Selasa, 07 Oktober 2014

Inilah Hacker Wanita Paling "Berbahaya"

Berita Nusantara - Siapa bilang dunia hacker hanya milik kaum lelaki? Perkenalkan, Kristina Svechinskaya. Dari namanya bisa ditebak, wanita ini asal Rusia. Di usianya yang kini baru menginjak 25 tahun, Kristina sudah punya reputasi mentereng sebagai hacker seksi sekaligus berbahaya.


Paras Kristina memang lumayan menawan. Tapi di balik itu, pada tahun 2010 Kristina ditangkap aparat karena masuk dalam kelompok hacker yang mengincar uang para nasabah bank di Amerika Serikat.

Bukan sekadar dana kecil-kecilan yang mereka incar. Kristina dan kelompoknya yang total berjumlah 37 orang berhasil menggondol uang senilai USD 3 juta sebelum aksi mereka tercium aparat. Mereka antara lain menggunakan virus trojan Zeus untuk melancarkan aksinya.

Kristina lahir di Rusia, kemudian belajar di New York University, AS. Soalnya di Rusia, ia mengalami kesulitan keuangan sehingga memutuskan pindah ke negeri Paman Sam untuk mencari peruntungan.

Awalnya, Kristina hanya bekerja di sebuah restoran fast food. Karena gajinya yang kecil, ia pun tergoda masuk dalam geng hacker asal Eropa Timur. Jadilah ia melakukan aksi kriminal yang berujung pada penangkapannya.

Dalam proses pengadilan, Kristina dituding membuka sedikitnya lima akun bank dan menerima sekitar USD 35 ribu dari uang yang tercuri. Akibat aksinya itu dan juga pemalsuan paspor, Kristina terancam hukuman sampai 40 tahun penjara.

Menurut FBI, kasus Kristina dan kelompoknya termasuk dalam kejahatan cyber skala besar. Mereka merencanakan aksinya di Eropa Timur dan eksekusi dilakukan di New York.

Saat ini, Kristina masih menantikan hukumannya. Dia sempat dibebaskan bersyarat dengan uang jaminan USD 25 ribu.

Kristina sendiri merasa menyesal, tapi nasi sudah menjadi bubur. "Ini adalah kesalahan terbesar dalam hidupku dan aku berjanji tidak akan melakukannya lagi," kata Kristina.

Sumber: Detik

Bagikan

Jangan lewatkan

Inilah Hacker Wanita Paling "Berbahaya"
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.