Senin, 12 Januari 2015

Moeldoko Pamer Prestasi Atas Ditemukannya Black Box AirAsia QZ 8501

Berita Nusantara - Panglima TNI Jenderal Moeldoko memamerkan keberhasilan anak buahnya menemukan puing dan black box pesawat AirAsia QZ 8501. Moeldoko menyebut beberapa penemuan yang dilakukan oleh prajuritnya selama 16 hari pencarian sejak tragedi Ahad, 28 Desember 2014.


"Saya datang pertama, besoknya ketemu ekor. Saya datang kedua, tim bisa angkat ekor. Kedatangan hari ini bisa menemukan ini," kata Moeldoko sambil tersenyum, saat konferensi pers di posko Lapangan Udara Iskandar Pangkalan Bun, Senin, 12 Januari 2015. Ucapan Moeldoko langsung disambut tepuk tangan dari staf yang berbaris di belakangnya.

Moeldoko membanggakan prajuritnya mampu menemukan flight data recorder atau bagian black box pesawat dalam dua minggu. Prajurit, kata dia, tak menghadapi hambatan berarti kecuali cuaca buruk. Hujan deras, angin kencang, dan gelombang tinggi menyebabkan pencarian di kerap tertunda. "Penyelaman tidak kenal waktu, tidak kenal istilah dalam keadaan bahaya," kata dia.

Tim selam TNI Angkatan Laut berhasil mengangkat kotak FDR berwarna oranye pada pukul 07.10 WIB ke kapal Jadayat. Tim lalu memindahkan black box ke KRI Banda Aceh dengan pengamanan yang ketat. Di sana, Moeldoko dan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi Tatang Kurniadi menyaksikan langsung kondisi black box saat pertama kali diangkat.

Seusai pengangkatan, Moeldoko membawa black box berisi flight data recorder dari KRI Banda Aceh ke Lapangan Udara Iskandar Pangkalan Bun. Ia mengumumkan penemuannya sambil menunjukkan sebuah kotak kaca berisi flight data recorder yang terendam air.

Terdapat 81 penyelam TNI Angkatan Laut yang bersiaga menemukan korban, cockpit voice recorder (CVR), puing pesawat AirAsia di tengah Laut Karimata. Moeldoko optimistis prajuritnya akan menemukan CVR dan korban lain dalam waktu dekat. "Hanya menunggu waktu," kata Moeldoko. (Tempo)

Bagikan

Jangan lewatkan

Moeldoko Pamer Prestasi Atas Ditemukannya Black Box AirAsia QZ 8501
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.