Sabtu, 10 Januari 2015

Jenazah Korban AirAsia QZ 8501 Ditemukan Utuh

Berita Nusantara - Pada hari kesebelas pencarian korban dan pesawat AirAsia QZ 8501, ditemukan satu jenazah yang menggenapkan menjadi 40 jenazah korban yang ditemukan oleh tim yang dikomando oleh Basarnas tersebut.


Kedatangan jenazah yang ke-40 sekitar pukul 17.00 di Rumah Sakit Sultan Imanuddin (RSSI) Pangakalan Bun, Kalimantan Tengah. Para awak media sontak mendatangi ambulans yang membawa jenazah tersebut.

Belum habis rasa kaget, para awak media kembali dikagetkan dengan jenazah yang baru tiba tersebut. Bagaimana tidak, jenazah korban dibawa kali ini berbeda dengan puluhan jenazah sebelumnya.

Jika puluhan jenazah yang ditemukan hingga hari kesepuluh, kondisinya rata-rata sangat memprihatinkan karena telah membusuk dan sebagian di antaranya ada yang tidak utuh lagi. Maka jenazah yang baru dibawa ke Pangkalan Bun menggunakan helikopter tersebut, kondisinya masih lengkap.

Tidak hanya lengkap, ajaibnya, saat petugas melakukan pembersihan jenazah korban yang diketahui berjenis kelamin laki-laki itu ternyata kondisinya masih baik dan tidak membusuk. Pakaian yang dipergunakan pun masih utuh.

Saat wartawan menanyakan hal tersebut kepada Koordinator Tim DVI Polri di RSSI, Kombes Hariyanto, mengakui jenazah yang baru pihaknya terima masih dalam kondisi baik.

“Kami hanya menerima saja. Kondisinya memang masih baik,” kata Hariyanto yang dilansir JPNN.

Saat ini, Tim SAR sembari menunggu arahan kapan akan diterbangkan ke Surabaya, jenazah korban tersebut disimpan sementara di tempat pendingin (cold storage). (JPNN)

Baca selengkapnya

Ini Latar Belakang Megawati Nyalon Ketum PDIP Lagi

Berita Nusantara - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan menerima dengan baik keinginan dari para kader partai yang meminta dirinya untuk melanjutkan kepemimpinan di PDI Perjuangan pada periode 2015-2020.


"Permintaan tersebut disampaikan dan menjadi salah satu keputusan pada Rapimnas IV PDI Perjuangan. Dengan penuh haru menerima aspirasi tersebut," kata Megawati Soekarnoputri saat pidato pada peringatan HUT ke-42 PDI Perjuangan, di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (10/1/2015).

Hadir pada peringatan HUT ke-42 PDI Perjuangan, adalah Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal dari beberapa partai politik, tamu undangan lainnya, serta jajaran pengurus dan kader PDI Perjuangan.

Menurut Megawati, tahun 2015 akan menjadi tahun pembuktian terhadap kebijakan kepemimpinan nasional yang baru. "Kita semua memahami, persoalan yang dihadapi bangsa ke depan tidak ringan," katanya.

Presiden Republik Indonesia kelima ini menilai, persoalan yang paling mengkhawatirkannya adalah konflik yang terjadi antara TNI dan Polri.

Konflik ini, kata dia, telah merobek simbol persatuan dan kekuatan bangsa. "TNI dan Polri diberikan kehormatan menyandang nama Indonesia, yakni ada kata Republik Indonesia, yang melekat pada nama lembaganya," katanya.

Megawati menegaskan dirinya menghormati lembaga TNI dan Polri sebagai lembaga negara yang menjaga keamanan dan ketertiban bangsa dan negara," katanya.

Megawati menambahkan PDI Perjuangan disatukan oleh harapan untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, dengan keberagaman budaya dari Sabang hingga Merauke. Cita-cita politik Trisakti itu, kata dia, berakar kuat pada Pancasila, sebagai dasar dan tujuan bernegara.

Dengan persatuan cita-cita politik rakyat itu, kata dia, PDI Perjuangan meraih kemenangan pada pemilu legislatif dan pemilu presiden 2014, sesungguhnya adalah kemenangan bagi seluruh rakyat Indonesia yang menginginkan adanya perubahan. (Bisnis.com)
Baca selengkapnya

Tabrakan, Polantas Keroyok Sopir Angkot

Berita Nusantara - Pemukulan terhadap anggota polisi oleh sopir angkutan kota (angkot) kembali terjadi. Kali ini anggota Satuan Lalu Lintas Polresta Bandar Lampung Brigadir Dodi menjadi korban. Dodi dipukuli oleh sopir angkot jurusan Tanjungkarang Telukbetung, pada Sabtu (10/1/2015) siang.


Dari pantauan Tribunlampung.co.id di Polresta Bandar Lampung, polisi sudah menangkap tiga orang yang diduga memukuli Dodi. Informasi yang beredar, pemukulan dilatarbelakangi tabrakan antara anggota polisi dengan sopir angkot. (Tribun Lampung)
Baca selengkapnya

Arogansi Pemain Bintang Barcelona Terungkap

Berita Nusantara - Suasana kubu Barcelona saat ini terlihat kurang harmonis, terutama banyaknya kabar negatif mengenai pemain bintangnya, Lionel Messi. Baru-baru ini mantan pelatih Barcelona, Geraldo "Tata" Martino pun turut mengungkapkan mengenai arogansi Messi saat ia menukangi Blagurana.


Saat di Barcelona, Tata sempat dianggap akan menjadi 'teman dekat' Messi karena pernah menangani Newell's old Boy. Ia yakin jika dirinya bisa sejalan dengan Messi.

Namun semua tidak berjalan sesuai rencana, selama di Barcelona Tata merasa jika ia harus tunduk kepada keinginan Messi. Hal itu ia ungkapkan kepada salah satu media di Spanyol, el Periodico. Dirinya mengungkapkan jika dirinya sampai harus meminta Messi untuk tidak bertingkah seperti bos setiap harinya.

"Saya tahu kamu adalah bosnya disini, kamu adalah bintang utama. Saya juga tahu jika kamu mau, kamu bisa menelepon Presiden Barcelona untuk memecat saya. Tapi tolong, kamu tidak perlu menunjukan sikap seperti itu setiap hari," kenang Tata mengenai sikap Messi.

Kali ini Messi juga dianggap memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan pelatih Luis Enrique, dirinya absen dalam sesi latihan setelah menjadi pemain cadangan di laga melawan Real Sociedad. (Metrotvnews)
Baca selengkapnya

Karena Nyetir Ugal-Ugalan, Balotelli 18 Kali Kena Tilang

Berita Nusantara - Penggawa Liverpool, Mario Balotelli kembali berurusan dengan pihak berwajib di negara asalnya, Italia. Kali ini "si bengal" kedapatan menyetir ugal-ugalan di jalan raya Italia dengan kecepatan 200 kilometer per jam.


Balotelli mendapatkan total 18 kali tilang karena melewati batas kecepatan yang ditentukan. Usut punya usut, ternyata kumpulan surat tilang tersebut sudah didapatnya sejak 2012 hingga 2013 dan belum terbayarkan hingga sekarang.

Pengadilan tinggi Bergamo menyebutkan bahwa jumlah yang harus dibayar Super Mario adalah sebesar Rp150 juta atau setara dengan 10 ribu Euro. Balotelli pun membantah kabar bahwa ia enggan membayar hukuman yang ditujukan kepadanya.

Menurutnya, surat tilang tersebut datang saat dirinya bermain untuk Manchester City. Namun dalam kurun waktu tersebut dirinya mengaku tak menerima surat tilang. Balotelli memang dikenal hobi mengoleksi mobil-mobil sport. Audi R8, Porsche Spyder, dan Ferarri F12 Berlinetta merupakan beberapa koleksi tunggangan Super Mario.

Kini penyerang 24 tahun telah kembali berada di Inggris dan berkarier bersama The Reds. Tetapi karena gagal memenuhi ekspektasi kemungkinan besar ia akan dilego ke Olympiakos atau Paris Saint-Germain. (Metrotvnews)
Baca selengkapnya

Alasan Johan Budi Enggan Menjadi Jubir Presiden

Berita Nusantara - Deputi Pencegahan KPK, Johan Budi, mengisyaratkan bahwa dirinya tidak ingin bergabung dengan Istana Kepresidenan untuk menjadi Juru Bicara Presiden Joko Widodo atau Jokowi.


Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan bahwa pihaknya tengah menyusun daftar nama calon Juru Bicara Presiden Jokowi. Pratikno juga menuturkan bahwa pihaknya tertarik dengan sosok Johan Budi yang telah lama menjadi Juru Bicara KPK dan telah memasukkan nama Johan Budi di dalam daftar nama calon Juru Bicara KPK.

"Tentu saja saya masih perlu berpikir," tutur Johan di kantornya, Sabtu (10/1/2015).

Menurut Johan, dirinya hanya ingin bekerja untuk KPK, karena KPK dan Johan Budi memiliki sejarah yang panjang sampai saat ini. Johan juga menegaskan, kendati tawaran untuk menjadi Jubir Presidenan menarik, namun Johan tidak mau langsung mengikuti proses seleksi calon Jubir tersebut.

"Karena hubungan saya dengan KPK ini sangat penuh historis dan tentu tidak serta merta mengiyakan juga," kata Johan.

Johan mengatakan bahwa sampai saat ini dirinya masih belum dapat konfirmasi dari pihak istana terkait dengan tawaran untuk menjadi Jubir Presiden tersebut. Kendati namanya akan dimasukkan dalam calon Jubir Presiden.

"Sampai hari ini secara resmi saya belum pernah dihubungi oleh pihak Istana mengenai adanya pemberitaan bahwa saya akan menjadi Jubir negara Pak Jokowi," tukas Johan. (Kabar24)
Baca selengkapnya

Ini Obrolan Antara Syahrini Dengan Paris Hilton

Berita Nusanatara - Penyanyi Syahrini beberapa waktu lalu sempat mengunggah fotonya tengah berpose dengan aktris Hollywood, Paris Hilton, di akun instagram @Prinessyahrini.


Ia juga mengunggah videonya tengah berbincang dengan Paris di sebuah hotel di Las Vegas. Selain itu, ia juga mengunggah foto dan videonya dengan seorang DJ asal Belanda, Afrojack dan juga Dash Berlin. Di masa liburannya, sepertinya penyanyi Syahrini semakin 'akrab' dengan seleb-seleb kelas dunia?

"Aku dan Paris Hilton kebetulan menginap di hotel yang sama. Ada Dash Berlin juga, kalau itu sudah kenal dari tahun sebelumnya. Ada Afrojack juga, dia juga nginep di situ, nonton acara bareng ketemu, jadi lebih akrab lah," ujar Syahrini di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (8/1/2015).

Syahrini pun membeberkan obrolannya dengan para seleb kelas dunia itu.

"Kalau (ngobrol) sama Dash, dia lagi tur album baru, insya Allah kita penginnya ada kerjasama, kolaborasi musik. Kalau sama Afrojack, dia Januari mau datang ke Bali, Paris juga katanya mau datang ke Bali Januari ini," kata Syahrini.

"Karena satu hotel, aku juga sering ketemu sama dia (Paris Hilton), nonton bareng acara musik," kata Syahrini.

Syahrini menceritakan, saking seringnya mereka jalan bareng, pemilik jargon 'Sesuatu' itu mengaku akrab dengan Paris Hilton. "Sering keluar bareng, foto bareng, jadi lebih akrab lah," katanya lagi.

Saat berbincang dengan Paris Hilton, Syahrini mengaku selalu menceritakan tentang keindahan Indonesia.  "Paris juga mau datang ke Indonesia, aku ceritain Indonesia dan dia juga tahu Indonesia," ungkap Syahrini. (Metrotvnews)
Baca selengkapnya

Ini Alasan Kenapa Black Box Belum Bisa Diangkat

Berita Nusanatara - Hingga pencarian hari ke-13, tim SAR gabungan belum bisa mengangkat ekor pesawat dari dasar laut. Tim penyelam juga belum bisa mencapai beberapa objek yang tersebar di sekitar area ditemukannya serpihan besar bagian badan pesawat.


Direktur Operasional Basarnas Pangkalan Bun Supriyadi menyatakan bahwa kendala utama adalah kondisi bawah air yang masih menyulitkan penyelam. "Salah satu kendalanya pencarian bawah laut, ada indikasi didapatkan beberapa kapal dari beberapa objek di sekitar ekor pesawat, tapi itu belum teridentifikasi secara pasti karena penyelam belum bisa menyelam dengan kedalaman yang kita maksud," katanya, Sabtu (10/1).

Supriyadi menyatakan, ada indikasi keberadaan kotak hitam terlempar sejauh satu kilometer dari ekor pesawat. Hal itu diketahui dari sinyal yang dideteksi oleh KRI Jadayat yang menangkap sinyal ULB yang terpasang di kotak hitam.

Namun, sekali lagi Supriyadi menerangkan bahwa penyelam belum bisa menyelam ke dasar laut sedalam 30 meter dikarenakan arus laut yang kencang sehingga membuat jarak pandang menjadi hanya satu meter. Jarak pandang yang rendah ini diakibatkan oleh lumpur yang ikut terangkat oleh arus.

Meski begitu, beberapa kapal standby melakukan penyelaman, seperti KRI Jadayat yang di sana telah ada 14 penyelam marinir yang siap menyelam. "Kita tunggu esok hari semoga kondisi baik sehingga bisa dilakukan penyelaman," ujarnya. (Republika)
Baca selengkapnya

Ini Penyebab Harga APP Store Naik

Apple mengawali tahun baru 2015 ini dengan menaikkan sejumlah harga minimum aplikasi yang tersedia di App Store di beberapa regional. Kenaikan pajak dan fluktuasi harga dolar terhadap mata uang lokal adalah penyebabnya.


Seperti yang terjadi di Uni Eropa dan Kanada, pengguna iDevice di regional tersebut akan menemui kenyataan bahwa harga aplikasi di App Store akan lebih mahal dari semula.

Seperti dikutip detikINET dari Engadget, Sabtu (10/1/2015), peningkatan ini terjadi rata-rata mulai dari 10 sen untuk setiap harga minimumnya. Misalnya, aplikasi yang biasanya USD 0,99 kini menjadi USD 1,99.

Ketentuan baru ini sendiri sudah dikabari oleh Apple melalui laman resminya kepada sejumlah pengembang.

Sejauh ini tidak ada komplain berarti dari kenaikan tersebut. Namun, ini bukanlah kenaikan harga aplikasi yang pertama dilakukan oleh Apple, sebelumnya di awal 2014, Apple pernah melakukannya.

Tidak diketahui juga, apakah Indonesia akan turut serta dalam kenaikan harga sejumlah aplikasi mengingat fluktuasi mata uang di tanah air cukup labil. (Detik Inet)
Baca selengkapnya

Pengadilan AS Vonis Ulama Seumur Hidup

Berita Nusanatara - Ulama radikal Abu Hamza al-Masri dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh pengadilan di New York AS dalam kasus terorisme.


Pada bulan Mei lalu Abu Hamza al-Masri divonis dengan beberapa dakwaan, yang antara lain termasuk penyanderaan dan perencanaan mendirikan kamp pelatihan terorisme di Amerika Serikat.

Selama persidangan, pengacara Abu Hamza meminta hakim untuk mempertimbangkan kondisi kliennya yang kehilangan tangan dan mata.

Dalam sidang juga diperdebatkan rencana untuk memenjarakan Abu Hamza di penjara federal Supermax di Colorado yang disebut dapat melanggar jaminan yang disampaikan AS, kepada hakim di London ketika proses ekstradisi pada 2012 lalu.

Tetapi jaksa mengatakan pemerintah AS tak pernah menjanjikan apapun kepada Inggris dan menyebutkan penjara seumur hidup merupakan hukuman yang tepat bagi Abu Hamza.

Pengadilan terhadap Abu Hamza al-Masri dilakukan setelah proses ekstradisi panjang dari Inggris.
'Barbar dan sesat'

Hakim Katherine Forrest menyebut tindakan Abu Hamza sebagai "barbar" dan "sesat" dan mengatakan ia akan menuntut hukuman penjara seumur hidup karena tidak akan ada waktu yang aman untuk membebaskannya.

Forrest menambahkan bahwa keputusan mengenai lokasi penjara bagi Abu Hamza akan ditentukan oleh petugas penjara federal.

Setelah perselisihan hukum yang memakan waktu , keputusan itu diambil di ruang sidang AS yang berdekatan dengan lokasi bekas Menara Kembar.

Sang ulama yang bertahun-tahun menyampaikan khotbah yang berisi kebencian dan kekerasan kali ini cenderung diam.

Dia berbicara lirih meminta keringanan hukuman. Dia pun menegaskan tidak bersalah dan mengeluhkan perlakukan yang diterimanya selama di penjara.

Hakim membacakan nama empat wisatawan Inggris yang tewas dalam penculikan Yaman pada tahun 1998 dan menjelaskan tindakan Abu Hamza sebagai barbar.

Mantan penjaga klub malam yang ganti haluan menjadi ulama ekstremis tersebut kemudian divonis untuk menghabiskan sisa hidupnya dalam penjara.

Departemen Kehakiman AS menyetujui hukuman tersebut.

Asisten Jaksa Agung untuk Keamanan Nasional John Carlin mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dengan hukuman ini, Abu Hamza membayar tanggung jawabnya atas dukungannya terhadap terorisme dan para teroris.

Ulama yang lahir dengan nama Mustafa Kamel Mustafa itu dihukum Mei lalu di New York dengan 11 tuduhan, termasuk keterlibatan dalam komplotan untuk menyandera turis Barat di Yaman pada tahun 1998.

Tiga warga Inggris dan satu warga Australia tewas dalam operasi penyelamatan tersebut.

Laurence Whitehouse, dari Hampshire, Inggris, melarikan diri, namun istrinya tewas.

"Sangat tidak adil jumlah waktu yang panjang yang dibutuhkan untuk menutup masalah ini, “kata Whitehouse.

Penjara Supermax di Colorado
  1. Digunakan untuk tahanan yang paling berbahaya
  2. Saat ini menampung 400 tahanan dalam “penjagaan maksimum" dari total 901 tahanan
  3. Hanya untuk tahanan pria dan hampir semua tahanan berada dalam sel terisolasi
  4. Menampung antara lain: Ted Kaczynski, Richard Reid, Zacarias Moussaoui and Umar Abdulmutallab
(BBC Indonesia)

Baca selengkapnya
Dosen IAIN Mengajak Mahasiswa Kuliah di Greja

Dosen IAIN Mengajak Mahasiswa Kuliah di Greja

Berita Nusanatara - Dosen IAIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, Rosnida Sari, mengajak para mahasiswanya melakukan Studi Gender dalam Islam ke satu gereja Katolik.
Berita Nusantara


Banyak kecaman dan kritikan yang muncul melalui Facebook dan akun Rosnida sendiri saat ini telah dicabut. Rosnida sendiri belum berhasil dihubungi BBC Indonesia namun sejumlah laporan di Aceh menyebutkan ia menolak untuk berkomentar.

Sejumlah komentar yang masuk antara lain menyebutkan agar pihak terkait "memperketat kuliah belajar di lapangan."

Uzair, seorang wartawan senior di Banda Aceh, mengatakan "orang tidak melihat konteks secara keseluruhan bahwa ini terkait dengan kegiatan akademik."

"Ini perkuliahan biasa. Di kampus, studi tentang perbandingan agama biasa dilakukan. Dosen ini dihujat karena membawa mahasiswa mendengar nara sumber seorang pendeta di gereja. Padahal di tempat lain orang ada juga yang salat di gereja," tambahnya.

Kelompok 44 LSM yang menyebut diri Masyarakat Sipil Indonesia mendesak Presiden Joko Widodo untuk memberikan perlindungan "kepada salah satu warganya (Dr.Rosnida Sari) yang saat ini dalam ancaman baik dirinya maupun keluarganya."

Dalam satu pernyataan, kelompok yang antara lain mencakup Koalisi Perempuan Indonesia menyatakan, "Kasus ini adalah puncak gunung es dari semakin menipisnya toleransi di tingkat masyarakat bahkan sudah menjadi ancaman bagi kebebasan akademis di satu pihak dan tidak hadirnya negara untuk melindungi mereka yang menjadi korban intoleransi di pihak lain." (BBC Indonesia)
Baca selengkapnya