Minggu, 11 Januari 2015

Ini Posisi Ditemukannya Black Box Air Asia QZ8501

Berita Nusantara - Black box akhirnya ditemukan oleh tim penyelam TNI AL yang berada dalam salah satu kapal yang menerima sinyal 'ping' di lokasi jatuhnya AirAsia, yaitu KN Jadayat milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyebut lokasi ditemukannya black box berada di 30-32 meter bawah laut.

Black Box Air Asia QZ8501

"Tim penyelam TNI AL yang berada di KN. Jadayat telah berhasil menemukan peralatan yang sangat penting yaitu Black Box Air Asia QZ8501 pada posisi 03.37.21 S atau 109.42.42 E dengan kedalaman sekitar 30-32 meter," kata Ignasius Jonan dalam keterangannya, Minggu (11/1/2015).

Jonan menuturkan, berdasarkan laporan yang diterimanya, black box berada pada himpitan serpihan badan pesawat AirAsia, keadaan ini sangat menyulitkan tim penyelam dalam proses upaya pengambilannya siang tadi.

"Dikarenakan keterbatasan waktu maka diputuskan bahwa proses pengambilan black box akan dilaksanakan esok pagi hari dengan mengeser berlahan-lahan serpihan badan pesawat tersebut. Namun apabila rencana pengeseran ini mengalami kegagalan maka tim akan melaksanakan dengan cara mengangkat serpihan badan pesawat tersebut dengan menggunakan teknik balon seperti yang dilakukan pada ekor pesawat," paparnya.

"Untuk memudahkan pekerjaan selanjutnya, maka tim penyelam TNI AL telah memasang marker buoy (pelampung penanda) kecil yang sebelumnya telah disiapkan di KN. Jadayat," imbuh mantan Dirut PT KAI itu. (Detik)

Bagikan

Jangan lewatkan

Ini Posisi Ditemukannya Black Box Air Asia QZ8501
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.