Jumat, 09 Januari 2015

Kritikan "Konyol" Netizen Terhadap Kebijakan Menteri Perhubungan

Berita Nusanatara - Berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pasca-kecelakaan maskapai Indonesia AirAsia penerbangan QZ8501 mendapat beragam respons dari netizen (pengguna internet) di Indonesia.

Respons para netizen tersebut sebagian besar mengkritik peraturan-peraturan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan.

Peraturan tersebut adalah kewajiban briefing atau pengarahan secara tatap muka antara pilot dan flight operation office (FOO). Peraturan lainnya mengenai kewajiban maskapai penerbangan untuk menunggu izin dari Kemenhub jika terjadi flight diversion, pesawat mendarat kembali ke bandara atau return to base (RTB), dan pesawat kembali ke tempat parkir atau apron karena kendala, atau return to apron (RTA).

Jonan sudah sempat melemparkan wacana peningkatan batas tarif bawah, yang semula 30 persen dari batas atas, menjadi 40 persen.

Bentuk protes-protes itu disampaikan secara kreatif dalam bentuk meme (gambar candaan atau sindiran) yang kini banyak beredar di jejaring sosial.

Menurut pantauan KompasTekno, meme-meme yang mengkritik kebijakan Menteri Perhubungan tersebut muncul setelah mantan Direktur PT Kereta Api Indonesia ini mengeluarkan aturan pengarahan tatap muka wajib antara pilot dan FOO sebelum terbang.

Berikut adalah beberapa meme yang berhasil dikumpulkan KompasTekno dari berbagai media sosial:

Berita Nusantara

Berita Nusantara

Ada pula meme yang menunjukkan sikap kritis terhadap aturan setiap pesawat yang RTB, RTA, atau mengalihkan pendaratan untuk melaporkannya ke otoritas penerbangan, yang kemudian diinvestigasi sebelum diperbolehkan terbang kembali.

Berita Nusantara

Berita Nusantara

Selain itu, netizen juga bersikap kritis terhadap wacana Kemenhub yang akan menaikkan tarif batas bawah tiket pesawat terbang, dari 30 persen harga tertinggi, menjadi 40 persen. Menurut Jonan, tarif murah bisa membahayakan keselamatan maskapai LCC.
Berita Nusantara

Ada juga meme yang menyindir bahwa Menhub yang dari latar belakang perusahaan kereta api tidak memiliki pengetahuan yang cukup, atau tidak memiliki staf ahli yang mengerti permasalahan dunia penerbangan. Meme sindiran itu menggambarkan kereta api yang bisa terbang, lengkap dengan mesin dan sayapnya.

Berita Nusantara

Berita Nusantara

Ada juga yang mengekspresikan rasa waswas mereka jika kebijakan-kebijakan baru yang dibuat Menhub Ignasius Jonan justru akan mematikan industri penerbangan di Indonesia, seperti tergambar dalam dua meme berikut ini:

Berita Nusantara

Sumber: Kompas.com

Bagikan

Jangan lewatkan

Kritikan "Konyol" Netizen Terhadap Kebijakan Menteri Perhubungan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.