Nomor 35 Tahun 2009 yaitu Pasal 111 soal kepemilikan ganja, Pasal 112 soal kepemilikan heroin dan Pasal 114 tentang penguasaan narkoba. (Metrotvnews)
Baca selengkapnya

Ini Klarifikasi Hasil Audit Pelanggaran Izin Rute Penerbangan

Berita Nusantara - Kementerian Perhubungan meralat hasil audit terkait pelanggaran izin rute penerbangan, dengan dua maskapai dinyatakan telah memiliki izin rute dari yang sebelumnya lima yang disebut tidak memiliki izin rute.


Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhun JA Barata dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa kedua maskapai tersebut telah mengklarifikasi temuan tim Audit dan Evaluasi Pelaksanaan Rute Penerbangan Maskapai Nasional.

"Dua dari lima Perusahaan Penerbangan yang pada Jumat sore dinyatakan melakukan pelanggaran ketentuan izin rute atau jadwal penerbangan, telah melakukan konfirmasi kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Kedua Perusahaan tersebut adalah PT TransNusa Aviation Mandiri dan PT Garuda Indonesia (Tbk)," katanya.

Barata menjelaskan TransNusa Air yang dalam Jumpa Pers Kemenhub Jumat (9/1) sore dinyatakan melakukan satu pelanggaran, pada malam harinya PT TransNusa Aviation Mandiri langsung mengkonfirmasi bahwa penerbangan TransNusa Air untuk rute Denpasar-Labuan Bajo (DPS-LBJ) pp setiap hari telah memenuhi persyaratan perijinan secara lengkap dan sah.

"Klarifikasi Trans Nusa ini juga telah dibenarkan oleh pihak Tim Audit dan Evaluasi Pelaksanaan Rute Penerbangan Maskapai Nasional," katanya.

Dia menambahkan kekeliruan sempat terjadi karena perizinan rute TransNusa awalnya diketahui hanya memiliki persetujuan izin rute 1, 2, 3, 4, 6, dan 7. Namun belakangan diketahui bahwa ternyata TransNusa juga memiliki persetujuan izin rute lima yang dokumennya secara terpisah.

"Dengan demikian, TransNusa dalam penerbangannya setiap hari pada rute Denpasar-Labuanbajo pp, dinyatakan tidak melakukan pelanggaran," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, PT Garuda Indonesia (Tbk) juga dengan segera telah mengklarifikasi hasil temuan Tim Audit dan Evaluasi Pelaksanaan Rute Penerbangan Airline Nasional yang menyatakan ada empat penerbangan Garuda Indonesia yang melanggar ketentuan perizinan.

Barata menyebutkan empat penerbangan dimaksud adalah penerbangan Makassar-Medan-Jeddah PP, yang menggunakan nomor penerbangan sebagai berikut, sektor Makassar-Medan sebagai GA-626, dan sektor Medan-Jeddah sebagai GA986, sektor Jeddah-Medan sebagai GA-987, dan sektor Medan-Makassar sebagai GA-627.

"Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa Penerbangan Garuda Indonesia rute Makassar-Medan-Jeddah yang seharusnya sudah dioperasikan menggunakan satu nomor penerbangan, namun masih menggunakan dua nomor penerbangan dan hal ini dinilai telah melanggar perizinan.

Untuk itu, dia menambahkan, pihak Garuda Indonesia saat ini telah menyatukan nomor penerbangan tersebut.

"Berdasarkan keputusan adanya pelanggaran dari Kementerian Perhubungan, pada Jumat malam (9/1) pihak Garuda Indonesia segera melakukan langkah perbaikan, dan sesuai izin/persetujuan yang diberikan Kementerian Perhubungan," katanya.

Selanjutnya, dia menyatakan, penerbangan tersebut beroperasi dengan satu nomor penerbangan, yaitu GA-986 (rute Makassar-Medan- Jeddah), dan GA-987 (rute Jeddah-Medan-Makassar).

"Dengan klarifikasi dan pembetulan yang telah dilakukan antara Kementerian Perhubungan dengan pihak maskapai TransNusa Air dan Garuda Indonesia, maka catatan atas Hasil Audit dan Evaluasi Pelaksanaan Rute Penerbangan Maskapai Nasional akan ditambahkan dengan pembetulan ini," katanya.

Lima maskapai yang pada Jumat lalu (9/1/15) dinyatakan melanggar izin rute meliputri Garuda Indonesia empat pelanggaran, Lion Air 35 pelanggaran, Wings Air empat pelanggaran, Trans Nusa satu pelanggaran, dan Susi Air tiga pelanggaran. (Antara)
Baca selengkapnya

Tiga Sahabat Sama Kuat, Trofeo Persija Tanpa Pemenang

Berita Nusantara - Turnamen tahunan Trofeo Persija kali ini tidak melahirkan pemenang. Sebab ketiga peserta, Persija Jakarta, Sriwijaya FC, dan Arema Cronus memiliki poin sama setelah saling berhadapan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Ahad (11/1).


Di partai pertama, Sriwijaya FC sukses mengalahkan Persija Jakarta lewat adu penalti. Tapi Laskar Wong Kito kemudian dikalahkkan Arema Cronus lewat tos-tosan. Pada partai terakhir, giliran Persija yang mampu memetik kemenangan dari Singo Edan, juga melalu adu penalti. 

Pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan mengaku puas dengan dua pertandingan tersebut. Meskipun masih banyak kekuarang yang harus dibenahi sebelum Indonesia Super League (ISL) bergulir. Di antaranya, jauhnya jarak antarlini, baik lini belakang dengan lini tengah, ataupun lini tengah dengan lini depan.

"Ya ini akan menjadi PR buat kami, anak-anak masih belum bisa menyerang secara efektif, sehingga lini depan pun kesulitan mendapatkan peluang matang," jelas mantan pelatih Persebaya Suarabaya itu.

Kedati demikian Rahmad memuji pertahanan yang diperagakan para pemainnya. Pelatih yang kerap disapa RD itu, menilai lini belakang Persija mengalami kemajuan dibanding saat uji coba melawan Martapura FC beberapa waktu lalu. Namun saat menyerang skuat Persija masih belum menemukan gaya menyerang yang tepat, masih selalu mengandalkan kedua sayap.

Sementara arsitek Arema Cronus, Suharno juga merasa puas dengan penampilan anak asuhnya. Hanya penyelesain akhir masih belum efektif. Suharno mengaku dapat memetik pelajaran dari turnamen segi tiga tersebut.
Baca selengkapnya

SD Card NFC, Teknologi Canggih Terbaru Dari Toshiba

Berita Nusantara - Setelah banyak diterapkan di kamera digital Near Field Communication (NFC) kini merambah ke kartu memori. Produk SD card pertama yang dibekali teknologi tersebut minggu ini diperkenalkan oleh Toshiba.


Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari PetaPixel, Jumat (9/1/2014) SD Card NFC Toshiba memungkinkan pengguna dengan mudah mengintip foto-foto apa saja yang tersimpan dalam kartu memori bersangkutan, tanpa perlu memakai card reader ataupun kamera digital.

Caranya, cukup dengan mendekatkan kartu memori dengan smartphone, lalu membuka aplikasi "Memory Card Preview" dari Toshiba.

Ponsel pintar Android yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC pun secara otomatis akan menampilkan 16 thumbnail dari foto yang tersimpan di dalam kartu memori SD card NFC.

Selain itu, aplikasi Memory Card Preview juga akan menampilkan besarnya ruang kosong yang masih tersisa di SD Card NFC.

Teknologi ini diharapkan bisa mempermudah fotografer yang kerap bingung soal di kartu memori mana sebuah foto tersimpan.

Meski belum menyebutkan harga, Toshiba berencana memasarkan kartu memori SD Card NFC buatannya mulai Februari mendatang, dengan pilihan kapasitas 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. Aplikasi Android Memory Card Preview akan disalurkan ke Google Play dalam waktu yang sama. (Kompas Tekno)
Baca selengkapnya

Soal Rekening Gendut Calon Kapolri

Berita Nusantara - Anggota Komisi I TB Hasanuddin menyebut Komjen Pol Budi Gunawan laik menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Sutarman. Budi menjadi satu-satunya nama yang dipercaya Presiden Joko Widodo untuk ditunjuk memimpin Kepolisian Republik Indonesia. Itu pula yang menjadi alasan Hasanuddin menilai Budi cocok menduduki jabatan itu.


"Pertama, Komjen Pol Budi Gunawan adalah salah satu dari lima calon yang diajukan Kompolnas. Dipastikan Kompolnas tidak asal-asalan mengajukannya, tetapi telah melalui tahap seleksi yang ketat," kata Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin melalui keterangan terulis Ahad (11/1/2015).

Dari lima calon yang diajukan Kompolnas, Jokowi memiliki hak prerogatif menunjuk satu nama. Nama tersebut diserahkan kepada DPR untuk mendapatkan pesetujuan. Prosedur ini sesuai dengan Pasal 11 ayat (1) UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian.

"Sekali lagi, tidak ada aturan yang dilanggar oleh Presiden," tegas Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini.

Merespons isu rekening gendut yang melibatkan Budi Gunawan, TB Hasanuddin menilai hal tersebut cenderung subjektif.

"Isu soal rekening gendut itu, sesungguhnya sudah sejak lama telah diklarifikasi oleh Kapolri Cq Kabareskrim Polri dan Irwas Polri termasuk Kompolnas saat seleksi tersebut. Jadi dianggap sudah selesai masalahnya," ungkap dia. (Metrotvnews(
Baca selengkapnya

Laporan Pertandingan Real Madrid 3 - 0 Espanyol

Berita Nusantara - Pemuncak klasemen sementara Real Madrid melibas Espanyol tiga gol tanpa balas di Stadion Santiago Bernabeu pada lanjutan La Liga Spanyol, Sabtu (10/1/2014).


Madrid hampir unggul terlebih dahulu di menit ke-10 andai tembakan Karim Benzema tak membentur tiang gawang Espanyol yang dikawal Kiko Casilla.

Menit ke-11, Gareth Bale memberikan umpan lambung ke jantung pertahanan Espanyol yang diterima dengan baik oleh Cristiano Ronaldo. Ronaldo yang berada di sisi kiri gawang Espanyol, meneruskan umpan tarik yang di selesaikan langsung oleh James Rodriguez lewat sepakan kaki kiri mendatarnya. 1-0 Real Madrid unggul sementara.

Menit 27, Karim Benzema yang coba menerobos pertahanan Espanyol harus dilanggar pemain Espanyol, Juan Fuentes dan langsung diganjar kartu kuning oleh wasit.

Gareth Bale yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses melaksanakan tugasnya. Bale melakukan eksekusi bola mati dengan kaki kiri yang sensasional. Sepakan Bale melewati pagar hidup dan deras masuk ke gawang Casilla. Los Blancos memperlebar keunggulan 2-0 atas Espanyol.

Espanyol merespon ketertinggalan lewat serangan kilat menit ke-30. Tendangan keras Sergio Garcia ke arah gawang Madrid masih bisa diselamatkan oleh Iker Casillas.

Madrid terus menekan lewat trisula mereka Ronaldo, Bale, dan Benzema. Terbukti Ronaldo sempat memberikan ancaman lewat tusukan di sisi kiri. Namun, sepakan keras Ronaldo yang langsung mengarah ke gawang berhasil diamankan Casilla. Hingga peluit babak pertama berbunyi belum ada gol tercipta kembali. Madrid masih unggul sementara atas Espanyol dengan skor 2-0.

Pada babak kedua, Garcia membuka peluang bagi Espanyol. Umpan terukur dari Arbilla gagal dimanfaatkan oleh Garcia untuk menghasilkan gol.

Menit ke-52 terjadi benturan mengerikan antara Fabio Coentrao dan Canas. Mereka saling mencoba menghentikan bola dengan tackling, namun malah berbenturan satu sama lain. Wasit melihat kejadian tersebut sebagai pelanggaran bagi Coentrao sehingga dirinya diganjar kartu merah. Ronaldo yang coba memprotes keputusan wasit justru diganjar kartu kuning.

Unggul dua gol, Madrid mencoba bermain bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik dan memperkuat lini tengah. Menit ke-57, Espanyol sebenarnya dapat memperkecil ketinggalan mereka andai wasit memberikan penalti.

Isco yang membantu pertahanan Madrid terlihat menyentuh bola dengan tangan. Namun wasit melihat itu bukan merupakan handsball. Justru pemain Espanyol, Victor Sanchez Mata yang diganjar kartu kuning akibat memprotes wasit.

Madrid berhasil memperbesar kemenangan mereka menjadi 3-0 lewat gol pemain pengganti, Nacho Fernandez. Berawal dari pergerakan Arbeloa di sisi kiri pertahanan Espanyol. Dirinya mengirimkan umpan yang tak bisa diantisipasi siapapun kecuali Nacho. Bek muda Madrid tersebut langsung melesakkan tembakan keras ke gawang Espanyol dan menambah keunggulan timnya.

Kredit khusus untuk pasukan Madrid, meski bermain dengan sepuluh orang pemain mereka tak panik dan justru masih mampu menyulitkan pertahanan tim tamu. Hingga peluit tanda pertandingan berakhir, Madrid tetap unggul dengan skor 3-0 atas Espanyol.

Dengan hasil ini, pasukan Carlo Ancelotti tetap memimpin klasemen sementara La Liga dengan poin 42, unggul empat poin dari pesaing utama mereka, Barcelona. Sementara Espanyol harus puas berada di posisi sepuluh dengan raihan poin 20.

Susunan pemain :

Real Madrid (4-3-3): Casillas; Arbeloa, Pepe, Varane, Coentrao; James, Kroos, Isco; Bale, Benzema, Ronaldo.

Espanyol (4-3-3): Casilla; Arbilla, Colotto, Alvaro, Fuentes; Canas, Joan, Sanchez; Sergio Garcia, Caicedo, Montanes. (Metrotvnews)
Baca selengkapnya