Minggu, 27 September 2015

Kue Tradisional Khas Nusantara

Kunjer.com - Kue merupakan makanan ringan atau bisa juga dimanfaatkan untuk cemilan yang bukan termasuk makanan pokok atau konsumsi utama. Kue juga biasanya memiliki cita rasa yang manis dan ada pula yang gurih serta asin. Kue kerap kali diartikan sebagai sebuah makanan ringan yang produksi dengan menggunakan adonan tepung, Baik tapioka, tepung sagu, tepung beras, ataupun terigu. Yang berkaitan dengan kue tradisional Nusantara biasanya ditemukan di Indonesia, Malaysia, Singapura, maupun Belanda yang terbentuk melalui adanya hubungan sejarah dengan negara Indonesia. Oleh karena itu di negara-negara tersebut banyak ditemukan toko kue yang menjual beraneka ragam kue mulai dari kue tradisional hingga kue modern.

Kue Tradisional Khas Nusantara
Kue Tradisiona
 Kata "kue" sebenarnya berasal dari sebuah kata serapan Bahasa Hokkian yaitu 粿 koé, hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh seni yang berhubungan dengan memasak dari Tionghoa sangat kental di Indonesia. Memang ada beberapa jenis kue yang memang menunjukkan asal muasalnya dari negara China misalnya kue bakpia yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sebagian besar kue basah merupakan kue tradisional khas Nusantara, sementara ada beberapa jenis kue lainnya seperti contoh lapis legit, risoles, pastel atau panekuk terdapat pengaruh dari Eropa, seperti negara Belanda dan Portugis atau portugal. Awal mulanya istilah kue cendrung digunakan hanya untuk menyebut jenis kue tradisional dan kue yang memiliki hubungan dengan Tionghoa, akan tetapi seiring perkembangan zaman, akan tetapi saat ini dalam Bahasa Indonesia pada umumnya istilah kue sudah semakin diperluas menjadi sebuah istilah yang mencakup semua jenis makanan ringan yang sering kita santap, termasuk juga untuk jenis kue kering atau dalam bahasa Inggris cookie, kue pastri yang sebutan dalam bahasa inggris pastry, bahkah kue tart serta bolu yang umunya disebut dalam bahasa inngris cake.

Kue bisa dimasak dengan berbagai macam cara seperti dikukus, dipanggang, atau digoreng. Macam-macam kue di Indonesia pada umunya dikategorikan sesuai dengan kadar airnya, seperti kue basah ataupun jenis kue kering.

Karena begitu banyaknya permintaan akan kue, saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang menggeluti usaha dengan membuka toko kue secara online seperti sugabitespatisserie.com yang menyediakan berbagai macam dan jenis kue sesuai kebutuhan anda. Sehingga anda tidak perlu repot lagi untuk mencari berbagai macam kue untuk kebutuhan acara penting anda.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kue Tradisional Khas Nusantara
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.