Jumat, 09 Januari 2015

September 2015 Nidji Akan Rilis Album Baru

Berita Nusanatara - Band Nidji terakhir kali merilis album Liberty Victory pada 2012. Di 2015 ini, Nidji berjanji akan mengeluarkan album ke enamnya.
Berita Nusantara


"Tahun ini insya Allah akan rilis album, materinya sudah dikumpulkan," ujar Giring sang vokalis, saat ditemui di kawasan Cikokol, Tangerang, Jumat (9/1/2014).

Akan tetapi, band yang digawangi, Giring (vokal), Rama, Ariel (gitar), Adrie (drum), Andro (bass), dan Randy (keyboard) masih merahasiakan apa nama judul album terbarunya. "Kalau soal album belum bisa bicara sekarang, nanti lah," ujar Rama.

Rencananya, album tersebut akan segera dirilis di pertengagan tahun 2015. Saat ini, para personel Nidji akan mengambil libur sebelum konsentrasi ke album barunya.

"Setelah ini kami mau liburan sampai Febuari, soalnya kami belum ambil libur. Setelah itu baru konsentrasi ke album dan merampungkan semuanya. Rencanya September rilis," kata Giring. (Liputan6)
Baca selengkapnya

Susi Pudjiastuti Mengaku Tak Lagi di Susi Air

Berita Nusanatara - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku tidak tahu menahu mengenai maskapai Susi Air yang disebut Kementerian Perhubungan telah melanggar izin terbang.
Berita Nusantara


"Saya tidak tahu. Saya tidak lagi di Susi Air. Coba tanya Susi Air," kata Susi di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Jumat (9/1).

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengumumkan hasil audit investigasi terkait dugaan maskapai lain yang melakukan pelanggaran izin terbang menyusul insiden Air Asia QZ8501. Jonan menyebut ada 61 penerbangan dari lima maskapai yang melanggar izin.

Kelima maskapai tersebut adalah Lion Air, Garuda Indonesia, Wings Air, Trans Nusa, dan Susi Air. (Republika)
Baca selengkapnya

Jokowi Mendadak Datangi Balai Kota Jakarta, Ada Apa?

Berita Nusanatara - Presiden Joko Widodo tiba-tiba menyambangi Balai Kota Jakarta sekitar pukul 19.10, Jumat (9/1). Jokowi datang dengan mengenakan setelan kemeja putih lengkap dengan sepatu berwarna coklat.
Berita Nusantara


Kehadiran Presiden Jokowi itu membuat banyak wartawan peliput Balai Kota terkejut. Tak hanya wartawan, para staf pengamanan dalam (pamdal) Balai Kota juga terkejut dengan kehadiran mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sementara itu, kehadiran Jokowi itu tidak disambut oleh tuan rumah, yakni Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Basuki diketahui telah meninggalkan Balai Kota sejak pukul 15.30, sedangkan Djarot sudah meninggalkan Balai Kota sejak setelah shalat Jumat.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta Muhammad Mawardi mengatakan, kunjungan Jokowi itu tidak terjadwal dalam agenda Balai Kota. "Bapak mau ke lantai 3, Balai Pelayanan Kesehatan, mau cek urusan pribadi. Acaranya internal," kata Mawardi, Jumat petang.

Saat Jokowi tiba di Balai Kota, ia dengan pengawalan Paspampres langsung diarahkan ke Gedung Blok F Balai Kota, lantai 3. Tak ada kata yang terucap dari mantan Wali Kota Surakarta itu. Ia hanya melambaikan tangannya kepada para jurnalis. Hingga pukul 19.20, Jokowi masih berada di Balai Kota. (Kontan)
Baca selengkapnya

AS Hukum WNI 30 Tahun Penjara

Berita Nusanatara - Ketut Pujayasa (29) menjadi tersangka atas perbuatan penganiayaan yang ia lakukan terhadap wanita berkebangsaan Amerika. Pengadilan Amerika Serikat (AS) menjatuhkan hukuman 30 tahun penjara kepada Ketut Pujuyasa.


Dalam pemberitaan Reuters, Jumat (9/1/2015), Ketut Putujaya mengakui penyerangannya terhadap seorang wanita saat bekerja di kapal pesiar di AS. Ketut Putujaya akan dibawa ke penjara federal dengan tuduhan percoabaan pemerkosaan dan pembunuhan.

Pada pembelaannya di pengadilan, Ketut menjelaskan alasan penyerangan tersebut dikarenakan korban sempat melakukan penghinaan terhadap dirinya. Kejadian itu terjadi saat kapal berlayar dari Port Lauderdale ke Karibia dengan kapal MS Nieuw Amsterdam.

Kepada Agen FBI, Ketut menjelaskan bahwa dirinya mendengar korban menggunakan ungkapan menghina, yang merujuk kepada ibunya. Jaksa Wifredo Ferrer dalam dakwaannya mengatakan Ketut berusaha menyerang korbannya dan mencoba mematahkan lehernya dan mencekiknya dengan kabel telepon.

Korban Ketut adalah salah satu penumpang kapal tersebut. Ketut diamankan pihak kapal tanpa perlawanan. Selain itu, kini ia juga harus rela dipecat dari tempatnya bekerja.(News Detik)
Baca selengkapnya

Dianggap Melanggar izin Terbang, Inilah Klarifikasi Garuda

Berita Nusanatara - Penerbangan Garuda Indonesia termasuk dalam 61 penerbangan yang tak diizinkan terbang karena dinilai melanggar izin. Garuda sendiri menegaskan bahwa seluruh penerbangan Garuda dilaksanakan setelah mendapat persetujuan dari regulator.

Berita Nusantara

Berikut pernyataan Garuda Indonesia dalam rilis yang disampaikan VP Corporate Communication Garuda Indonesia Pujobroto yang diterima detikcom, Jumat (9/1/2015) malam:

Sehubungan dengan pemberitahuan oleh Kementerian Perhubungan pada hari ini, Jumat (9/1) bahwa terdapat empat penerbangan Garuda Indonesia yang dianggap melanggar perizinan, maka bersama ini kami sampaikan klarifikasi sebagai berikut :

1. Bahwa dalam melaksanakan kegiatan operasional penerbangannya, Garuda Indonesia selalu mengikuti/memenuhi ketentuan kegiatan operasional penerbangan yang ditetapkan oleh regulator.

2. Garuda Indonesia tidak akan melaksanakan kegiatan operasional penerbangan yang tidak sesuai/memenuhi ketentuan operasional yang ditetapkan oleh regulator.

3. Hingga saat ini Garuda Indonesia tidak/belum menerima pemberitahuan mengenai rute penerbangan yang dianggap melanggar ketentuan perizinan tersebut.

4. Seluruh penerbangan Garuda Indonesia dilaksanakan setelah mendapatkan persetujuan dari regulator.

Demikian klarifikasi ini kami sampaikan untuk mendudukkan permasalahan yang ada. (News Detik)
Baca selengkapnya

MUI: Kebijakan Pemerintah Jangan Mencitrakan Umat Islam Radikalisme

Berita Nusanatara - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) merevisi Permenaker Nomor 40 Tahun 2012 untuk melarang masuknya pengajar agama apa pun dari luar negeri ke Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menangkal persebaran paham radikalisme keagamaan dari luar negeri.
Berita Nusantara

Terkait itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri, KH Muhyidin Junaidi, menyayangkan, pemerintah menafikan manfaat pengajar agama Islam dari luar negeri. Terutama, kaitannya memenuhi kekurangan jumlah pengajar bahasa Arab di Tanah Air.

“Guru agama dari luar negeri tidak hanya mengajarkan agama, melainkan juga bahasa asing. Terutama, bahasa Arab yang memang sangat penting bagi pendidikan Islam di Tanah Air,” ujar KH Muhidin Junaidi saat dihubungi ROL, Jumat (9/1) di Jakarta.

Menurut Kiai Muhyidin, alasan Kemenaker bahwa Indonesia masih memiliki banyak tenaga pengajar Islam tidak bisa diterima. Pasalnya,hanya ada sedikit sekali di antara mereka yang mampu mengajarkan bahasa Arab. Sehingga, melarang guru agama asing masuk ke Indonesia sama saja menghambat pendidikan Islam secara keseluruhan.

Demikian pula, Kiai Muhidin melanjutkan, argumen Kemenaker bahwa yang dilarang hanyalah pengajar agama, bukan pengajar bahasa asing. Menurut, hal itu justru menunjukkan standar ganda. “Banyak, misalnya, tenaga kerja asing pengajar bahasa Inggris yang di Indonesia justru menyambi sebagai misionaris. Ini kasat mata dan sudah jadi rahasia umum,” kata Kiai Muhyidin.

Kiai Muhyidin lantas menegaskan, revisi aturan Kemenaker tersebut tidak melihat sumber radikalisme secara menyeluruh. Revisi ini, demikian Kiai Muhidin, cenderung menjustifikasi agama sebagai satu-satunya pemicu radikalisme. Padahal, paham kekerasan bisa saja muncul dari banyak faktor, semisal ketidakadilan, kemiskinan, atau justru kurangnya pendidikan agama.

“Pemerintah jangan sampai membuat kebijakan yang mencitrakan umat Islam sebagai kelompok pemicu radikalisme,” kata Kiai Muhyidin. (Republika Online)
Baca selengkapnya

Carrefour Akan Ganti Nama, Ini Nama Barunya

Berita Nusanatara - PT Trans Retail Indonesia berencana mengubah semua nama pusat perbelanjaan Carrefour menjadi Transmart. Perubahan akan dilakukan secara bertahap dan ditargetkan bisa rampung keseluruhan pada tahun 2019.
Berita Nusantara


"Perubahan ini dilakukan sejalan dengan kepemilikan saham Carrefour yang 100 persen dimiliki oleh Chairul Tanjung," Senior Manager Marketing dan Customer Engagement PT Trans Retail Indonesia Indira Manoppo di Tangerang, Jumat (9/1).

Seperti diketahui, Carrefour Group, peritel asal Perancis akhirnya menjual 60 persen kepemilikan sahamnya di PT Carrefour Indonesia kepada CT Corp. Nilai transaksi penjualan salah satu ritel terbesar di Indonesia tersebut mencapai 525 juta euro. Kelompok Carrefour merupakan peritel terbesar di Eropa, dan kedua di seluruh dunia.

Di Indonesia, sebut Indira, Carrefour telah memiliki 89 gerai. Di mana, empat diantaranya bernama Transmart Carrefour. Sementara, tahun 2015 ini, perseroan akan menambah 10-15 gerai Transmart.

"Gerai-gerai itu akan dibuka diluar Jabodetabek," ujarnya.

Secara terpisah, Direktur Utama PT Trans Ritail Indonesia Shafie Samsudin mengatakan, untuk membangun gerai dibutuhkan investasi Rp 100 miliar. Nilai tersebut diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur dan isi dari Transmart. Konsep yang diusung Transmart yakni one stop shopping yang mengolaborasikan gaya hidup untuk hiburan, fashion, food, dan hypermarket.

Lebih lanjut, untuk menggenjot penjualan Carrefour, Transmart Carrefour secara resmi memperkenalkan brand ambassador Transmart Carrefour dan Trans Hello yaitu grup band Nidji. (Berita Satu)
Baca selengkapnya

Perpanjang Kontrak, De Gea Menjadi Kiper Termahal Dunia

Berita Nusanatara - David De Gea siap menandatangi perpanjangan kontrak di Manchester United. Seperti dilansir Daily Star, MU bakal menaikkan gaji kiper asal Spanyol tersebut menjadi 140 ribu pounds per pekan. Dengan angka itu, De Gea bakal menjadi kiper bergaji tertinggi di dunia.
Berita Nusantara

"Manajemen MU saat ini sedang melakukan negosiasi dengan agen De Gea. MU akan menaikkan gaji De Gea hingga dua kali lipat. Gaji sebesar itu siap diberikan agar De Gea tak pindah ke klub lain," lansir Daily Star.

De Gea disebut memiliki sejumlah permintaan lain dalam klausul kontrak anyar. Salah satunya garansi MU akan terus berbelanja pemain bintang tiap bursa transfer dibuka. Jika melanggar, De Gea punya opsi untuk hengkang pada akhir musim nanti.

"De Gea ingin berada di klub yang punya ambisi besar. Oleh karena itu, sebelum tanda tangan kontrak baru, pihak klub harus buat perjanjian soal aktivitas di bursa transfer. MU harus selalu membeli pemain bintang," tulis Daily Star.

Masa depan De Gea menjadi perbincangan hangat pada saat ini. Performa impresifnya sepanjang 2014-15 membuat Real Madrid berminat dan siap menggelontorkan dana besar. De Gea juga diisukan bakal dilego setelah MU mengontrak eks kiper Barcelona, Victor Valdes. (Metrotvnews)
Baca selengkapnya

Siapkan Kocek Anda, Xiaomi Mi4 Akan Ramaikan Pasar Indonesia

Berita Nusanatara - Ada dua produk dari Xiaomi yang menanti restu dari Postel Kemenkominfo. Salah satunya adalah flagship Xiaomi Mi4, yang siap menjajaki pasar smartphone Indonesia.
Berita Nusantara


Namun karena sebatas dugaan, informasi tersebut memang masih harus dibuktikan. Pun begitu dari bukti yang ada, kemungkinan hadirnya Mi4 memang cukup kuat.

Dari data yang tercatat di Kominfo, ada 2 kode yang diajukan Kominfo yakni Mi - A0101 dan Mi – 2014817. Kode yang pertama memiliki deskripsi sebagai tablet PC. Atas dasar itu cukup mudah menebak bahwa perangkat tablet yang dimaksud adalah MiPad.

Apalagi saat ini Xiaomi juga hanya punya satu produk tablet. Hal itu pun lantas semakin diperkuat oleh sertifikasi yang telah diperoleh MiPad di Malaysia. Seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Jumat (891/2015), di negeri jiran tersebut perangkat yang didaftarkan Xiaomi punya kode yang sama yakni A0101.

Nah sekarang giliran perangkat yang satunya yang mulai terungkap. Tadinya kode Mi – 2014817 yang mendeskripsikan sebuah ponsel ini mengarah ke Redmi 2 yang belum lama ini dirilis Xiaomi. Sedangkan informasi lainnya malah menyebut Redmi Note 2 yang konon akan diumumkan Xiaomi dalam waktu dekat.

Tapi spekulasi tersebut dipastikan bakal langsung tertepis oleh informasi yang baru diterima detikINET. Sumber tersebut mengatakan kode Mi – 2014817 sebenarnya mendeksripsikan waktu kelahiran salah satu ponsel jagoan Xiaomi yang terjadi pada Agustus 2014. Ya, ponsel yang dimaksud adalah Xiaomi Mi4.

"Dari kodenya, Mi - 2014817, itu tanggal launching Mi4," ujar sang sumber singkat.
Bila benar, berarti ini sejalan dengan omongan VP Global Xiaomi, Hugo Barra saat merilis Redmi Note di Jakarta beberapa waktu lalu. Mantan petinggi Google ini menyebut Xiaomi akan melangkahi Mi3 dan langsung lompat ke Mi4 untuk pasar Indonesia. Saat itu Barra juga menyebut kemungkinan Mi4 baru akan dirilis Indonesia tahun 2015.

Jadi apakah ponsel yang dimaksud adalah Mi4? Bisa jadi! Tapi memang tetap harus dibuktikan saat dirilis nanti. Sayang waktu peluncurannya seperti masih lama karena di daftar uji Kominfo ponsel yang diduga sebagai Mi4 itu masih dalam status SP3.
Baca selengkapnya

Ini Alasan Chelsea Olivia Pindah Agama

Berita Nusanataraa - Chelsea Olivia secara resmi mengumumkan jika dirinya telah pindah keyakinan dari Protestan ke Katolik. Ungkapannya itu tak pelak membuat media massa geger dan penasaran dengan apa alasan kepindahan kepercayaannya tersebut.
Berita Nusantara


Ditemui tim wartawan, Chelsea akhirnya membeberkan alasannya. Seperti diketahui, sang tunangan, Glenn Alinskie sendiri juga pemeluk agama Katolik. Namun hal itu bukanlah alasan utama bintang sinetron CATATAN HARIAN NAYLA untuk pindah keyakinan.

"Lebih ke hidup baru, seperti dibersihkan lagi, jadi aku lebih ngerti. Aku lumayan kritis kenapa bisa begini-begini. Karena belajar jadi punya banyak bahan untuk sharing. Lebih nyaman," tegasnya.

Lokasi pernikahan juga ternyata jadi salah satu penyebab keputusan krusial Chelsea itu. Ia mengaku punya impian besar untuk melangsungkan pernikahan di sebuah gereja katolik sejak masih kecil.

"Tempat impian aku juga pengennya nikah di gereja Katolik karena altarnya panjang banget," lanjutnya di MNC Plaza, Jakarta Pusat, Jumat (9/1).

Pernikahan Chelsea dan Glenn sendiri memang sudah sangat dekat. Meskipun belum memberikan tanggal pasti, namun keduanya selalu memberi petunjuk pada media jika 2015 adalah tahun yang akan jadi saksi cinta mereka.

Well, pindah keyakinan atau tidak, semoga hubungan mereka lancar sampai naik ke pelaminan nanti ya!

Sumber: Kapanlagi.com
Baca selengkapnya

Terkena Aksi Ambil Untung, IHSG Hanya Mampu Bertambah 4 Poin

Berita Nusanatara - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan sore ini Jumat (9/1) menguat 4,84 poin (0,09 persen) ke level 5.216,67. Kenaikan indeks tertahan setelah terkena aksi ambil untung mulai sesi dua setelah di awal perdagangan menguat.
Berita Nusantara


Berdasarkan data yang diolah Beritasatu.com, kumpulan saham bluechips yang tergabung dalam indeks Investor33 menguat 1,05 (0,28 persen) mencapai posisi 371,84.

Sementara indeks LQ-45 naik 0,83 poin (0,09 persen) ke level 898,83. Adapun indeks berbasis syariah yang tergabung ISSI naik 0,08 poin (0,05 persen) menjadi 167,89.

Perdagangan hari ini tercatat dengan volume 7,403 miliar saham senilai Rp 5,836 triliun. Indeks sempat mencapai level tertinggi 5.240 dan level terendah sebesar 5.212. Sebanyak 150 saham menguat, 137 saham melemah, dan 125 saham stagnan.

Mayoritas pergerakan sektor saham menguat dengan kenaikan tertinggi saham sektor pertanian 1,4 persen disusul pertambangan sebesar 1,1 persen. Sementara sektor saham yang melemah antara lain industri dasar 0,6 persen.

Saham-saham yang naik di top gainer ITMG naik Rp 875 (6,0 persen) menjadi Rp 15.350, MREI naik Rp 780 (25,0 persen) mencapai Rp 3.905, AALI naik Rp 750 (3,0 persen) menjadi Rp 25.975, dan TCID naik Rp 675 (3,9 persen) menjadi 18.200.

Saham-saham yang turun di top loosers adalah GGRM turun Rp 1.300 (2,1 persen) menjadi Rp 60.000, MYOR turun Rp 625 (2,8 persen) menjadi Rp 21.975, INTP turun Rp 425 (1,7 persen) menjadi Rp 24.175 dan SMDR turun Rp 350 (2,9 persen) menjadi Rp 11.650.

Sementara untuk rupiah, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah Jumat (9/1) berada di posisi Rp 12.640 per dolar Amerika Serikat (AS) atau menguat 89 poin dari posisi kemarin sebesar Rp 12.731 per dolar AS dengan kisaran perdagangan Rp 12.703 - Rp 12.577.

Adapun mengacu data Bloomberg, rupiah pagi tadi pukul 04.00 waktu AS atau Selasa sore (6/1) pukul 16.00 WIB Rp 12.645 per dolar AS. Angka ini menguat 28,6 poin (0,23 persen) dari posisi penutupan kemarin.

Berdasarkan data Bloomberg, harga minyak mentah dunia pada perdagangan Jumat (9/1) pagi pukul 03.36 waktu New York atau sore ini pukul 16.00 WIB naik US$ 0,22 (0,45 persen) ke level US$ 49,01 jenis WTI untuk kontrak 15 Februari, sedangkan jenis brent crude oil pengiriman 15 Februari menguat US$ 0,01 (0,02 persen) ke level US$ 50,97.

Sumber: BeritaSatu.com
Baca selengkapnya
Kritikan "Konyol" Netizen Terhadap Kebijakan Menteri Perhubungan

Kritikan "Konyol" Netizen Terhadap Kebijakan Menteri Perhubungan

Berita Nusanatara - Berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pasca-kecelakaan maskapai Indonesia AirAsia penerbangan QZ8501 mendapat beragam respons dari netizen (pengguna internet) di Indonesia.

Respons para netizen tersebut sebagian besar mengkritik peraturan-peraturan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan.

Peraturan tersebut adalah kewajiban briefing atau pengarahan secara tatap muka antara pilot dan flight operation office (FOO). Peraturan lainnya mengenai kewajiban maskapai penerbangan untuk menunggu izin dari Kemenhub jika terjadi flight diversion, pesawat mendarat kembali ke bandara atau return to base (RTB), dan pesawat kembali ke tempat parkir atau apron karena kendala, atau return to apron (RTA).

Jonan sudah sempat melemparkan wacana peningkatan batas tarif bawah, yang semula 30 persen dari batas atas, menjadi 40 persen.

Bentuk protes-protes itu disampaikan secara kreatif dalam bentuk meme (gambar candaan atau sindiran) yang kini banyak beredar di jejaring sosial.

Menurut pantauan KompasTekno, meme-meme yang mengkritik kebijakan Menteri Perhubungan tersebut muncul setelah mantan Direktur PT Kereta Api Indonesia ini mengeluarkan aturan pengarahan tatap muka wajib antara pilot dan FOO sebelum terbang.

Berikut adalah beberapa meme yang berhasil dikumpulkan KompasTekno dari berbagai media sosial:

Berita Nusantara

Berita Nusantara

Ada pula meme yang menunjukkan sikap kritis terhadap aturan setiap pesawat yang RTB, RTA, atau mengalihkan pendaratan untuk melaporkannya ke otoritas penerbangan, yang kemudian diinvestigasi sebelum diperbolehkan terbang kembali.

Berita Nusantara

Berita Nusantara

Selain itu, netizen juga bersikap kritis terhadap wacana Kemenhub yang akan menaikkan tarif batas bawah tiket pesawat terbang, dari 30 persen harga tertinggi, menjadi 40 persen. Menurut Jonan, tarif murah bisa membahayakan keselamatan maskapai LCC.
Berita Nusantara

Ada juga meme yang menyindir bahwa Menhub yang dari latar belakang perusahaan kereta api tidak memiliki pengetahuan yang cukup, atau tidak memiliki staf ahli yang mengerti permasalahan dunia penerbangan. Meme sindiran itu menggambarkan kereta api yang bisa terbang, lengkap dengan mesin dan sayapnya.

Berita Nusantara

Berita Nusantara

Ada juga yang mengekspresikan rasa waswas mereka jika kebijakan-kebijakan baru yang dibuat Menhub Ignasius Jonan justru akan mematikan industri penerbangan di Indonesia, seperti tergambar dalam dua meme berikut ini:

Berita Nusantara

Sumber: Kompas.com
Baca selengkapnya

31 Klub Inggris Menerima Kompensasi dari Piala Dunia 2014

Berita Nusanatara - Tiga puluh satu klub Inggris menerima kompensasi dengan nilai total sejumlah US$ 10 juta dari FIFA karena telah melepas para pemainnya untuk berlaga di Piala Dunia 2014.
Berita Nusantara

Chelsea menerima kompensasi paling tinggi, yaitu US$ 1,2 juta, sementara Arsenal, Manchester United, dan Manchester City pun menerima lebih dari US$ 1 juta.

Namun, bukan hanya klub-klub papan atas Liga Inggris saja yang menerima hasil ini dengan tim seperti Doncaster Rovers, Sheffield Wednesday, dan juga Ipswich Town mendapatkan uang karena melepaskan pemainnya.

Secara total, FIFA memberikan kompensasi kepada 396 klub yang berafiliasi pada 57 negara yang mengikuti Piala Dunia sejak babak kualifikasi. 

Pada 2008, FIFA sendiri pernah menandatangani kesepakatan dengan Asosiasi Klub Eropa (ECA) untuk membagikan sebagian keuntungan Piala Dunia kepada klub-klub Eropa sebagai bentuk pengakuan peran penting mereka dalam kesuksesan turnamen.

Seusai Piala Dunia 2010, total jumlah yang diberikan oleh FIFA mencapai US$ 40 juta sementara pada tahun ini jumlah tersebut meningkat menjadi US$ 70 juta.

Pembagian untuk masing-masing klub didasarkan pada jumlah pemain yang dilepas klub dan juga berdasarkan jumlah hari sang pemain berada di Piala Dunia.

Selain kesepakatan dengan FIFA, ECA juga memiliki perjanjian serupa dengan UEFA tentang kompetisi antarnegara di benua tersebut, Piala Eropa.

Pada Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina, UEFA membagikan keuntungan mencapai €100 juta untuk 575 klub. Jumlah ini akan meningkat pada Piala Eropa 2016 menjadi €150 juta.

Sumber: CNN Indonesia
Baca selengkapnya

8 Kepala Daeran Dilaporkan Memiliki "Rekening Gebdut"

Berita Nusanatara - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan telah menyerahkan Laporan Hasil Analisis kepada Kejaksaan Agung dan Komisi Pemberantasan Korupsi akhir tahun lalu. Laporan itu terkait indikasi adanya rekening gendut yang dimiliki sejumlah kepala daerah dan bekas kepala daerah.
Berita Nusantara

Kejaksaan Agung menerima delapan nama dari laporan itu. Di antaranya, satu orang gubernur aktif, dua mantan gubernur, serta lima bupati dan mantan bupati.

Korps Adhyaksa enggan berbicara banyak mengenai nama-nama itu, maupun soal kasus apa yang menjeratnya. Sejauh ini, Kejagung baru mengungkap empat dari delapan nama tersebut.

Mereka adalah Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam dan Bupati Bengkalis Herliyan Saleh yang tengah dalam tahap penyelidikan. lalu ada nama bekas Bupati Pulang Pisau Achmad Amur yang masih dalam tahap penelaahan serta bekas Bupati Klungkung I Wayan Chandra yang sudah tahap penuntutan.

Kini, kejaksaan memiliki seratusan jaksa yang khusus tangani kasus tindak pidana korupsi. Keempat nama kepala daerah ini mungkin adalah target mereka.

Nur Alam
Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam sudah diperiksa sejak lama terkait temuan dugaan rekening gendut yang dimilikinya. Berdasarkan penelusuran CNN Indonesia, dia sudah pernah dipanggil Kejagung pada 2013 lalu.

Kecurigaan terhadapnya berawal dari laporan PPATK para akhir 2012. Sempat mandek, pengusutan kembali digelar setelah PPATK kembali melaporkannya akhir tahun lalu.

Kejaksaan menyebut Nur Alam menerima aliran dana dari perusahaan tambang Richcorp International Limited. Perusahaan asal Hong Kong ini diduga pernah menggelontorkan dana sebesar US$ 4,5 juta atau sekitar Rp 57 miliar ke rekening Nur Alam.

Walau demikian, Kejagung belum bisa menyimpulkan apakah aliran dana itu mengindikasikan tindak pidana atau tidak. "Kami lihat dulu indikasi predikat kriminalnya, apakah korupsi atau bukan," kata Direktur Penyidikan Pada Tindak Pidana Khusus, Suyadi.

Tim penyidik Kejaksaan sudah dikirim ke Hong Kong untuk memastikan aliran dana tersebbut. Namun, ternyata perusahaan tambang itu sudah tidak lagi beroperasi.

Suyadi menyatakan, dirinya masih harus melakukan kroscek terkait dugaan-dugaan ini sebelum kembali melakukan pemanggilan terhadap Nur Alam.

Herliyan Saleh
Bupati Bengkalis Herliyan Saleh juga sedang diselidiki oleh Kejagung. Hal ini dikonfirmasi oleh Jaksa Agung Muda pada Pidana Khusus Widyopramono. "Untuk Bupati Bengkalis penyelidikan sudah berjalan."

Dia juga mengungkapkan, sejauh ini sudah ada satu orang ditahan terkait kasus yang dicurigai melibatkan Herliyan. Namun, dia tidak menyebutkan siapa orang tersebut.

Widyo juga enggan menjelaskan kasus apa sebenarnya yang dia maksud. Dia hanya mengungkapkan akan segera memanggil Herliyan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. "Tidak ada yang bisa menghindari panggilan jaksa," ujarnya.

Achmad Amur
Selain Nur Alam dan Herliyan, Kejaksaan Agung juga membidik bekas Bupati Pulang Pisau Achmad Amur. Diketahui dia menjabat sebagai Bupati Pulang Pisau pada periode 2003 - 2008 dan 2008 - 2013.

Berdasarkan penelusuran CNN Indonesia, sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri di Provinsi Jawa Tengah dan jaksa karir di Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan.

Kejaksaan Agung memang menyatakan di antara delapan nama yang dicurigai ada seorang bekas pejabat Korps Adhyaksa. Namun, pihaknya belum mau mengkonfirmasi siapa orang yang dimaksud.

Yang jelas, kasusnya masih terus diselidiki oleh tim penyidik. "Iya, (bekas pejabat) sedang diselidiki oleh Pak Dirdik (Direktur Penyidikan) ya," kata Widyopramono.

I Wayan Chandra
Kejaksaan Negeri Klungkung menetapkan bekas Bupati I Wayan Chandra sebagai tersangka tindak pidana korupsi setelah diduga menyalahgunakan wewenang selaku bupati dan menerima aliran dana terkait proyek pengadaan dan pembebasan lahan untuk Dermaga Gunaksa pada 2007 lalu.

Penyelewengan proyek senilai Rp 17 miliar itu ditaksir merugikan negara sebesar Rp 11,7 miliar. I Wayan Chandra diduga melakukan penunjukan langsung perusahaan pemenang tender. Belum lagi, terjadi penggelembungan nilai harga tanah dalam proses pembebasan lahan itu.

Sumber: CNN Indonesia
Baca selengkapnya
Ekor Pesawat AirAsia Berhasil Diangkat Tanpa Black Box

Ekor Pesawat AirAsia Berhasil Diangkat Tanpa Black Box

Berita Nusanatara - Hari ini ekor pesawat AirAsia QZ8501 masih belum berhasil diangkat dari dasar laut. Kotak hitam atau black box pun masih belum ditemukan. Namun Basarnas menyebut, benda itu sudah berada di luar ekor QZ8501.
Berita Nusantara

"Lokasi black box terekam lewat ping yang diterima kapal Jadayat yang berada 1 km ke arah barat daya dari lokasi penemuan ekor. Jadi black box sudah berada di luar ekor," ujar Direktur Operasional Basarnas Marsma SB Supriyadi di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Jumat (9/1/2015).

Dia menambahkan bahwa ekor pesawat masih belum bisa diangkat pada hari ini lantaran cuaca buruk. Hal ini membahayakan para penyelam ketika berada di air.

Sebelumnya, sekitar sepuluh penyelam telah mendapat pengarahan dari teknisi Boeing 737-400 VVIP mengenai letak black box dan cara melepasnya. Para penyelam itu pun diberangkatkan menuju KRI Banda Aceh.

Saat ini Panglima TNI Jenderal Moeldoko masih berada di kapal tersebut untuk memimpin operasi pengangkatan ekor. Dia telah menginap sejak kemarin (8/1) di KRI Banda Aceh.

Sumber Detik.com
Baca selengkapnya