Jumat, 09 Januari 2015

31 Klub Inggris Menerima Kompensasi dari Piala Dunia 2014

Berita Nusanatara - Tiga puluh satu klub Inggris menerima kompensasi dengan nilai total sejumlah US$ 10 juta dari FIFA karena telah melepas para pemainnya untuk berlaga di Piala Dunia 2014.
Berita Nusantara

Chelsea menerima kompensasi paling tinggi, yaitu US$ 1,2 juta, sementara Arsenal, Manchester United, dan Manchester City pun menerima lebih dari US$ 1 juta.

Namun, bukan hanya klub-klub papan atas Liga Inggris saja yang menerima hasil ini dengan tim seperti Doncaster Rovers, Sheffield Wednesday, dan juga Ipswich Town mendapatkan uang karena melepaskan pemainnya.

Secara total, FIFA memberikan kompensasi kepada 396 klub yang berafiliasi pada 57 negara yang mengikuti Piala Dunia sejak babak kualifikasi. 

Pada 2008, FIFA sendiri pernah menandatangani kesepakatan dengan Asosiasi Klub Eropa (ECA) untuk membagikan sebagian keuntungan Piala Dunia kepada klub-klub Eropa sebagai bentuk pengakuan peran penting mereka dalam kesuksesan turnamen.

Seusai Piala Dunia 2010, total jumlah yang diberikan oleh FIFA mencapai US$ 40 juta sementara pada tahun ini jumlah tersebut meningkat menjadi US$ 70 juta.

Pembagian untuk masing-masing klub didasarkan pada jumlah pemain yang dilepas klub dan juga berdasarkan jumlah hari sang pemain berada di Piala Dunia.

Selain kesepakatan dengan FIFA, ECA juga memiliki perjanjian serupa dengan UEFA tentang kompetisi antarnegara di benua tersebut, Piala Eropa.

Pada Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina, UEFA membagikan keuntungan mencapai €100 juta untuk 575 klub. Jumlah ini akan meningkat pada Piala Eropa 2016 menjadi €150 juta.

Sumber: CNN Indonesia

Bagikan

Jangan lewatkan

31 Klub Inggris Menerima Kompensasi dari Piala Dunia 2014
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.