Sabtu, 10 Januari 2015

Ini Alasan Kenapa Black Box Belum Bisa Diangkat

Berita Nusanatara - Hingga pencarian hari ke-13, tim SAR gabungan belum bisa mengangkat ekor pesawat dari dasar laut. Tim penyelam juga belum bisa mencapai beberapa objek yang tersebar di sekitar area ditemukannya serpihan besar bagian badan pesawat.


Direktur Operasional Basarnas Pangkalan Bun Supriyadi menyatakan bahwa kendala utama adalah kondisi bawah air yang masih menyulitkan penyelam. "Salah satu kendalanya pencarian bawah laut, ada indikasi didapatkan beberapa kapal dari beberapa objek di sekitar ekor pesawat, tapi itu belum teridentifikasi secara pasti karena penyelam belum bisa menyelam dengan kedalaman yang kita maksud," katanya, Sabtu (10/1).

Supriyadi menyatakan, ada indikasi keberadaan kotak hitam terlempar sejauh satu kilometer dari ekor pesawat. Hal itu diketahui dari sinyal yang dideteksi oleh KRI Jadayat yang menangkap sinyal ULB yang terpasang di kotak hitam.

Namun, sekali lagi Supriyadi menerangkan bahwa penyelam belum bisa menyelam ke dasar laut sedalam 30 meter dikarenakan arus laut yang kencang sehingga membuat jarak pandang menjadi hanya satu meter. Jarak pandang yang rendah ini diakibatkan oleh lumpur yang ikut terangkat oleh arus.

Meski begitu, beberapa kapal standby melakukan penyelaman, seperti KRI Jadayat yang di sana telah ada 14 penyelam marinir yang siap menyelam. "Kita tunggu esok hari semoga kondisi baik sehingga bisa dilakukan penyelaman," ujarnya. (Republika)

Bagikan

Jangan lewatkan

Ini Alasan Kenapa Black Box Belum Bisa Diangkat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.