Jumat, 10 Oktober 2014

Timnas U-19 Kalah, Ini Tanggapan Indra Sjafri

Berita Nusantara - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri menilai anak asuhnya tidak bermain maksimal sehingga harus menyerah 1-3 dari Uzbekistan pada pertandingan perdana Grup B Piala Asia U-19 di Thuwunna Stadium, Yangon, Myanmar, Jumat (10/10).



Pada pertandingan hari kedua Piala Asia U-19, Indonesia hanya mampu menciptakan satu gol lewat pemain pengganti yaitu Paulo Sitanggang menit 57. Sedangkan tiga gol Uzbekistan dicetak oleh Khamdamov Dostonbek menit 20, Urinboev Zabikhillo menit 23 dan Shukurov Otabek menit 86.

"Kami butuh waktu sekitar 25 menit untuk mampu mengembangkan permainan. Sebelumnya tim belum bisa bermain dengan cara kita sendiri," kata Indra seperti dilansir laman resmi AFC.

Menurut Indra, setelah menemukan ritme pertandingan sebenarnya Evan Dimas dan kawan-kawan mampu menciptakan banyak pelungan. Hasilnya satu gol indah mampu diciptakan oleh Paulo Sitanggang dengan tendangan jarak jauhnya.

Mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2, semangat Timnas Garuda Jaya kembali bangkit. Tekanan demi tekanan terus dilakukan. Hanya saja lawan yang memiliki banyak keunggulan mampu menahan gempuran Ilham Udin dan kawan-kawan.

Terus menekan, timnas ternyata kurang solid dalam bertahan. Lewat skema permainan yang terkoordinasi dengan baik, Uzbekistan mampu menambah keunggulannya. Kedudukan 1-3 bertahan hingga pertandingan usai.

"Sebenarnya banyak peluang untuk menciptakan gol. Tapi itu tidak terjadi. Makanya kondisi ini harus segera diperbaiki guna menghadapi dua pertandingan berikutnya," kata pelatih asal Sumatra Barat itu.

Timnas Indonesia U-19 pada penyisihan Grup B masih menyisakan dua pertandingan yaitu melawan Australia ditempat yang sama, Minggu (12/10) serta menghadapi Uni Emirat Arab di Wunna Theikdi Stadium, Nay Pyi Taw, Selasa (14/10).

Sumber: Republika
Baca selengkapnya

Jokowi Telpon Sri Mulyani Bicara Masalah Kabinet

Berita Nusantara - Pengamat ekonomi dari Universitas Gadjah Mada A Tony Prasetiantono mengatakan, dalam situasi perkembangan politik seperti sekarang pasar berharap kabinet yang dibentuk Joko Widodo berisi orang-orang profesional. Menurut dia, orang sekaliber mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani, perlu dipanggil.


"Tapi saya dengar Pak Jokowi sudah menelpon Bu Sri Mulyani. Tapi hasilnya apa, saya enggak tahu. Ini bocoran. Kalau beliau bisa mengumpulkan orang-orang yang punya integritas tinggi, itu saya kira pasar akan merespons positif," kata Tony ditemui di sela Indonesia Knowledge Forum III 2014, Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Namun, lebih dari sekedar memiliki kabinet yang profesional dan solid, Tony menegaskan pasar juga akan melihat perkembangan yang terjadi di 100 hari pertama kerja Jokowi-Jusuf Kalla. "Tiga bulan pertama itu kan sudah kelihatan kabinetnya bekerja keras atau hanya titipan orang-orang partai. Itu akan ketahuan. Makanya Jokowi harus hati-hati menyusun kabinetnya," ucap dia.

Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada ini pun berpendapat selama 100 hari kerja pertama itu publik akan menilai target capaian yang harus dipatok pemerintahan baru. "Kalau dicapai tidak mungkin. Tapi, body language itu akan kelihatan, siapa yang bekerja keras," kata Tony.

Tony pun mengapresiasi rencana kabinet Jokowi-JK untuk tak membeli mobil dinas baru. "Saya kira start dengan tidak membeli mobil baru itu sudah bagus," ujar dia. Langkah tersebut, kata dia, akan menunjukkan kepada masyarakat bahwa para menteri di kabinet mendatang tak punya pamrih. "Yang memang pekerja keras, tulus, dan punya integritas."

Sumber: Kompas
Baca selengkapnya

Himax Polymer, Smartphone Octa Core Paling Diminati

Berita Nusantara - Saat ini vendor-vendor ponsel sedang berlomba-lomba mengemas produknya baik secara tampilan, fitur maupun dengan spesifikasi sebaik mungkin untuk dapat bersaing di pasar ponsel Indonesia.


Hal ini juga dilakukan oleh Himax Indonesia yang merupakan brand lokal premium. Meskipun masih berusia muda, namun Himax sukses dengan smartphone-smartphone yang sudah diluncurkannya. Alasannya tentu saja karena produk Himax dibekali dengan spesifikasi gahar dan fitur yang sangat menarik serta harga bersaing.

Beberapa e-commerce yang bermitra dengan Himax memberikan kabar bahwa Himax Polymer Octa Core, salah satu seri yang dikeluarkan oleh Himax pada akhir Agustus 2014 lalu, termasuk produk smartphone berprosesor real octa core yang laris di pasaran.

"Selain penjualan yang spektakuler mencapai puluhan ribu unit cuma dalam hitungan jam di setiap open order melalui website resmi Himax www.himax.co.id, saat ini beberapa e-commerce yang menjual produk Himax menginformasikan bahwa produk Himax menjadi top seller," ujar Agus Hadsoe, Marketing Manager Himax kepada Liputan6.com.

Bukan hanya karena spesifikasinya yang menarik tetapi harga Himax Polymer yang cuma dibanderol Rp 1.999.000 ternyata menarik banyak reseller yang menjual secara offline.

"Selain laris di e-commerce yang menjadi mitra kami, ternyata banyak reseller yang menjual secara offline semakin meningkat penjualannya. Secara share market saat ini produk Himax sudah merata di seluruh Indonesia," jelas Agus Hadsoe.

Ditanya mengenai persaingan pasar merek-merek yang juga bermain di kelasnya, Agus Hadsoe menjelaskan bahwa Himax tidak khawatir dengan hal ini.

"Himax mempunyai pangsa pasar tersendiri dan untuk menggunakan manajemen market online shop kami sudah sangat matang serta mempunyai jaringan yang kuat. Kehadiran komunitas Himax Lovers bukti nyata," tambahnya.

Sumber: Luputan6
Baca selengkapnya

Pengamat: KMP Menguasai Pimpinan Parlemen Itu Sah

Berita Nusantara - Anggota Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof Nanat Fatah Natsir mengatakan yang dilakukan Koalisi Merah Putih (KMP) dengan menguasai kursi pimpinan di parlemen adalah hal yang sah dalam politik.


"Sah-sah saja sejauh itu dalam rangka mewujudkan visi dan misinya yang prorakyat. Yang tidak benar itu kekuasaan yang hanya untuk kepentingan pribadi atau kelompok, bukan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat," kata Nanat Fatah Natsir dihubungi di Jakarta, Jumat.

Nanat mengatakan strategi KMP dengan menempatkan kader-kader dari partai politik pendukungnya ke dalam pimpinan parlemen juga akan dilakukan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Hal itu terbukti dengan paket pimpinan yang mereka usulkan.

"Kebetulan saja mereka kalah. Saya juga yakin nanti Jokowi sebagai presiden juga akan melakukan itu dengan menempatkan orang-orang yang sejalan dengannya untuk duduk di kabinet. Itu sah-sah saja," tutur mantan Rektor UIN Bandung itu.

Nanat menilai strategi yang dilakukan KMP tidak melanggar aturan apa pun. Karena itu, dia menyayangkan adanya beberapa akademisi yang mengatasnamakan Aliansi Ilmuwan Indonesia yang menyebut KMP melakukan politik bumi hangus dan kudeta parlemen.

Bila KMP disebut melakukan kudeta parlemen, Nanat mempertanyakan siapa yang dikudeta. Bila ilmuwan ingin mengkritisi, seharusnya bisa menunjukkan aturan mana yang sudah dilanggar KMP.

"Sebaiknya ilmuwan berpikir jernih, objektif dan rasional sehingga bisa mengambil kesimpulan cerdas, dewasa dan penuh argumentasi yang tidak memihak," katanya.

KMP berhasil memenangi pemilihan pimpinan DPR dan MPR. Posisi Ketua DPR diisi anggota Fraksi Partai Golkar Setya Novanto, sedangkan posisi Ketua MPR diisi anggota Fraksi PAN Zulkifli Hasan.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dijabat oleh Irman Gusman. Irman kembali terpilih menjadi ketua pada kedua kalinya, setelah periode sebelumnya juga duduk sebagai ketua DPD.

Sumber: Antara
Baca selengkapnya

Ini Agenda Mark Zuckerberg Selama di Indonesia

Berita Nusantara - Mark Zuckerberg dikabarkan telah tiba di Indonesia akhir pekan ini. Pendiri sekaligus CEO Facebook ini punya agenda yang harus dihadiri selama satu minggu ke depan.


Setelah bertolak dari New Delhi, India, Zuck dikabarkan langsung terbang ke Indonesia untuk berakhir pekan terlebih dulu sebelum mendatangi sejumlah agenda acara di Jakarta.

Di sela akhir pekannya, suami Priscilla Chan ini akan menghadiri sejumlah pertemuan dengan para pejabat negara. Menurut sumber detikINET, Zuck ada kemungkinan untuk sowan ke Jokowi sebagai presiden terpilih yang akan dilantik tak lama lagi.

Agenda lainnya, anak muda terkaya di dunia ini rencananya juga akan menyambangi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sementara pada hari Senin (13/10/2014), Zuck rencananya akan bertemu dengan para petinggi Ericsson dan XL Axiata.

Masih di hari yang sama, pemilik nama asli Mark Elliot Zuckerberg ini juga akan menyempatkan diri untuk bertemu media terbatas selama 30 menit untuk sesi wawancara ekslusif di Hotel Four Seasons sebelum mendatangi acara Internet.org Developer Workshop di @america, Pacific Place SCBD.

Sama seperti yang dilakukan di India, Internet.org yang juga didukung oleh Ericsson, MediaTek, Opera Software, Samsung, Nokia, dan Qualcomm ini, akan jadi panggung bagi Zuck untuk tampil langsung di hadapan pegiat IT di Tanah Air.

Internet.org merupakan gerakan untuk menyediakan internet bagi semua orang di dunia. Facebook bersama dengan lima perusahaan lain di bawah payung Internet.org, sebuah kolaborasi global yang ingin menyediakan akses internet di dua pertiga bagian dunia yang belum terhubung dengan internet, memusatkan perhatian pada sejumlah tantangan utama di negara-negara berkembang.

Salah satu di antaranya adalah pemanfaatan data atau jaringan internet yang lebih efisien dan kerja sama industri untuk, secara signifikan, mengurangi jumlah data dan sinyal yang diperlukan dalam menggunakan kebanyakan aplikasi dan mengakses pengalaman internet lainnya.

Di acara ini akan digelar pula acara semacam Facebook Hackathon, yang memungkinkan para developer menguji dan memprofilkan aplikasi dengan penggunaan jaringan yang efisien secara langsung untuk memastikan aplikasi-aplikasi ini dioptimalkan untuk kondisi jaringan di negara-negara berkembang.

"Mark (Zuckerberg) memang memiliki perhatian khusus untuk urusan coding, jadi ketika ada acara yang berhubungan dengan programmer dia antusias untuk datang," kata sumber detikINET yang mengetahui rencana ini.

"Lain halnya jika urusan bisnis, maka Mark kurang begitu tertarik dan lebih sering diwakili oleh eksekutif Facebook yang lain," lanjutnya. Itu sebabnya, untuk sejumlah kerja sama bisnis, Sheryl Sandberg yang merupakan COO Facebook, dikabarkan juga akan ikut hadir menemani bosnya.

Sumber: Detik
Baca selengkapnya

Ulasan Permainan Timnas U-19 Kalah Atas Uzbekistan

Berita Nusantara - Timnas U-19 Indonesia mengawali perjuangan di Piala Asia U-19 dengan menuai kekalahan 1-3 oleh Uzbekistan dalam laga yang digelar di Stadion Thuwunna, Yangon, Jumat (10/10) sore.  Indonesia kesulitan mengembangkan permainan.


Evan Dimas dan kawan-kawan lebih sering berada dalam tekanan hingga menit ke-15. Uzbekistan beberapa kali mendapat kesempatan menebar ancaman melalui tendangan bebas. Indonesia sempat bergantian menebar ancaman melalui serangan balik yang dimotori Dinan Javier.

Sayang, Evan yang menerima operan dari Dinan, terlalu lama memegang bola sehingga berhasil direbut bek Uzbekistan. Indonesia yang lebih banyak bertahan, kecolongan pada menit ke-17. Barisan pertahanan Indonesia gagal mengantisipasi umpan silang mendatar dari sisi kanan pertahanan.

Bola melewati para pemain belakang Indonesia dan langsung dieksekusi oleh striker Dostonbek Khamdamov. Gol tersebut rupanya cukup memukul para pemain Indonesia. Fatchu Rochman melakukan pelanggaran pada menit ke-23 sehingga membuahkan hukuman penalti.

Zabikhilo Urinboev yang mau sebagai algojo penalti, sukses menaklukkan kiper Rully Desrian lewat tendangan ke pojok kanan.Indonesia mencoba mengejar ketertinggalan melalui skema serangan balik. Dinan lagi-lagi berhasil menerobossektor kanan pertahanan Uzbekistan dan mengirim umpan tarik  kepada Evan.

Namun, Evan telat dalam menyambut operan Dinan. Peluang pun mentah lagi. Pada menit ke-33, Indonesia akhirnya mampu menciptakan tembakan mengarah ke gawang untuk pertama kalinya pada pertandingan ini. Sayang, tendangan Zulfiandi dari luar kotak penalti, terlalu lemah sehingga dengan mudah dimentahkan kiper Dilshod Khamraev. Kedudukan tak berubah hingga turun minum.

Di babak kedua, Indra Sjafri melakukan dua pergantian. Di sayap kanan, Indra menarik Maldini Pali untuk digantikan oleh Dinan Javier.Sementara di lini tengah, Paolo Sitanggang masuk menggantikan Zulfiandi. Masuknya Paolo memberikan anginsegar bagi Timnas U-19. Pemain asal Medan tersebut sukses mendongkrak mentalrekan-rekannya lewat gol spektakulernya pada menit ke-57.

Paolo dengan cermatmelihat posisi kiper Khamraev yang berdiri cukup jauh dari garis gawang. Tendangan jarak jauh dari lini tengah yang dilepaskannya meluncur deras kegawang Uzbekistan. Pada menit ke-74, Indonesia kembali menebar ancaman melalui penetrasi Ilham Udin.

Ilham sukses melewati beberapapemain belakang Uzbekistan. Sayang, umpan silangnya kepada Dinan masih bisadiantisipasi tembok pertahanan Uzbekistan. 10 menit menjelang berakhirnya waktu normal, gelandang Hargianto harus ditarik keluar lapangan karenamengalami cedera engkel.

Sebagai gantinya, Indra memasukkan Ichsan Kurniawan. Indonesia dan Uzbekistan salingjual beli serangan. Di waktu yang genting ini, Indonesia kehilangankonsentrasi. Uzbekistan mampu mencetak gol ketiga pada menit ke-86. Kiper Rully Desrian tak sigap mengantisipasi tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan Otabek Shukurov dari luar kotak penalti.

Tendangan Shukurov melesakdi tengah gawang Indonesia. Indonesia tak mampu mengejarketertinggalan dalam waktu empat menit tambahan. Kekalahan ini menyulitkan langkah Garuda Jaya di Piala Asia. Apalagi, Indonesia harus bertemu dengan Australia pada laga selanjutnya.

Sumber: Republika
Baca selengkapnya

Daftar Proyek Migas Senilai Rp. 88 Triliun

Berita Nusantara - Hari ini, Menko Perekonomian Chairul Tanjung yang juga menjabat Plt Menteri ESDM, meresmikan sejumlah proyek minyak dan gas. Nilai semua proyek tersebut mencapai US$ 7,388 miliar atau sekitar Rp 88 triliun.


Adapun proyek-proyek migas ini diresmikan dari Bojonegoro, Cepu, Jawa Timur. Di sana Chairul Tanjung yang akrab disapa CT meresmikan fasilitas Produksi Lapangan Banyu Urip Wilayah Kerja Blok Cepu.

Dalam peresmian ini, CT didampingi oleh Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo. Hadir juga dalam acara ini, Anggota Komisi VII DPR RI, Gubernur Jawa Timur dan Jawa Tengah, Pejabat Eselon I KESDM, Plt. Kepala SKK Migas, Kepala BPH Migas, Plt. Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Direktur Utama PT PLN (Persero), Para Pimpinan Mobil Cepu Ltd, dan Direktur Utama PT Geo Dipa Energi.

Dikutip dari siaran pers Kementerian ESDM, Rabu (8/10/2014), proyek yang diresmikan adalah:

1. Fasilitas Produksi Lapangan Banyu Urip Wilayah Kerja Blok Cepu
Bertindak sebagai operator Lapangan Banyu Urip adalah Mobil Cepu Ltd. (MCL) anak perusahaan ExxonMobil bermitra dengan PT Pertamina EP Cepu dan empat perusahaan milik pemerintah daerah, yaitu PT. Sarana Patra Hulu Cepu (Provinsi Jawa Tengah), PT Asri Dharma Sejahtera (Kabupaten Bojonegoro), PT Blora Patragas Hulu (Kabupaten Blora), dan PT Petrogas Jatim Utama Cendana (Provinsi Jawa Timur).

Puncak produksi minyak sebesar 165.000 barel per hari, dan kapasitas terpasang sebesar 185.000 barel per hari. Total Investasi proyek sebesar US$ 2,525 miliar. Pembangunan Fasilitas Produksi Lapangan Banyu Urip menciptakan lebih dari 12.700 kesempatan kerja dan kesempatan usaha bagi lebih dari 650 sub kontraktor.

2. Kilang LNG Donggi Senoro
Total sumber gas bumi untuk rencana Kilang LNG PT DSLNG sebesar kurang lebihg 335 mmscfd yang diperoleh dari Blok Senoro dan Blok Matindok, dengan kapasitas desain LNG sebesar 2 juta ton/tahun dan total investasi US$ 2,8 miliar.
Kepemilikan DSLNG terdiri dari PT Pertamina Hulu Energi, PT Medco LNG Indonesia, dan Sulawesi LNG Development Ltd.

3. PLTU di provinsi Nanggroe Aceh Darusalam, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Nusa Tenggara Barat.
  • PLTU Nanggroe Aceh Darussalam-Nagan Raya Unit 1dan 2, kapasitas 2x110 megawatt (MW), untuk pasokan listrik terutama di wilayah Aceh dan Sumatera Utara, dan potensi penghematan BBM sekitar 195 ribu kiloliter atau setara Rp 1,67 triliun per tahun
  • PLTU Kepulauan Riau-Tanjung Balai Karimun, kapasitas 2x7 MW, untuk pasokan listrik di Pulau Karimun, dan potensi penghematan BBM sekitar 24 ribu kiloliter atau setara Rp 212 miliar per tahun
  • PLTU Sumatera Barat-Teluk Sirih, kapasitas 2x112 MW, untuk pasokan listrik terutama di wilayah Sumatera Barat, dan potensi penghematan BBM sekitar 397 ribu kiloliter atau setara Rp 3,4 triliun per tahun
  • PLTU Lampung-Tarahan Baru Unit 1, kapasitas 100 MW, untuk pasokan listrik di wilayah Lampung, dan potensi penghematan BBM sekitar 177 ribu kiloliter atau setara Rp 1,5 triliun per tahun
  • PLTU 2 Jawa Barat-Pelabuhan Ratu, kapasitas 3x350 MW, untuk pasokan listrik terutama di wilayah Palabuhan Ratu, Jawa Barat bagian selatan, dan sistem Jawa Bali
  • PLTU 3 Jawa Timur-Tanjung Awar-Awar Unit 1, kapasitas 350 MW, untuk pasokan listrik di Jawa Timur dan sistem Jawa Bali pada umumnya
  • PLTU Sulawesi Selatan-Barru, kapasitas 2x50 MW, untuk pasokan listrik di wilayah Sulawesi Selatan, dan potensi penghematan BBM sekitar 177 ribu kiloliter atau setara Rp 1,5 triliun per tahun.
  • PLTU Sulawesi Tenggara-Kendari Unit 1, kapasitas 10 MW, untuk pasokan listrik terutama di wilayah Sulawesi Tenggara, dan potensi penghematan BBM sekitar 17 ribu kiloliter atau setara Rp 151 milyar per tahun
  • PLTU Lombok-Mataram NTB unit 3, kapasitas 25 MW, untuk pasokan listrik di wilayah Lombok, dan potensi penghematan BBM sekitar 44 ribu kiloliter atau setara Rp 379 miliar per tahun.

Sektor ketenagalistrikan telah memberikan kontribusi dalam penyediaan infrastruktur tenaga listrik khususnya di wilayah Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Nusa Tenggara, dengan total daya sebesar 1.983 MW dan total investasi sebesar US$ 1,569 miliar.

4. PLTP Patuha (1x55 MW), Patuha, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Pengusahaan area Patuha dilaksanakan oleh PT Geo Dipa Energi, di Wilayah Kuasa Pengusahaan Sumber Daya Panasbumi Pengalengan. Total investasi Proyek PLTP Patuha sekitar US$ 144 juta. Saat ini PLTP Patuha 55 MW telah mulai proses sinkronisasi dengan jaringan PLN, dan diharapkan produksi listrik yang dihasilkan dapat meningkatkan kehandalan sistem jaringan transmisi listrik utama Jawa – Madura – Bali (Jamali) PLN.

5. Pembangunan Pipa Transmisi Gas Bumi Gresik-Semarang
Panjang Pipa gas 267 km, dengan kapasitas sebesar 500 mmscfd , dimulai dari Tambak Lorok, Semarang menuju Gresik, dengan investasi sebesar US$ 350 juta. Pipa Transmisi Gas Bumi Gresik Semarang merupakan Penghubung infrastruktur gas dari Barat ke Timur pulau Jawa sehingga menjadi 'energy hub' yang dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kemudian, ada 1 proyek, yaitu Pipa Transmisi Gas-Bumi Arun-Belawan yang masih dalam tahap penyelesaian dalam waktu dekat dan investasi proyek tersebut sebesar US$ 586,04 Juta.
Panjang Pipa gas kurang lebih 350 km, dimulai dari PT Arun LNG sampai dengan PLTGU Belawan. Kapasitas sebesar 300 mmscfd, dengan investasi sebesar USD 586,04 juta.

Pipa Transmisi Gas Bumi Arun-Belawan merupakan infrastruktur pengangkutan gas hasil regasifikasi Arun untuk memenuhi kebutuhan PLN (PLTGU Belawan) dan Industri di wilayah Aceh dan Sumatera Utara.

Dengan dipenuhinya kebutuhan gas untuk PLTGU Belawan, diharapkan dapat mengatasi keterbatasan listrik di daerah Sumatera Utara, dan meningkatkan perkembangan industri di Aceh dan Sumatera Utara.

Diharapkan dengan diresmikannya proyek-proyek energi dan sumber daya mineral ini, dapat terwujud infrastruktur yang andal dan bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara, guna pembangunan berkelanjutan dan terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Sumber: Detik
Baca selengkapnya

10 Perwakilan FPI Diterima Masuk Gedung DPRD DKI

Berita Nusantara - Massa Front Pembela Islam (FPI) benar kembali melakukan unjuk rasa menolak Ahok jadi Gubernur DKI Jakarta. Mereka berjanji aksi tersebut tidak akan anarkistis seperti pada Jumat pekan lalu.
Pantauan Kompas.com, massa FPI menghentikan mobil beserta pengeras suara dan mulai melakukan orasi. Orasi awal dilakukan oleh seorang perempuan yang mengaku sebagai perempuan asli Betawi.

"Kalau nanti rusuh, tangkap saya!" kata seorang koordinator berpakaian putih kepada barisan polisi yang telah berjaga di depan Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Tidak berselang lama, 10 menit kemudian perwakilan FPI pun diterima masuk ke Gedung DPRD DKI. Mereka adalah 10 perwakilan dari FPI yang lima di antaranya adalah perempuan.

Massa FPI yang ikut dalam aksi tersebut tidak lebih dari 100 orang. Beberapa di antaranya adalah kaum perempuan. Mereka membawa berbagai macam atribut, termasuk mobil kap dengan pengeras suara.

Sumber: Kompas
Baca selengkapnya

Jokowi Akan Keluarkan Hak Veto Untuk "Menghadapi" Parlemen

Berita Nusantara - Presiden terpilih Joko Widodo tak segan mengeluarkan hak veto menghadapi dominasi koalisi Prabowo Subianto-Aburizal Bakrie di parlemen. Hak ini dikeluarkan bila rancangan undang-undang yang dibuat oleh Dewan Perwakilan Rakyat tak sesuai dengan kebutuhan bangsa dan negara. 

Jokowi

"Kalau RUU-nya memang tak bagus, konstitusi mengizinkan presiden mengambil langkah itu, kenapa tidak?" kata Jokowi saat di Balai Kota Jakarta, Kamis, 9 Oktober 2014. Hak veto adalah hak untuk membatalkan ketetapan rancangan peraturan dan undang-undang. 

Jokowi mengatakan koalisi Prabowo-Aburizal boleh saja mengubah undang-undang karena parlemen memang punya kewenangan itu. Tapi semangat untuk mengubah undang-undang tersebut harus bukan demi kekuasaan sesaat, tapi untuk rakyat. Jokowi berjanji akan mendukung penuh rancangan undang-undang itu bila diciptakan demi kesejahteraan rakyat dan memperbaiki negara.

Ihwal ancaman pemakzulan, Jokowi yakin itu tak akan terjadi karena sistem di Indonesia adalah presidensial, bukan parlementer. Sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945, syarat pemakzulan harus disetujui dua pertiga anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat atau minimal 462 dari 692 orang. Adapun koalisi pendukung Jokowi saja sudah terdiri atas 246 orang.

Tak hanya soal hak veto, Jokowi mengatakan mempunyai strategi untuk menghadapi dominasi koalisi Prabowo-Aburizal di parlemen. Namun dia menolak membeberkan strategi itu lebih lanjut. "Strategi masak diceritakan," katanya.

Sumber: Tempo
Baca selengkapnya