Senin, 14 Desember 2015

Pengoptimalan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga - PGN Anti Korupsi

Kunjer.com - Perusahaan Gas Negara atau PGN berusaha untuk meningkatkan jumlah pengguna gas bumi di kalangan rumah tangga. Gas Bumi sebenarnya sudah banyak beredar dan digunakan di berbagai kalangan masyarakat, baik untuk kebutuhan rumahan maupun industri. Segmen industri yang kerap menggunakan gas bumi ini sebagai bahan bakarnya ada dari usaha kecil atau mikro, menengah, dan bahkan kelas industri. Selain sektor produksi, sektor komersial seperti mall serta rumah sakit juga menjadi pengguna jasa gas bumi dari PGN.

Perusahaan Gas Negara
Perusahaan Gas Negara
Dari beberapa sektor tersebut, sektor konsumsi atau rumahan lah yang menunjukkan jumlah pengguna yang paling banyak. Hal ini seperti yang dinyatakan oleh Hendi Prio Santoso yang menjabat sebagai Direktur Utama Perusahaan Gas Negara (PGN) bahwa memang sektor atau segmen rumah tangga lah yang menjadi pelanggan paling besar bagi PGN.

Dengan melihat kenyataan yang ada, Perusahaan Gas Negara akhirnya memutuskan untuk melakukan optimalisasi terhadap para pengguna gas bumi di sektor rumahan/ rumah tangga. Ada dua langkah yang dilakukan oleh PGN sendiri untuk menjalankan program ini. Pertama, meningkatkan jaringan gas di sektor rumah tangga secara mandiri. Kedua, mengajukan bantuan dengan bersinergi pada Kementerian ESDM.

Langkah yang pertama dimaksudkan agar PGN secara mandiri mengembangkan jaringan gasnya, hal ini terkait dengan berbagai masalah dana baik modal, investasi, maupun yang lainnya. Hendi Prio Santoso mengungkapkan bahwa langkah pertama ini sudah berjalan dan meliputi beberapa wilayah di Indonesia seperti sebagian Sumatera, dan hampir di seluruh pulau Jawa. Untuk jumlahnya kini sudah mencapai kurang lebih 100 ribu jaringan atau sambungan gas bumi.

Sedangkan langkah yang kedua dimaksudkan agar PGN lebih mudah bergerak, dengan mendapatkan izin dan penugasan langsung di bawah kementerian ESDM. Penugasan ini meliputi pengelolaan dan juga pengoperasian jaringan atau sambungan gas bumi yang telah ada dan yang akan dibuat. Sudirman Said, menteri ESDM, pada tanggal 19 Agustus lalu resmi memberikan tugas ini kepada Perusahaan Gas Negara.

Berdasarkan dengan adanya langkah- langkah di atas, mendorong PGN untuk dapat terus mengembangkan dan memperluas jangkauan penggunaan gas bumi di Indonesia khususnya pada sektor rumahan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengoptimalan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga - PGN Anti Korupsi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.