Selasa, 13 Januari 2015

Presiden Palestina Ikut Aksi Solidaritas Je Suis Charlie

Kunjer.com - Puluhan pemimpin dunia mengikuti aksi solidaritas penembakan karyawan majalah satir, Charlie Hebdo, di Prancis. Pemimpin negara, pemimpin Muslim dan Yahudi bergandengan tangan sebagai bentuk solidaritas.


Presiden Prancis Francois Hollande dan pemimpin dari Jerman, Italia, Israel, Turki, Inggris, dan Palestina nergerak bersama dari Place de la Republique.

"Hari ini Paris adalah ibukota dunia," kata Hollande, Minggu pagi waktu setempat.

Hadir dalam aksi tersebut adalah Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Inggris David Cameron, Perdana Menteri Italia Matteo Renzi, Sekjen PBB Ban Ki-moon, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Mali Ibrahim Boubacar Keita.

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu yang menghadiri aksi tersebut mengatakan bahwa kaum Yahudi yang takut akan aksi teror serupa di masa datang, dipersilakan jika ingin pindah ke Israel.

Ratusan ribu massa dari Toulouse hingga Nantes mengikuti aksi massa tersebut. Mereka membawa bendera Prancis dan spanduk-spanduk solidaritas bertuliskan "Je Suis Charlie/ Saya adalah Charlie" sambil menyanyikan lagu nasional "La Marseillaise".

Sebanyak 2.200 polisi, termasuk sniper dan polisi berpakaian sipil, disiagakan untuk mengamankan aksi tersebut.

Drama penyanderaan dan pembunuhan yang berlangsung selama tiga hari tersebut menewaskan 17 orang. Dua pelaku utama, Said dan Cherif Kouachi melakukan aksi penembakan terhadap majalah Charlie Hebdo, yang kerap membuat kartun satir mengenai agama dan politisi. Kartun yang membuat Kouachi bersaudara marah dan melakukan aksi mereka adalah karena majalah tersebut membuat kartun satir mengenai Nabi Muhammad. (Berita Satu)

Bagikan

Jangan lewatkan

Presiden Palestina Ikut Aksi Solidaritas Je Suis Charlie
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.