.
Home » » TOKOH-TOKOH SOSIALIS

TOKOH-TOKOH SOSIALIS


1.       Karl Marx
Karl mark lahir di Kota Trier, Jerman Barat, 5 Mei 1818, dari keluarga Yahudi. Ayahnya seorang Advokat dan beragama Protestan, karena itu Marx juga dipermandikan dalam Greja Protestan. Pada tahun 1835 ia pergi ke Bonn sebagai mahasiswa dalam bidang Ilmu Hukum, kemudian ia pindah ke Berlin untuk belajar Kesusastraan, Sejarah, dan Filsafat. Selama di Berlin ia berhubungan dengan Kaum Hegelian Kiri.
Pada tahun 1842, Marx memperoleh gelar Doktor (Ph.D) di UniversitasJena. Kemudian ia menjadi wartawan di Jerman Barat daya, yaitu menjadi redaktur surat kabar radikal Rheinische Zeitung, yang setahun kemudian dilarang oleh pemerintah. Pada tahun 1943, Marx pindah ke Paris. Di Paris ia menjadi Redaktur German-French Yearbooks. Di Paris Marx berjumpa dengan Engels yang selanjutnya menjadi sahabatnya.
Pada tahun 1845. Marx diusir dari Paris. Ia pergi ke Brussel, kemudian kembali ke Jerman, dan ahirnya pergi ke london. Marx menghabiskan waktunya untuk belajar dan menulis tentang filsafat, ekonomi politik dan revolusi, disamping itu juga ia terlibat secara aktif dengan gerakan buruh sosialis. Marx hidup dalam keadaan yang menyedihkan, tetapi selalu ditolong oleh Engels, ia belajar betapa pentingnya peranan faktor-faktor ekonomi dalam perkembangan masyarakat, sehingga Marx mulai belajar teori-teori ekonomi.
Marx hidup setelah dua revolusi besar pecah didaratan eropa, yaitu Revolusi Politik Kaum Borjuis di Prancis dan Revolusi Industri di Inggris. Revolusi Politik di Prancis mengantarkan kaum borjuis berkuasa dalam bidang politik dan ekonomi. Perkembangan Kapitalis sangat cepat dan Industri berkembang pesat. Akibatnya jurang makin lebar memisahkan antara kaum kapitalis kaya dengan rakyat jelata miskin. Sama halnya juga yang terjadi di Inggris. Terjadi perubahan total dalam kegiatan industri. Tenaga kerja manusia digeser oleh hadirnya mesin-mesin modrn. Sehingga pengangguran merajalela, kemiskinan, kesengsaraan, dan penderitaan menimpa kaum buruh.
Dalam kondisi yang demikian, Marx hadirkan pikiran-pikiran yang penuh kritik terhadap keadaan sosial yang semakin rumit. Rakyat ditindas oleh dua pihak, yaitu pihak kapitalis yang berada di kota dan di desa pun ditindas oleh Tuan Tanah. Marx mendapat pengaruh dari pemikir-pemikir sebelumnya yaitu dari Kaum Sosialis Utopia, Hengel, dan Feuerbach. Marx mengatasi keadaan tersebut dengan dua teknis, yang pertama melalui pemikiran filosofisnya dan dengan tindakan yaitu melalui perjuangan kaum miskin.
Marx mengutamakan perubahan keadaan sosial melalui perjuangan atau revolusi untuk menyelamatkan rakyat jelata dari kemiskinan, kesengsaraan dan penderitaan sehingga dapat dibangun sebuah kerajaan dunia yang bebas dari penderitaan.

2.       Robert Owen
Robert Owen adalah orang yang memberi ilham kepada grakan sosialis di Inggris. Disamping itu juga ia seorang pemimpin pabrik yang sangat kaya di Manchester pada waktu itu, tetapi ia lebih tertarik pada bidang kemanusiaan daripada untuk menimbun kekayaan. Ia melihat kaum buruh yang melarat dan sengsara, maka ia melakukan tindakan untuk memperbaiki keadaan.  Ia memperpendek jam kerja buruhdan menaikan upah. Anak-anak dimasukan kesekolah dengan biaya perusahaan. Selain itu juga ia mendirikan toko perusahaan untuk menyediakan keperluan hidup para buruhnya.
Pemikiran Owen, taraf hidup manusia dapat diperbaiki dengan menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik. Hanya dengan sistem koperasi yang tanpa campur tangan kaum kapitalis, hidup manusia dapat mengindahkan prikemanusiaan. Disamping itu ia aktif membantu mengorganisasi serikat-serikat buruh, memberi penerangan tentang kebaikan-kebaikan koperasi, pengaruh lingkungan yang bersih untuk pembentukan watak yang baik dan perlunya pendidikan untuk umum.
Bantu Share Artikel Ini-> :
 
Support : Komunitas Blogger Lampung | Artikel KBL
Copyright © 2011-2014. Blog Dewasa - All Rights Reserved | Privacy Policy | Rahasia Sukses
Template by Rhodoy | Contact
Proudly powered by Blogger