Minggu, 11 Januari 2015

Persaingan Ketat Tiga Kandidat Peraih Ballon DOr

Berita Nusantara - Cristiano Ronaldo bersaing ketat dengan Manuel Neuer dan Lionel Messi untuk meraih penghargaan Ballon DOr, di mana upacara penyerahan penghargaan akan digelar di Zurich, Swiss, Senin.


Kekalahan tim nasional Portugal dalam babak penyisihan di grup Piala Dunia 2014 tidak mampu mencegah peluang Ronaldo untuk mengklaim penghargaan pesepak bola pria terbaik di dunia dari FIFA itu.

Bintang Real Madrid itu telah mencetak 61 gol sepanjang musim 2013--2014 dan mengerek klubnya merebut gelar juara dalam Liga Champion, Copa del Rey, Piala Super UEFA, serta Piala Klub Dunia sebelum 2014 berakhir.

Ronaldo juga tercatat mencetak 17 gol dalam Liga Champion musim sebelumnya dan 26 gol di 16 pertandingan La Liga pada musim 2014--2015.

Sementara, Messi sang bintang Barcelona, yang telah meraih piala Ballon DOr selama empat tahun berturut-turut untuk 2009--2012 diprediksi tertinggal dari Ronaldo dan Neuer.

Sebanyak 58 gol dalam 66 pertandingan untuk Barcelona dan tim nasional Argentina pada Piala Dunia 2014 pun dilaporkan AFP belum cukup untuk menantang kedua kandidat lain.

Dukungan mengejutkan datang dari Presiden UEFA Michel Platini untuk Neuer yang mengatakan penjaga gawang asal Jerman itulah yang layak mendapatkan Ballon DOr.

Platini kepada pers pada November menyebut, "Saya telah mengatakan itu empat tahun lalu. Pemain Spanyol harusnya menang Ballon DOr karena Spanyol telah memenangkan Piala Dunia (2010). Tahun ini adalah Jerman." Padahal peraih penghargaan bergengsi pesepak bola internasional pada 2010 diraih Messi yang berasal dari Argentina.

Madrid menyesalkan pernyataan pribadi Platini kepada publik tentang siapa pesepak bola yang pantas meraih Ballon DOr dan berkukuh Ronaldo, "lebih layak dari sebelumnya memenangkan Ballon DOr."

Meskipun demikian, Neuer sebagai satu dari enam pemain Jerman yang maju dalam kandidat peraih Ballon DOr menjadi contoh bagus karena posisinya sebagai penjaga gawang.

Penjaga gawang yang juga pernah meraih penghargaan pesepak bola terbaik dunia adalah Lev Yashin dari Uni Soviet pada 1963. Sedangkan peraih penghargaan pesepak bola terbaik dunia asal Jerman adalah Lothar Matthaeus pada 1990.

Diego Maradona dan peraih Ballon DOr 2004 Andriy Shevchenko telah memberikan dukungan untuk Neuer, sedangkan pelatih Jerman Joachim Loew mengatakan, "Pilihan lain selain Neuer akan mengecewakan saya."

Namun, Neuer justru merasa berhati-hati dengan sejumlah dukungan kepadanya menyusul kekalahan kolega sesama Bayern Munich Franck Ribery yang gagal meraih Ballon DOr 2013.

"Saya pasti bukan favorit," kata Neuer kepada surat kabar Jerman.

"Dua calon lain adalah merek internasional, mereka telah meraih keuntungan," kata Neuer. (Bisnis Indonesia)

Bagikan

Jangan lewatkan

Persaingan Ketat Tiga Kandidat Peraih Ballon DOr
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.